Mie Instan itu Jadi Berbahaya Ternyata Karena ini

Komentar
MAKANAN FAVORIT ANAK KOS di AKHIR BULAN


ilustrasi kaskus

Berbicara mengenai mi instan, makanan ini adalah makanan yang tidak asing di telinga terutama bagi kalangan mahasiswa yang super sibuk. Ketika banyaknya tugas, keuangan menipis, namun tetap ingin makanan makanan yang enak, mi instan adalah pilihan yang tepat. Mi instan menjadi makanan favorit di kalangan mahasiswa terutama anak kos-kosan. tidak hanya mahasiswa, namun lapisan lain masyarakat Indonesia menyukai mi instan. ini dibuktikan dengan pernyataan yang dikutip dari BBC news bahwa Indonesia adalah negara kedua terbesar pengkonsumsi mi instan dengan mengkonsumsi 14, 5 milyar mi instan per tahunnya.

Seringkali kita mendengar bahwa kandungan yang terdapat dalam mi instan tidaklah baik bagi kesehatan. Namun itu tidak mengubah kita untuk enggan makan mi instan. adapun kandungan yang terdapat dalam mi instan yang membuat mi instan menjadi berbahaya adalah:

1. Pewarna Tartrazin CI 19140



Pewarna tartrazin merupakan pewarna sintetik (buatan) yang memberikan warna kuning pada makanan ataupun minuman. Menururut penelitian yang dilakukan oleh The American Academic of Pediastrics Committee on Drugs, pewarna tartrazin secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, diantaranya adalah tumor pada kelenjar tiroid, Lymphocytic lymphomas, serta kerusakan kromosom. Karena efeknya yang berbahaya, penggunaan tatrazin telah dihentikan di beberapa negara, seperti Austria, Norwegia, serta Jerman.

2. Mono Sodium Glutamat (MSG)



MSG adalah zat yang memiliki fungsi untuk menambah cita rasa pada makanan. Menurut  penelitian Horvath et al, 2013 penggunaan MSG yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan otak. Penelitian ini menyelidiki perkembangan saraf dengan menggunakan MSG untuk menghambat pengembangan syaraf secara tepat.

3. Antioksidan TBHQ (Tersier Butil Hidroksin Quinolin)

TBHQ  merupakan bahan kimia yang memiliki fungsi sebagi anti oksidan, namun anti oksidan TBHQ adalah anti oksidan yang berasal dari sintesis bukan yang alami.


THBQ

Zat ini digunakan untuk oksidasi minyak dan lemak sehingga membuat makanan dapat bertahan lama. Berdasarkan Centers for Science in the Public Interest (CSPI) penelitian mengenai efek dari TBHQ yang diberikan kepada tikus,  tenyata efek dari TBHQ dapat menyebabkan tumor. Selain itu TBHQ dapat menimbulkan gangguan kesehatan lambung  dan kerusakan DNA .

Anda bisa membaca bahaya dan penjelasan tentang THBQ disini.

4. Natrium yang berlebih

Natrium adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kadar normal natrium yang diperlukan oleh tubuh adalah 340 mg. Kelebihan natrium berefek kepada merasa haus dan tekanan darah yang naik.
Top