Suami Suka Mendengkur Saat Tidur Pasti Sangat Menggangu, Biasakan Lakukan Ini

Komentar


Untuk mengatasi tidur mendengkur, maka dibutuhkan juicer. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan agar tidur tidak mendengkur, yakni

Gangguan tidur atau sering disebut dengan APNEA ini terjadi saat saluran nafas berulang kali tersumbat sehingga membatasi masuknya udara ke paru-paru, sehingga pernafasan berhenti saat tidur hingga efeknya mengeluarkan suara.

Untuk mengatasi tidur mendengkur, seperti dilansir dari sindonews, maka dibutuhkan juicer.

Dengan menkonsumsi buah dan sayuran, maka tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya.

Membuat jus ini di pagi hari menjadi cara sempurna tubuh menyerap nutrisi. Namun, jika Anda menderita kolesterol atau diabetes, tetaplah berpegang pada sayuran.

Bahan-bahan yang dibutuhkan agar tidur tidak mendengkur, yakni 2 buah apel, 2 wortel, ¼ lemon, dan  sepotong jahe.

Caranya, masukkan semua bahan dalam blender dan minumlah beberapa jam sebelum Anda tidur.

Sementara, jika tujuan Anda ingin mencegah dengkuran, maka makanan yang benar-benar dihindari, di malam hari yakni, susu, cokelat, gorengan, makanan olahan, tepung dan produk gula, serta alkohol berlebihan.



Untuk menghindari dan mencegah kebiasaan mendengkur dapat diatasi dengan cara sebagai berikut :

1. Tidur menyamping

Cobalah untuk membiasakan tidur dengan posisi yang menyamping untuk menghindari dan menghilangkan kebiasaan mendengkur.

2. Kurangi berat badan

Kelebihan berat badan khususnya pada bagian leher akan mempengaruhi tekanan di dalam sistem pencernaan. Kondisi tersebut akan membuat leher orang yang mempunyai kelebihan berat badan dapat memunculkan resiko kebiasaan mendengkur. Untuk menghindari dan menghilangkannya kurangilah berat badan yang berlebihan menjadi ukuran yang ideal.

3. Hindari alkohol dan obat tidur

Mengkonsumsi alkohol dan obat tidur dapat menekan syaraf pusat serta dapat merelaksasi rahang dan otot leher, kondisi tersebut akan menyebabkan mendengkur. Kedua zat ini juga dapat menyebabkan gangguan tidur lainnya dan berbahaya untuk jantung.

4. Segera obati alergi

Orang yang memiliki alergi pernapasan kronis memaksakan penderita tersebut untuk bernapas melalui mulut ketika tidur. Pagi orang yang menderita alergi pernapasan segeralah obatilah dengan mengonsumsi antihistamni sebelum tidur.

5. Menggunakan penyegar mulut

Menggunakan penyegar mulut merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur. Menggunakan penyegar mulut berguna untuk membersihkan mulut dan menjaga agar otot rahang bagian bawah menjadi lebih longgar.

Sunat Perempuan Yang Berbahaya Tapi Umum Dilakukan Di Indonesia

6. Hirup uap air sebelum tidur

Hidung yang tersumbat merupakan salah satu penyebab terjadinya dengkuran pada saat tidur. Hidung yang tersumbat bisa diatasi dengan cara menghirup dalam-dalam uap air  untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.

7. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat mempengaruhi pernapasan sehingga akan membuat perokok aktif mempunyai kebiasaan mendengkur ketika tidur.

8. Tidur teratur

Tidur dengan cukup, nyenyak dan teratur dapat menghentikan kebiasaan tidur mendengkur.

9. Meninggikan kepala

Membiasakan tidur dengan posisi kepala yang ditinggikan dapat melepaskan dan mengurangi beberapa tekanan pada sistem pernapasan. Hal tersebut akan membantu sistem pernapasan menjadi mudah dan dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur.



Berikut ini akan dijelaskan mengenai dampak negatif dari kebiasaan mendengkur :

1. Tekanan darah tinggi

Banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa kebiasaan mendengkur dapat mempengaruhi terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya peningkatan tekanan darah yang berkaitan langsung dengan tingkat keparahan kebiasaan mendengkur. Semakin tinggi tingkat keparahannya maka, semakin berat pula peningkatan tekanan darahnya.

2. Obesitas

Kebiasaan mendengkur dapat meningkatkan berat badan seseorang. Hal terjadi karena adanya gangguan metabolisme akibat tidur yang terpotong-potong sehingga akan berpengaruh pada perubahan hormon yang mengontrol nafsu makan. Selain itu juga akan memberikan rasa kantuk yang luar biasa yang menyebabkan menjadi malas untuk bergerak dan berolahraga. Kondisi tersebut yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

3. Depresi

Peningkatan kebiasaan mendengkur dapat mempengaruhi resiko terkena depresi. Hal tersebut disebabkan karena adanya peningkatan resiko depresi yang terus naik akibat peningkatan derajat keparahan henti nafasnya.

4. Diabetes

Kebiasaan mendengkur yang berkepanjangan membuat tubuh tidak dapat mentoleransi glukosa dan resisten terhadap hormon insulin. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin secara efektif dan baik. Kondisi tersebut akan mengakibatkan penyakit diabetes.

5. Penyakit jantung

Kebiasaan mendengkur yang tidak segera diatasi akan meningkatkan denyut jantung menjadi tidak beraturan. Sebuah penelitian di tahun 2006 yang diungkapkan dalam Journal of the American College of Cardiology menyatakan bahwa kebiasaan mendengkur yang tidak cepat diatasi dapat membuat jantung menjadi lebih tebal dan membengkak pada bagian salah satu sisi dindingnya. Selain itu, juga akan mengurangi kemampuan memompa pada jantung. Keadaan tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung seperti jantung koroner.

6. Stroke

Adanya peningkatan kekentalan darah pada orang yang mempunyai kebiasaan mendengkur berkepanjangan merupakan penyebab utama terjadinya penyakit stroke.

7. Kerusakan otak

Orang yang memiliki kebiasaan mendengkur yang berkepanjangan akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ. Otak yang mengalami gangguan tidak dapat mengontrol tekanan darah, daya ingat dan emosi.


Top