Rumahnya Hampir Terbakar Karena Kulkasnya Meledak, Saat Dicek Ternyata 3 Benda ini Penyebabnya

Komentar


Tidak boleh disimpan dikulkas

Rumahnya hampir terbakar habis karena kulkasnya meledak, ternyata benda-benda yang sering dikonsumsi ini jadi penyebabnya.

Petugas pemadam kebakaran heboh karena mendapatkan berita sebuah rumah terbakar. Saat telah padam polisi mencari tahu apa penyebabnya.

Baca juga : Emak-emak di Makassar Curi 50 Gram Emas 23 Karat, Perhaikan Gerakan Tangannya Bikin Geram

Ternyata lemari pendingin atau kulkas si pemilik rumah meledak di bagian dalamnya.

Bukan dikarenakan kualitas kulkas atau masalah gangguan listrik, tapi karena menaruh barang yang tidak semestinya diletakkan di dalam kulkas.



Mengutip dari cintawanita, benar-benar membingungkan, dan menakutkan, apa sih yang ditaruh di dalam kulkas selain daripada makanan.

Masa sih makanan yang ditaruh di dalam kulkas bisa menyebabkan kulkas meledak?

Berikut benda yang bisa menyebabkan kulkas meledak, jangan sampai kejadian ini menimpa kita.

1. Jangan menaruh minuman bersoda di tempat freezer/pembeku.



Misalnya, coke, sprite, bir dan semacamnya. Coke mengandung banyak gas karbon dioksida, saat Anda mengeluarkan coke freezer, suhu sekitar tiba-tiba melonjak.

Sementara sejumlah besar gas di dalam coke akan dilepaskan, akibatnya tekanan kaleng coke akan lebih besar.



Tekanan di dalam kaleng coke yang tertutup rapat tidak dapat mengeluarkan gasnya, sehingga begitu dibuika, akan melukai orang di sekitar.

Kalau lukanya ringan mungkin hanya dijahit beberapa jahitan, sebaliknya kalau serius, wajah pun menjadi rusak.

Baca juga : Melihat Sesuatu yang Akan Terjadi, Mbah Mijan:"Astagfirullah Subuh Pagi ini Membuat Air Mataku Menetes"

2. Jangan taruh Dry Ice/es kering dalam pembeku/freezer.



Suhu di area freezer dalam kulkas biasanya berada di bawah -30°C. Suhu ini
dapat membantu proses sublimasi dari benda padat ke gas.

Dan dalam prosesnya, jika es kering sampai tersublimasi menjadi gas, maka volumenya akan menjadi 600-800 kali lebih besar.

Bisa kalian bayangkan, di dalam lingkungan yang tertutup rapat seperti kulkas akan meledak karena adanya peningkatan tekanan, dan ledakkan yang dihasilkan tidak hanya akan merusak kulkas, tapi juga berbahaya bagi orang-orang di sekitar.

3. Ketiga, Jangan menaruh barang-barang seperti minuman beralkohol, bensin, dan bahan lainnya yang mudah terbakar ke dalam kulkas.



Volume kulkas yang terbatas mudah membentuk area ledakan, jika saat dinyalakan terkena percikan (api) kecil sekali pun juga dapat menyebabkan ledakan.

Jadi, sebaiknya jangan meletakkan barang elektronik apa pun di atas kulkas, karena kulkas takut panas, lagi pula elektromagnetik yang dipancarkan dari barang elektronik lainnya akan mengganggu sistem pendingin kulkas.

Selain itu, jangan menggunakan benda tajam untuk menghilangkan bunga es pada freezer.



Kulkas jaman sekarang telah menggunakan gas isobutana, yaitu semacam gas tak berbau dan mudah terbakar, yang ditempatkan di dalam pipa pembeku/freezer.

Jika tanpa sengaja pipa berisi butane ini tertusuk ketika sedang membersihkan bunga es dan bercampur dengan oksigen yang akhirnya akan membuat kulkas meledak.

Baca juga : Terekam CCTV Aksi Pencurian Saat Penjaga Toko Tertidur Pulas di Bukit Tinggi ini Viral Mendunia

Sebagai salah satu peralatan elektronik yang diperlukan di rumah, dimana jika tidak tahu tatacara menggunakan kulkas dengan benar, kemungkinan besar akan mengakibatkan banyak kecelakaan yang tak terduga.



Jadi gunakanlah kulkas dengan tatacara yang aman, dan jangan pernah menaruh barang-barang yang tidak semestinya seperti tersebut di atas, agar tidak terjadi risiko yang mengakibatkan kecelakaan dan kerugian harta benda yang tak diharapkan.



Beberapa minuman atau kemasan makanan biasanya ada keterangan dilarang memanaskan atau pembekuan di bawah suhu 0 derajat, dihimbau sebaiknya amati dengan seksama.
Top