Punya Kucing Tapi Banyak Kutunya, Gunakan 20 Cara Ampuh ini Dijamin Kutu Mati Seketika

Komentar


Bagi yang suka pelihara kucing, harus tau perawatan ini

Kucing banyak kutu, sudah dimandikan setiap hari tapi masih saja tetap kutu tak mau hilang, tenanga coba cara ini saja, kutu pada kucing mati seketika.

Kutu adalah salah satu parasit yang kerap mengganggu kesehatan kucing. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan keberadaan kutu di dalam tubuh kucing.

Baca juga : Yang Hobi Makan Jengkol Coba Cara Manjur ini, Takut Bau Saat Buang Air Kecil Hilang

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan dan membasmi keberadaan kutu pada tubuh kucing. Selain rasa gatal, keberadaan kutu jika tidak segera diusir maka dapat mengganggu kesehatan kucing.

1) Gunakan Shampoo Khusus Anti Kutu

Saat memandikan kucing gunakanlah shampoo khusus anti kutu kucing. Penggunaan shampoo khusus ini dapat mengusir dan mematikan kutu yang hinggap di tubuh kucing dan mencegah kutu untuk kembali lagi.

2) Gunakan Minyak Telon

Minyak telon ampuh untuk mengusir kutu pada tubuh kucing, oleskan rutin pada bagian yang memiliki banyak kutu. Lakukan secara rutin sehari sekali. Namun pengolesan minyak telon disarankan jauh dari jilatan kucing.

3) Campuran Air dan Cuka

Kutu sangat tidak menyukai aroma cuka. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 50 banding 50 dalam panci dan masak hingga hangat. Jika sudah hangat, segera masukan ke dalam botol semprot dan gunakan campuran tersebut sebagai obat semprot pada bagian yang terdapat kutu.

4) Ramuan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah ramuan alami untuk mengusir kutu yang menempel pada kulit kulcing. Blender halus lidah buaya dengan beberapa cabe rawit, beri sedikit air. Gunakan campuran tersebut sebagai spray semprot, dan semprotkan ke bagian yang sering digaruk atau terindikasi adanya keberadaan kutu kucing.

Baca juga : 6 Bahan ini Alami, Tapi Dilarang Keras Untuk Dioleskan ke Wajah Karena Membahayakan

5) Rutin Menyisir Bulu Kucing

Rutin melakukan penyisiran pada bulu kucing dapat mengusir kutu kucing, sisir yang digunakan adalah sisir khusus yang dapat menyaring kutu kucing, selain itu saat menyisir juga lakukan penyemprotan pada kucing dengan cairan anti kutu untuk mematikan kutu.

6) Campuran Ramuan Lemon

Masak 4 potong lemon dalam air mendidih, dinginkan, saring dan masukan air campuran lemon tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran lemon tadi ke tubuh kucing. Kandungan asam pada lemon sangat tidak disukai oleh kutu.

7) Campuran Cuka Apel

Cuka apel memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh kutu. Gunakan campuran cuka dari sari apel dan air ini sebagai cairan semprot yang diaplikasikan pada daerah yang terdapat kutu.

8) Gunakan Larutan Garam

Larutan garam memilki khasiat untuk mematikan larva dan telur kutu yang menempel pada bulu dan kulit kucing. Rendam beberapa saat kucing didalam air hangat yang sudah diberi garam. Peremdaman ini dapat dikombinasikan dengan pijatan pijatan kecil yang dapat merelaksasikan kucing sekaligus meratakan larutan garam agar dapat menjangkau hingga ke bagian bawah kulit.

9) Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin pada kucing juga dapat menjadi alternatif lain untuk menghilangkan dan mengusir kutu dari tubuh kucing. Namun penggunaan vaksin ini disarankan dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter hewan. Penggunaan vaksin anti kutu yang tidak tepat malah dapat membahayakan kesehatan kucing, terlebih lagi jika pemberian dosis tidak sesuai anjuran.

10) Spray Anti Kutu Kucing

Spray anti kutu kucing bisa didapatkan dari pet shop. Spray anti kutu ini memiliki kandungan zat yang mampu mengusir keberadaan kutu ditubuh kucing. Cara menggunakan spray anti kutu ini terbilang mudah, yakni dengan hanya menyemprotkan spray pada tubuh kucing yang terindikasi memiliki kutu.

11) Rutin Bersihkan Kandang

Kutu dapat muncul akibat pola perawatan dan kebersihan kandang yang buruk. Karena itu perlu ketekunan dalam melakukan pembersihan dan perawatan kandang kucing. Pembersihan dan perawatan kandang yang tepat dapat membuat kutu di kulit kucing tidak betah.

Baca juga : "Anakmu itu Udah 2 Tahun Harus Disapih, Asinya Sudah Jelek, Bisa Bikin Anak Jadi Bodoh"

12) Pemberian Obat Tetes

Pemberian obat tetes anti kutu kucing dapat dilakukan pada daerah yang jarang atau sulit dijangkau jilatan kucing, karena pada dasarnya obat tetes ini tidak dibolehkan termakan atau masuk ke dalam tubuh kucing.

13) Batasi Kegiatan Kucing di Luar Rumah

Kondisi di luar rumah tidak sesteril di dalam rumah, penularan kutu mungkin saja dapat terjadi ketika kucing berada di luar rumah. Maka sebaiknya kegiatan kucing ketika di luar rumah dibatasi.

14) Gunakan Sisir Kutu

karena kutu sudah menjadi masalah umum pada kucing, maka dibuatlah sebuah produk perawatan sisir anti kutu kucing dimana sisir ini dibuat agar dapat menyaring kutu dan menariknya dari bulu kucing. Penyisiran dapat dilakukan setelah kucing selesai dimandikan, atau ketika pemilik sedang senggang dan ingin berinteraksi dengan kucing peliharaan.

15) Tanah Diatom

Tanah diatom adalah tanah yang berasal dari cangkang diatom, alga sel satu yang dapat ditemukan di plankton yang sudah menjadi fosil. Tanah diatom ini mampu mengusir kutu dari tubuh kucing. Tanah ini bisa didapatkan di pet shop. Penggunaan tanah diatom ini terbilang mudah yakni dengan hanya menyebarkan tanah diatom disekitar kandang kucing.

16) Minyak Kayu Putih

Aroma minyak kayu putih adalah salah satu hal yang dibenci oleh kutu. Minyak kayu putih dapat dioleskan pada daerah yang terdapat kutu, namun pemberian minyak kayu putih ini disarankan tidak terlalu banyak dan dioleskan di daerah yang sulit dijangkau oleh jilatan kucing.

17) Bedak Anti Jamur

Bedak anti jamur juga dapat menghilangkan kutu dari tubuh kucing, namun pemberian bedak ini disarankan dilakukan pada daerah yang sulit dijangkau oleh jilatan kucing.

18) Kalung Anti Kutu

Kalung ini dibuat disertai dengan aroma yang dibenci oleh kutu. Jika kucing sudah terjangkit kutu, kalung ini akan membantu mengusir kutu yang hinggap di tubuh kucing.

19) Obat Minum Anti Kutu

Cara lain untuk menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan menggunakan obat minum, namun obat jenis ini hanya bisa di dapatkan di dokter hewan. Obat minum memiliki reaksi cepat dalam menghilangkan kutu. Namun pemberian obat ini harus hati - hati dengan memperhatikan anjuran dosis.

20) Gunakan Penyedot Debu Saat Membersihkan Karpet

Penyedot debu dapat digunakan untuk membersihkan dan menyedot karpet tempat bermain kucing, dimana karpet adalah tempat yang kerap disinggahi oleh kutu. Perlu diketahui bahwa karpet sendiri dapat menjadi media penularan kutu pada kucing, karena itu dibutuhkan alat seperti penyedot debu yang memiliki daya hisap kuat hingga mampu menyedot parasit seperti kutu.
Top