Pria ini Ungkap Hal Tersembunyi dari Dihapusnya Daya Listrik Jadi 4400 Meski Tarif Tak Naik

Komentar


Terungkap apa yang disembunykan

Seorang pria memposting keluh kesahnya, atas peraturan yang akan menaikkan daya listrik ke 4400 VA, ia mengungkapkan meski tarif tak naik namun batas minimum tetap besar.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal menghapus sebagian besar kelas golongan pelanggan listrik Rumah Tangga (RT) bagi penerima nonsubsidi.

Baca juga : Dianggap Cibir Rina Nose, 7 Hal ini akan Membuka Mata Semua Orang Tentang Ustadz Abdul Somad

Nantinya, pelanggan nonsubsidi hanya akan terbagi pada dua kelas golongan, yakni 4.400 VA dan 13.200 VA.

Jonan menjelaskan, PLN membagi golongan pelanggan listrik RT dalam tiga kelas, yakni golongan Rumah Tangga (R-1) 900 VA-RTM, 1.300 VA, dan 2.200 VA. Nantinya, tiga kelas ini akan dihapus karena rentang satu sama lain terbilang dekat.

Postingan pria ini sontak mendapat banyak dukungan dari warganet, seperti ini postingannya


Berikut tulisannya :

Listrik di rumah saya, dayanya 900 watt. Dengan peralatan listrik standar (mesin cuci. Kulkas, rice cooker,dispenser,setrika,TV ). 

Tahun lalu tagihan rata-rata perbulan 80-100ribu..sejak awal 2017 ini mulai naik di kisaran 150-180ribu..itupun semua lampu sudah saya ganti jadi LED yg wattnya lebih kecil..sementara listrik ditoko dayanya 1300 wat, setiap bulan bayar 120ribu dengan alat listrik hanya lampu dan kipas angin (sesekali tuk charge HP)..

Laah...dengan aturan baru dihapusnya daya 900, 1300, 2200 dan harus berpindah ke 4400.berapa saya harus bayar disaat penjualan sedang lesu ?

Kalaupun saya sudah ngirit dan hemat sekali, kita tetap kena batas minimum. Kenapa gak sekalian saja listrik 1 jt per keluarga tapi bebas tanpa meteran dan PLN utangnya lunas

Perhatikan batas minimumnya. Ini yang tidak terkatakan ke publik. 

Yang selalu dikatakan adalah tarif sama antara 1.300 sampai dengan 4.400. Betul tarif sama tapi dengan batas minimum yang berbeda. Entah ini disebut cara cerdas atau cara sontoloyo.


"PLN sendiri sepakat mengubah kelas golongan langganan rumah tangga dari 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA akan dihapus kecuali yang menerima subsidi, yang lain mungkin sekalian 4.400 VA, 13.200 VA," papar Jonan, Selasa (7/11).

Baca juga :  Menunggak Listrik Bahkan Makan Bubur Pakai Garam, ini 5 Fakta Menyedihkan Mak Laila Sari.

Adapun PLN saat ini, tercatat mematok biaya pemakaian listrik tegangan rendah (TR) dengan batas daya 900 VA sebesar Rp1.352 per Kilowatt-hour (kWh). Sedangkan tarif listrik dengan batas daya 1.300 VA ke atas dipatok sebesar Rp1.467,28 per Kwh.

Para warganet juga banyak yang menyetujui ulasan pria ini, rata-rata mereka juga merasakan hal yang sama.

@Nurhayati Edy: "Berarti jd pemborosan yaaa..minimal pake ga pake ya bayarnya segitu..."

@Heri Hermawan: "jadi.. rumah ditinggalin tanpa listrik selama sebulan..tetep bayar minimal 300rb sekian itu..?"

@Tutti Triana: "Yaa Allah... Aku buka loket pembayaran listrik, setiap bulan ketemu dengan konsumen dari berbagai kalangan.. dengan kenaikan TDL untuk daya 900 aja banyak dari mereka yang sudah terseok-seok bayarnya, apalagi kalau jadi dihapuskan.. bagi mereka untuk apa juga daya sampai 4400? Karena penggunaannya juga hanya untuk lampu, tv, ricecooker, kipas angin..."

@Harmen Hoesbar Koto: "Secara tidak langsung, ini adalah akal akalan menaikkan tarif listrik.. dengan daya 4.400 kwh. Dipakai atau tidak dipakai, bayarlah 322.801 rupiah tiap bulan ditambah pajak dan restribusi penerangan jalan. Memaksa banget."

@Ruchamah Aqorib: "Emang aneh...saya selama ini sdh merasa cukup dgn daya yg saya pakai skrg...masa kudu 4400 emang kita pabrik arau konfeksi...."

@Fathiya Aulia Nisa: "saya d kostan cuma pakai komputer 1, rice cooker, setrika, kadang charger laptop sama hp. pakai token yg 20 rb cuma cukup untuk 3 hari, kalo dihitung hitung 1 bulan bisa sampe 300 rb.. padahal dulu 1 bulan biasa cuma 40 rb.. luar biasa kalo bagi anak kostan mah.. 😁 miris yaa.."
Top