Saat Masak Coba Campurkan Bahan Ini Agar Minyak Tidak Meletup Saat Menggoreng

Komentar


Jangan khawatir lagi saat menggoreng minyaknya akan meletup dan mengenai kulit, coba campurkan minyak dengan beberapa bahan ini agar minyak tidak meletup.

Memasak merupakan salah satu aktivitas yang cukup menantang. Ikan, ayam, dan daging yang disajikan nikmat di atas meja, harus diolah lebih dulu dengan cara yang terkadang menyakitkan

Saat menggoreng ikan minyak akan rentan meletup dan bisa saja hasil letupan minyak tersebut akan mengenai tangan.

Tak hanya panas, letupan minyak ini tidak jarang juga akan menimbulkan bekas luka bakar di kulit tangan atau tubuh lain yang terkena letupan.

Lantas, Seperti yang dikutip dari vemale.com, gimana dong agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan? Berikut tipsnya.

1. Perhatikan Jumlah Minyak

Tips pertama agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan adalah jangan gunakan minyak terlalu banyak saat menggoreng. Pastikan untuk selalu memperhatikan jumlah minyak. Akan sangat baik, jika kamu menggunakan minyak sebanyak sepertiga dari besar penggorengan atau bahkan kurang. Menggunakan minyak yang sedikit akan meminimalisir terjadinya letupan saat proses menggoreng ikan berlangsung.

2. Perhatikan Suhu Minyak

Pastikan untuk memperhatikan suhu minyak saat menggoreng ikan. Jangan menggoreng ikan dengan minyak yang terlalu panas karena hal ini akan membuat minyak meletup. Gunakan api dengan suhu kecil saat menggoreng ikan. Memang ikan akan lebih lama matangnya, tapi dipastikan ikan akan matang sempurna dan dagingnya pun akan lebih empuk.

3. Bumbu Masak

Usahakan untuk menggunakan bumbu masak yang tidak mengandung banyak air agar minyak tidak meletup. Kalaupun menggunakan bumbu yang mengandung air, usahakan untuk merendam ikan di dalam bumbu lalu tiriskan sebentar sebelum akhirnya digoreng.

4. Minyak Melawan Air

Dalam suhu yang sama, jika minyak dan air dicampurkan lalu dimasak bersamaan, air akan mengambang dan menyebabkan letupan di wajan. Untuk itu, usahakan untuk menggoreng ikan dengan minyak goreng yang tidak tercampur dengan air.

5. Teteskan Air Jeruk Nipis

Beberapa orang percaya bahwa meneteskan air jeruk nipis ke dalam minyak sebelum ikan dimasukkan adalah cara mudah mencegah minyak meletup. Selain tetesan air jeruk nipis, meletakkan daun pisang di dasar minyak juga memungkinkan minyak tidak meletup saat ikan dalam proses penggorengan.

Itulah beberapa tips mudah agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan. Tips yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba tips ini dan semoga tips ini bermanfaat. 
Top