Pada Usia Kehamilan 7 Tahun Kaki Suka Bengkak Begini Pijat Kaki Untuk Ibu Hamil

Komentar


Ibu hamil yang bekerja, banyak beraktivitas, lama memakai sepatu berhak sedang atau banyak berjalan, sering dilanda rasa pegal dan “berat” pada kaki, terutama pada malam hari. Tenang, Anda bisa pijat diri sendiri dengan cara mudah berikut ini

Seperti yang dikutip dari ayahbunda.co.id, Kaki yang “berat” dan lelah juga mencetus timbulnya edema (pembengkakan) kaki. Biasanya sering terjadi pada usia kehamilan 7 bulan ke atas.

Ringankan ketidaknyamanan tersebut dengan menyempatkan diri memijat kaki sebelum tidur. Sehingga saat tidur, otot kaki Anda benar–benar dapat beristirahat dengan sempurna. Hasil terbaik memijat kaki adalah bila sebelumnya Anda merendam kaki dengan air hangat yang dibubuhi larutan garam dapur, atau produk garam perendam kaki, misalnya Epsom Salt.

STEP 1: BALUR 
Bubuhkan minyak pijat di telapak tangan, lalu balurkan ke kaki dengan gerakan mengusap perlahan dan lembut dimulai dari mata kaki ke arah paha atas. Ulangi beberapa kali sampai merata. Gerakan paling baik adalah gerakan memutar.

STEP 2:  CRISS CROSS 
Lakukan gerakan criss-cross (menyilang dengan ibu jari, keempat jari lainnya menggenggam bagian yang dipijat) mulai dari betis hingga ke bagian atas paha bawah. Lakukan turun naik hingga 8 kali. Gerakan ini akan memeras kandungan air yang berlebihan (edema) di sekitar betis dan paha.

STEP 3: KNEADING  
Lakukan gerakan kneading atau meremas, dimulai dari pangkal lutut (atau boleh juga dari betis) sampai ke paha. Lakukan pada seluruh bagian paha. Gerakan ini membantu mengendurkan otot yang lelah, melembutkannya serta membantu mengeluarkan kelebihan air.

STEP 4: SYNOVIAL JOINT 
Lakukan gerakan memutar di samping kanan dan kiri lutut. Setelah itu, usap bagian bawah lutut. Gerakan ini menstimulasi sambungan tulang di bagian lutut (synovial joint) agar tetap lentur untuk menahan beban tubuh yang semakin berat.

STEP 5:  BERBARING DAN RELAKS 
Setelah selesai memijat kaki, berbaringlah dengan mengangkat kedua kaki dan menyenderkannya ke tembok. Gerakan ini menjaga agar tidak terjadi varises pada kaki.  Pejamkan mata, buka lengan dan kedua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas. Jauhkan semua benda agar tangan tidak menyentuh apa pun. Dengarkan musik lembut agar pikiran dan semua otot relaks. Setelah itu, Anda dapat tidur dengan nyenyak. Nyaman khan, pasti Anda ingin mencoba.
Top