Kamu yang Sedang Hamil, Awas, Jangan Sampai Konsumsi Obat Jenis ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 28 Nov 2017


Kamu yang Sedang Hamil, Awas, Jangan Sampai Konsumsi Obat Jenis ini

Jangan sampai salah pilih obat saat hamil.....

ketika hamil, memang tak lepas dari obat. Karena dengan obat, dapat membantu kesehatan janin dan yang mengandung. Tapi perlu diingat dan diwaspadai, hindari obat dengan jenis ini ketika kamu sedang hami. Obat apa sih itu?

Mengutip inspiradata, Ibu hamil harus menjauhi obat pereda nyeri jenis aspirin karena berisiko menimbulkan penyakit cerebral palsy pada bayi. Ibu yang mengonsumsi obat aspirin selama kehamilan, lebih dari dua kali lipat berisiko membuat bayi terkena cerebral palsy.

Perlu diketahui, Cerebral palsy bisa menyebabkan perkembangan anak terganggu. Sebuah penelitian baru menemukan, kondisi itu tidak dapat disembuhkan, dan akan mendera anak seumur hidup.

Baca Juga : Ini Obat-Obat yang Boleh Diminum dan Tidak Selama Hamil dan Menyusui !

Cerebral palsy adalah kelainan neurologis (otak) yang berkembang pada anak usia dini. Akibat yang terjadi bila ibu hamil minum aspirin, dikutip Liputan6 dari Hindustan Times, Senin (27/11/2017), akan merusak sistem saraf pengucap, gerakan, dan postur tubuh.

Anak juga mengalami ketidakmampuan belajar dan penglihatan terganggu.

Temuan melihat efek buruk dari beberapa jenis obat lain. Janin yang terpapar dari ibu yang minum parasetamol, 30 persen lebih mungkin terkena cerebral palsy. Ibuprofen memiliki sedikit atau tidak ada dampaknya.

Parasetamol dan aspirin bisa memicu otak mengalami kerusakan permanen dan mengganggu tingkat normal hormon ibu, yang dibutuhkan untuk mengatur perkembangan otak janin.

Baca Juga : "Jangan makan durian, nanas dan pepaya muda saat hamil, jika tak ingin keguguran"

“Keamanan obat-obatan ini sekarang perlu dievaluasi lebih lanjut dan wanita harus lebih berhati-hati tentang penggunaannya selama kehamilan,” kata peneliti dari University of Copenhagen di Denmark.

Penelitian ini dipublikasikan di International Journal of Epidemiology. Peneliti menganalisis 1.85.617 ibu dan bayinya. Sekitar 5.000 wanita minum aspirin dan ibuprofen.

Hampir 90.000 wanita mengaku minum parasetamol. Tim peneliti menemukan 357 bayi mengalami masalah terkait otak. Bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi aspirin memiliki risiko lebih tinggi terkena cerebral palsy.

Jadi, jangan sampai kamu salah pilih obat hingga bisa berdampak buruk padamu dan janinmu yang sedang kau kandung.

SHARE ARTIKEL