Kenali Penyakit Bipolar yang Sedang Viral Meski Penyakit Sepele Tapi Tak Bisa Dibiarkan

Komentar

Ketahui gejala dan arti Bipolar

Banyak yang belum tahu tentang penyakit ini, Meski tergolong penyakit sepele, namun gangguan bipolar tidak bisa dibiarkan begitu saja

Terkadang banyak dari kita yang tidak sadar jika mengalami sebuah penyakit yang serius.

Akhir-akhir ini penyakit bipolar atau bipolar disorder sedang marak diperbincangkan.

Penyakit ini memang cukup sepele jika dibandingkan dengan kanker atau stroke, namun jika tidak ditangani atau paling tidak diketahui menjadi masalah yang cukup fatal.

Pasalnya kemarin, terjadi kecelakaan di Jakarta, tepatnya di Bunderan HI. Seorang perempuan, pengidap penyakit bipolar menabrak motor dengan sengaja ketika mengendarai mobilnya.

Baca juga : Cerita Sedih Driver Ojol, Akunnya Dinonaktifkan Cuman Gara-Gara Lama Nyari Kembalian

Dikira positif narkoba ternyata setelah diperiksa, perempuan ini mengidap gangguan bipolar. Untuk mengetahui lebih banyak, simak ulasan berikut ini agar kalian tak salah langkah ketika mengetahui gejalanya.

Apa itu Penyakit Bipolar?

Sebelum masuk ke kasus tentang pengidap penyakit bipolar alangkah baiknya kita mengetahui dulu jenis gangguan apakah ini.

Bipolar disorder adalah sebuah gangguan psikologis yang menyerang perubahan mood secara signifikan. Gejalanya adalah pengidap gangguan ini akan mengalami dua fase dan berubah dengan cepat.

Fase pertama disebut dengan mania (kebahagiaan) dimana pengidapnya akan mengalami masa sangat gembira, enerjik, juga merasa dirinya paling tinggi.

Sedangkan fase kedua adalah depresi (kesedihan) dimana mereka akan mengalami kesedihan dan cemas yang berlarut-larut, putus asa, dan bahkan bisa menangis tersedu-sedu.

Nah, jika  memiliki teman atau pernah mengalami sendiri jangan dibiarkan, segera pergi ke psikiater untuk mendapat pertolongan pertama.

Bukan Penyakit Menular

Jika kalian menemukan gejala ini pada diri sendiri atau teman dekat, jangan menjauhinya. Penyakit ini tidak menular kok.

Dikutip dari boombastis, penyakit ini bisa tumbuh karena stres atau faktor genetik. Penanganan pertamanya juga cukup simpel, jangan membiarkan stres berlarut-larut pada diri kalian dan juga segera konsultasikan kepada psikiater terdekat.

Meski tidak perlu rawat inap dalam pengobatan penyakit ini, namun jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena menurut para ahli penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Namun, ada obat-obatan yang bisa mencegah kambuhnya fase-fase seperti yang dijelaskan di poin pertama tadi.

Baca juga : Cerita Sedih Driver Ojol, Akunnya Dinonaktifkan Cuman Gara-Gara Lama Nyari Kembalian

Pernah Disosialisasikan Lewat Film



Banyaknya warga Indonesia yang masih belum awam dengan penyakit ini membuat banyak penggiat film menyisipkan pengetahuan tentang penyakit bipolar dalam filmnya.

Salah satunya adalah Film Posesif yang baru-baru ini tayang. Diperankan oleh Adipati Dolken, ia adalah seorang siswa SMA yang posesif terhadap pacarnya, Putri Marino.

Ia mengalami gangguan bipolar ini dikarenakan sang ibu juga mengalami hal yang sama sehingga ia banyak dikerasi secara fisik.

Alhasil, penyakit ini pun ia bawa ke lingkungannya bersama sang pacar.

Perubahan fase mania ke depresi ini sangat cepat loh boombers, seperti yang diterangkan dalam satu adegan di Film Posesif ini, sesaat setelah Adipati memukuli sang pacar, ia langsung menyesal dan berkata maaf, ini terjadi berulang kali dan dapat dipastikan pengidap penyakit ini pun akan melakukan hal yang sama.

Kejadian Mengerikan Berkat Penyakit Bipolar



Kemarin, seorang pengemudi mobil bernama Tanita Felicia yang sudah berusia 24 tahun mengalami kecelakaan.

Pada saat operasi ganjil-genap yang dilakukan di Jakarta, ia mencoba melarikan diri dengan menggunakan mobil CR-V-nya.

Namun sayang, ketika meloloskan diri ia malah menabrak beberapa kendaraan yang menghalangi jalannya.

Pihak kepolisian mengira bahwa dirinya sedang berada di bawah pengaruh narkoba.

Namun setelah melakukan tes urin hasilnya pun negatif. Setelah mendapat keterangan orang tua, polisi pun memecahkan penyebab Felicia menabrak beberapa kendaraan tersebut.

Ia merupakan pasien dengan gangguan bipolar. Banyak orang yang akhirnya harus dirugikan atas kejadian ini.

Baca juga : http://www.wajibbaca.com/2017/11/tabrak-belasan-kendaraan-ternyata.html

Marshanda Juga Disebut Idap Bipolar Disorder

Masih ingat video artis Marshanda yang diunggahnya ke YouTube beberapa tahun lalu? Ketika video tersebut keluar dan tersebar viral banyak orang yang berasumsi bahwa Marshanda mengalami gangguan jiwa karena stress ditinggal pacarnya serta teman-teman terdekatnya.

Gangguan jiwa yang dimaksud netizen di sini mengarah pada istilah gila.

Banyak dari mereka yang belum tahu soal penyakit bipolar ini.

Namun, Marshanda tidak malu untuk mengakui penyakit yang dideritanya. Ia didiagnosa mengidap penyakit ini pada tahun 2009 dan menjalani pengobatannya hingga sekarang.

Menurut Marshanda, lebih baik mengakuinya secara publik karena mendapatkan perawatannya akan lebih mudah serta banyak dukungan dari sesama pengidapnya.

Itulah sedikit banyak informasi tentang penyakit bipolar. Ingat jika kalian mengetahui ada seseorang yang memiliki gejala seperti yang tertulis di atas, jangan lupa untuk segera memberinya nasihat untuk pergi ke psikiater.

Tentu saja harus kalian dukung juga perawatannya, jangan dijauhi, apalagi ditertawakan karena penyakit ini benar-benar sesuatu yang serius dan akan berakibat fatal jika dibiarkan saja.
Top