Karena Kebiasaan Semasa Hidupnya, Saat Meninggal Wanita Ini Diantar Ribuan Kucing

Komentar


Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya, jika dialami dan diambil oleh orang-orang yang berakal, bijaksana, dan berpikir. Banyak kisah yang menceritakan teladan dan contoh yang baik dan layak diikuti.

Sebuah cerita dari Habib Munzir Bin Fuad Al Musawwa berikut ini, bisa kita ambil hikmakmnya, mengenai hikmah dari apa yang dianggap sepele oleh sebagian orang, namun ternyata bermanfaat bagi makluk Allah yang lain.

Kisah tersebut bertopik ”Jenazah Wanita Yang Diikuti Banyak Kucing ”. Al- Habib menceritakan.

“Seorang Wanita Yang Jenazahnya diikuti Banyak Kucing” Terjadi beberapa waktu silam. kala itu Al-Habib masih di Tarim, Hadramaut.

Tinggal beberapa lama di kota syihir. Saat itu , ada seorang wanita tua wafat, suatu hari beliau melihat jenazah tersebut diusung. Tapi ada satu kejadian yang ganjil.

Apa yang ganjil?

Ketika jenazahnya diusung, banyak orang yang mengusungnya, di samping itu ada pula ratusan atau mungkin ribuan ekor kucing turut mengantarkan jenazah tersebut.

“Ini ganjil, aku fikir ada jenazah diikuti ratusan ekor kucing dan baru ini aku melihatnya. Ketika aku bertanya– tanya, kenapa ini?” Kata Habib Munzir.

Mereka memuji wanita tua yang wafat itu alaiha rahmatullah.

Ya, memang, di masa hidupnya , nafkahnya dicukupi oleh anak – anaknya, kerjanya tiap pagi pergi ke pasar mengambil kepala – kepala ikan yang terbuang dan ditaruh di sebuah gerobak dan kemudian wanita tua tadi melemparnya kepada semua kucing yang ada di jalanan.

Bertahun – tahun hal tersebut dilakukan sang wanita tua tersebut, hingga tiap pagi, ratusan kucing berjajar di jalanan menunggu makanan yang diberikan dari wanita tua itu.

Kemudian ketika ia wafat, ribuan ekor kucing itu mengantarkan jenazahnya. Berhari –hari puluhan ekor kucing tidak meninggalkan kuburnya.

Sungguh, bahwa Islam adalah agama rahmatan lil’allamin yang mengajarkan kita untuk selalu memuliakan setiap makluk ciptaan Allah.
Top