Masih Muda Namun Sudah Pelupa 9 Cara Ini Ampuh Atasi Pikun Di Usia Muda

Komentar


Seberapa sering kamu sering lupa menaruh kunci rumah, kamar kost, atau kendaraan? Pastinya cukup sering ya! Belum lagi sering lupa menaruh smartphone sendiri padahal sering dibawa kemanapun kamu pergi.

Padahal usia belum menginjak 40-an, tapi ingatan sudah mulai memudar dan mudah lupa seperti orang yang sudah lanjut usia.

Penyebab orang mudah lupa bisa dikarenakan berbagai faktor, bisa jadi karena faktor kebiasaan, konsumsi obat-obatan, gaya hidup yang tidak baik, penyakit, stres dan sebagainya

Seperti yang dikutip dari gobagi.com, Jika tidak ingin di usia mudah pikun, kamu  bisa lakukan 9 cara sederhana untuk melatih memori agar tidak mudah lupa.

Tidak Pilih-pilih Makanan Itu Baik, Tetapi Sebaiknya Jangan Asal Pilih Makanan


Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung pengawet dan MSG sebaiknya perlu dikurangi, hal ini agar peredaran aliran darah ke otak jadi lancar.  Jikaaliran darah lancar, sangat bermanfaat untuk membantu kekuatan memori. Makan makanan junk food, tinggi lemak, dan tinggi kolesterol sebaiknya juga dihindari. Ini dikarenakan, makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol memberikan dampak buruk terhadap peredaran darah ke otak.

Jika peredaran darah ke otak buruk, aliran oksigen ke otak pun buruk, dan kinerja fungsi otak akan menurun.

Konsumsi Vitamin E Tidak Hanya Baik untuk Kulit, Tapi Juga Kinerja Otakmu


Maret Traber, seorang profesor di Oregon State University di Amerika Serikat menungkapkan bahwa vitamin E diperlukan otak untuk mencegah kerugian besar untuk molekul penting di otak. Kekurangan vitamin E dapat merusak organ otak dan menurunkan kinerja otak.

Memastikan Selalu Peredaran Darah Berjalan Lancar


Orang yang biasa lupa pada sesuatu yang telah dihapalnya umumnya disebabkan karena ada masalah pada aliran darah di kepala. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kondisi peredaran aliran darah di tubuh. berolahraga seperti bersepeda, atau jogging selama 30 menit dapat membantu menjaga aliran darah ke  otak tetap baik.

Jangan Jadi Penggila Kerja, Pastikan Tubuh Banyak Istirahat agar Otak Tetap Berfungsi dengan Maksimal


Buat kamu yang gila kerja dan sering begadang, sebaiknya dikurangi mulai sekarang jika kamu tidak mau terserang pikun di usia muda. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan dan merupakan hal yang penting agar memori otak tetap optimal untuk mengingat banyak hal.

Jangan Melakukan Banyak Kegiatan Dalam Waktu Bersamaan Jika Tidak Ingin Kebingungan


Seringkali sebagian darikita sering melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu. Padahal, kegiatan tersebut hanya membuat kita tidak  fokus dan malah mudah lupa. Melakukan kegiatan sekaligus dalam waktu bersamaan membuat kita bingung yang mana yang menjadi prioritas, alhasil semua kegiatan tidak dilakukan dengan serius dan malah jadi lupa semua.

Urutkan kegiatan mulai dari skala yang paling penting, agar pekerjaan cepat selesai dan kamu ingat semua detail pada masing-masing kegiatan.

Meletakan Barang-barang di Tempat yang Lebih Rapi agar Kamu Lebih Mudah Menemukannya


Jika mudah lupa meletakan kunci pintu rumah, kunci mobil, atau charger handphone ada baiknya kamu meletakannya dalam box-box terpisah supaya gampang mengingatnya. Jadilah orang yang lebih terorganisir demi kebaikan dirimu dan demi barang-barang yang tidak mudah hilang.

Setiap barang yang kamu telah masukan ke dalam boks, kemudian tutup dengan rapi agar tidak berceceran. Labeli tiap box dengan nama benda yang dimasukan agar kamu selalu mudah untuk menemukannya ketika dibutuhkan.

Saat Lupa, Usahakan Jangan Panik. Tarik Napas Lebih Dalam Sampai Berpikir Jernih Kembali


Kebanyakan dari kita akan panik ketika lupa menaruh sesuatu dan sulit untuk mengingat dimana terakhir kali menyimpannya. Tak jarang kepanikan ini membuat kamu makin sulit untuk menemukan barang yang kamu cari. Untuk itu disarankan untuk tarik napas yang dalam hingga bisa berpikir jernih kembali. Kemudian optimis bisa menemukan barang yang kamu cari. Diperlukan ketenangan jiwa dan raga saat hendak mencari benda yang lupa ditaruh.

Bukan Ingin Dibilang Sok Pintar, Tapi Rajin Membaca Buku Sangat Baik untuk Meningkatkan Daya Ingat


Latihlah otakmu dengan rajin membaca buku. Para peneliti dari Mayo Clinic menunjukan bahwa melakukan kegiatan seperti membaca buku dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kehilangan memori hingga 30-50 persen. Sisihkan waktu selama minimal 2 jam untuk membaca buku agar otakmu lebih produktif.

Jangan Malas Konsumsi Air Putih


Jangan malas untuk minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Air mineral tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan otakmu. Para peneliti yang berasal dari Universitas East London, Inggris percaya, rasa haus akan menyebabkan seseorang kehilangan fokus. Untuk itu, banyak minum air putih dianjurkan untuk mempertajam pikiran.

Minum sampai 8-10 gelas air putih setiap hari dapat memperbaiki tingkat performa kognitif otak sebanyak 30 persen dari biasanya.
Top