Mobilmu Mogok Saat Di Perlintasan Kereta, Jangan Panik. Cepat Lakukan Hal ini Agar Kamu Selamat

Penulis Unknown | Ditayangkan 16 Nov 2017

Mobilmu Mogok Saat Di Perlintasan Kereta, Jangan Panik. Cepat Lakukan Hal ini Agar Kamu Selamat

Cara aman buat bantu saat mobil mogok di perlintasan kereta....

Saat di perlintasan kereta mobilmu tiba-tiba mogok hingga membuatmu panik dan takut. Memang sering kejadian seperti ini terjadi. Sampai-sampai memakan korban jiwa. Tapi jangan takut dan panik ada cara aman agar kamu bisa atasi jika mobilmu mogok di perlintasan kereta.

Seperti yang dilansir dalam sebuah akun Facebook Moch Nurul Hidayat dalam grup Info Lantas Mojokerto, Berikut penjelasannya bagaimana cara mengatasi mobil yang tiba-tiba mogok di perlintasan kereta. Dan apa yang harus dilakukan.

Barusan jam 7 pagi tadi. saya berangkat kerja seperti biasa menuju ke arah roxy melewati kolong jembatan yang baru dan juga rel perlintasan kereta api. Ketika mobil saya sedang pas diatas rel kereta api, tiba-tiba saja mesin mobil saya mati, dan pada pas itu juga sayup sayup terdengar bunyi tut tut tut tut tut…..

Baca Juga : Viral! Mobil Mati Mendadak di Rel Kereta Berhasil Lolos Gara-Gara Pengemudi Lakukan Hal ini

Ternyata ada kereta api yang akan lewat. Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan, namun masih jauh.

Saya pun teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan.

Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi eh… mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, “keluar…keluar. ..keluar !!” . Akhirnya selamat…!

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya pun juga ikut mencoba membunyikan klakson, Saya bunyikan klakson terus. Eh…tiba-tiba tape mobil saya menyala. Dan mobil saya pun berhasil distarter. Antara percaya dan tidak, saya juga masih heran kok bisa ya nyala sendiri ???

Karena penasaran, saya pun mencari tau..

Mengapa mesin kendaraan bisa mati mendadak ketika melintasi rel kereta api? Dan kenapa bisa hidup kembali setelah membunyikan klakson? ini penjelasan ilmiahnya?

Baca Juga : Mobil Tiba-tiba Mati Ditengah Rel & Tidak Bisa Dihidupkan? Ini yang Harus Dilakukan!


Ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/1 menit, berapa medan magnet yg di simpan rel itu…?

Dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak.. jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu.

Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Dihimbau agar dapat berhati-hati lagi saat berkendara apa lagi disekitar daerah perlintasan kereta. karena banyak ditemui kecelakaan kereta api vs mobil/motor karena kendaraan mati mendadak di tengah rel Kereta Api. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL