Peringatan Rasulullah Bagi Mereka Yang Menikah Karena Mengharapkan 3 Hal Ini Maka Rugilah Kamu

Penulis Penulis | Ditayangkan 22 Nov 2017
Peringatan Rasulullah Bagi Mereka Yang Menikah Karena Mengharapkan 3 Hal Ini Maka Rugilah Kamu

Salah satu cara untuk menghindarkan kita dari dosa zina dengan pasangan kita ialah dengan menikah.

Menikah menjadi perintah agama karenanya sudah menjadi sunnah rasulullah, siapa yang melakukannya dengan meluruskan niat hanya karena mencari ridho allah dan menapaki sunnah nabi dengan pasangannya digolongkan sebagai umat rasulullah yang berhak mendapat syafaat kelak di hari kiamat.

Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku” (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a.)

Meski menikah merupakan ibadah unggulan yang dianjurkan,Seperti yang dikutip dari muslimahzone.id ada jenis pernikahan yang dilarang bahkan pelakunya diancam oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Pernikahan yang diancam oleh Rasulullah ini sebagaimana disebutkan dalam hadits agung riwayat Imam al-Bukhari Rahimahullahu Ta’ala.

1. Akan Direndahkan

Orang ini diancam oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dengan rendahnya derajat. Sebabnya, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena memandang kedudukannya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan baginya kerendahan.”

Ialah seorang laki-laki yang menambatkan hatinya lantaran tingginya kedudukan calon istri atau walinya semata. Ia menikah bukan lantaran akhlak atau agama, tapi tingginya kedudukan dan derajat yang mulia dalam pandangan sesama manusia. Malangnya, ia justru mendapatkan kebalikannya; direndahkan oleh Allah Ta’ala.

2. Mendapatkan Kemiskinan

Siapa yang miskin lalu memutuskan untuk menikah, Allah Ta’ala janjikan baginya kekayaan dan kecukupan di dalam hidup. Namun, ada orang yang menikah tapi diganjar dengan kemiskinan. Kondisi ini sebagaimana disebutkan dalam kelanjutan hadits di atas, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena melihat harta bendanya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan baginya kemelaratan.

Menikah karena wanita yang hendak dinikahi kaya. Menikah karena wali dari wanita yang hendak dinikahi seorang tuan tanah. Menikah karena keluarga si calon istri memiliki banyak aset harta. Malangnya, Allah Ta’ala justru menjanjikan bagi golongan ini kemelaratan dan tidak ada yang lebih tepat janjinya kecuali Allah Ta’ala.

3. Diliputi Kehinaan

Bertambah hina, semakin melarat, dan diliputi kehinaan. Inilah orang yang merugi di dunia dan akhirat, jika tidak segera bertaubat kepada Allah Ta’ala. Ialah mereka yang disebutkan dalam kelanjutan riwayat ini, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena keturunannya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan kehinaan baginya.”

Barangsiapa yang menikahkan (putrinya) karena silau akan kekayaan lelaki meskipun buruk agama dan akhlaknya, maka tidak akan pernah pernikahan itu dibarakahi-Nya, Siapa yang menikahi seorang wanita karena kedudukannya, Allah akan menambahkan kehinaan kepadanya, Siapa yang menikahinya karena kekayaan, Allah hanya akan memberinya kemiskinan, Siapa yang menikahi wanita karena bagus nasabnya, Allah akan menambahkan kerendahan padanya, Namun siapa yang menikah hanya karena ingin menjaga pandangan dan nafsunya atau karena ingin mempererat kasih sayang, Allah senantiasa memberi barakah dan menambah kebarakahan itu padanya” (HR. Thabrani)

Beruntungnya, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam memberikan jalan keluar. Dalam akhir hadits yang panjang ini disebutkan bahwa Allah Ta’ala akan menambahkan keberkahan bagi sepasang suami dan istri yang menikah karena Allah Ta’ala, demi menjaga farjinya dari zina, menundukkan pandangan, dan mendekatkan ikatan kekeluargaan.

“Jadilah istri yang terbaik. Sebaik-baiknya istri, apabila dipandang suaminya menyenangkan, bila diperintah ia taat, bila suami tidak ada, ia jaga harta suaminya dan ia jaga kehormatan dirinya” (Al Hadits)

Bagi yang belum menikah, niatkan yang terbaik; untuk Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Bagi yang sudah menikah, terus meneruslah memperbaiki niat. Sebab ini kerja berkepanjangan yang amat melelahkan, tapi berlimpah pahala berkah. Insya Allah.

PENTING UNTUK WANITA

Sunat Perempuan Yang Berbahaya Tapi Umum Dilakukan Di Indonesia

Peringatan Rasulullah Bagi Mereka Yang Menikah Karena Mengharapkan 3 Hal Ini Maka Rugilah Kamu
SHARE ARTIKEL