Manfaat Luar Biasa Dari Buah Cermai Untuk Kesehatan

Komentar
Tapi dalam mengkonsumsi cermai juga jangan terlalu banyak, sebab sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan.



Buah Cermai atau yang memiliki nama latin ‘Phyllanthus Acidos’ merupakan buah yang terkenal dengan rasa asam dan kecut. Ciri dari buah cermai terletak pada buahnya yang berbondong sangat banyak, Berwarna hijau ketika masih muda dan menguning jika sudah mulai tua, sehingga pohon cermai hampir menyerupai seperti pohon belimbing wuluh. Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui olahan cermai dalam bentuk manisan, rujak, atau minuman yang menyegarkan. Padahal cermai memiliki banyak manfaat yang juga baik untuk kesehatan juga lho.

Kandungan seperti air, vitamin C, kalori, mineral, serat kasar, saponin, karbohidrat, kalsium, fosfor, flavonoida, polifenol, tanin, lemak dan lain-lain, sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan daun buah cermai juga memilki manfaat. Berdasarkan penelitian para ahli, memakan pucuk daun cermai mampu mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti dapat menawarkan racun akibat gigitan serangga, lumbago, dipakai untuk merawat kulit, nafas sering tersengal-sengal, menyembuhkan tekanan darah tinggi dan menobati kanker. Lalu apa Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan?

Baca Juga : Ini Bahayanya Kalau Keseringan Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds
.
Mengatasi Masalah Pencernaan
Cermai kaya serat, polifenol dan air. Hal itu membuat cermai memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Mengonsumsi satu sendok teh jus cermai pada waktu perut kosong, dapat mengobati tingkat keasaman dalam lambung. Selain itu cermai dapat mengobati sembelit serta membersihkan usus besar karena kaya akan vitamin C.

Mengatasi Asma
Cermai ternyata dapat mengobati penyakit asma. Caranya dengan merebuh potongan 6 biji buah cermai, campurkan dengan bawang merah 2 butir, akar kara (dolichos lablab) 1/4 genggam dan 8 butir buah lengkeng. Semua bahan dicuci lalu ditumbuk. Rebus semua bahan dan biarkan sampai mendidih dari 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 1/2 gelas. Kemudian minumlah air rebusan daun cermai tadi.

Meringankan Kanker
Antioksidan yang terdapat dalam cermai dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh agar terjaga kesehatannya. Buah cermai ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya dalam pengobatan anti-kanker. Caranya cukup dengan menggunakan daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam dicampur dengan daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gula enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong. Rebus semua bahan menggunakan 3 gelas air, hingga tersisa 3/4 bagian saja. Dinginkan lalu saring dan minumlah sehari tiga kali.

Menjaga Kadar Kolesterol Darah
Cermai mempertahankan kadar kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermai juga mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) karena memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

Menyehatkan Kulit
Vitamin C yang terkandung pada buah cermai memberi manfaat untuk kulit kita. Kulit akan cerah, bersih, dan lembut. Vitamin C berperan penting untuk urusan kesehatan kulit. Maka dari itu cobalah konsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena Vitamin C yang tinggi. Apa lagi bagi yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam.

Diabetes
Cermai mengandung tingkat polifenol yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah yang tinggi dan mencegah resistensi urine. Selain itu, buah ini juga dapat membantu dalam penyerapan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes.

Vitamin bagi Tubuh
Kandungan vitamin A cermai penting untuk membantu produksi kolagen. Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap muda dan elastis. Bila dikonsumsi saat perut kosong, kandungan nutrisi dalam cermai dapat memperlambat degradasi kolagen, yang nantinya dapat memperpanjang proses penuaan.

Kesehatan Seksual
Minum jus cermai sekali sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah ini juga dapat meningkatkan motilitas (kemampuan sperma untuk berenang), kualitas dan produksi sperma pada pria yang menderita Oligospermia (suatu kondisi di mana seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah).

Melindungi Hati
Cermai dapat digunakan untuk melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh bahan kimia atau alkohol.

Baca Juga : Rutin Pakai Krim Malam Tapi Nggak Ngefek? Mungkin Belum Lakukan 5 Cara Ini

Menambah Kekebalan Tubuh
Buah cermai mengandung nutrisi yang dapat menambah kekebalan tubuh kita. Nutrisinya cukup sebagai penambah nutrisi rutin. Hal ini juga dikarenakan adanya flavanoid yang menjadikan antioksidan. Tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Menyehatkan Tulang
Manfaat lainnya adalah buah Cermai dapat menyehatkan tulang. Kalsium dan zat besi yang terkandung pada buah ini dapat membantu menyehatkan tulang agar terus kuat dan tidak keropos. Tulang akan lebih kuat.

Baik untuk Pertubuhan
Buah cermai menjadi buah yang baik dikonsumsi dan tidak menganggu pertumbuhan. Justru buah ini menjadi buah yang baik untuk membantu pertumbuhan karena kandungan nutrisinya yang banyak.

Memanfaatkan cermai sebagai obat dapat menimbulkan efek yang berbeda-beda bergantung dengan kondisi penyakit dan si penderita. Disarankan dalam mengkonsumsi cermai juga jangan terlalu banyak, sebab sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan. Semoga Bermanfaat.

Top