Hingga Kini Masih Belum Terungkap, Untuk Apa Tuhan Menciptakan Usus Buntu?

Komentar



Segala sesuatu yang diciptakan tuhan tentu tidak ada yang tidak memiliki manfaat untuk mahluknya. 

Lantas apakah ada yang tahu apa gunanya usus buntu di ciptakan, sedangkan ketika manusia tidak memiliki usus buntu kesehatan mereka juga aman-aman saja.

Allah Ta'ala berfirman ” Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main (sia-sia). Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui .” (QS Ad Dukhaan [44] : 38-39)

Seperti yang dikutip dari beberapa sumber berikut penjelasan mengenai manfaat dari usus buntu.

Pada tahun 2007 para peneliti dari Duke University Medical Centre menemukan bukti baru. Dikutip dari health.detik.com, usus buntu merupakan sarang bakteri baik yang berperan dalam pemulihan kondisi usus pasca serangan penyakit.

Pada kondisi normal, sistem pencernaan manusia dipenuhi bakteri baik yang membantu mengurai makanan. Namun sejumlah besar bakteri itu mati pada saat terserang penyakit seperti disentri atau kolera.

Sunat Perempuan Yang Berbahaya Tapi Umum Dilakukan Di Indonesia



Menurut penelitian tersebut, dalam kondisi inilah usus buntu punya peran bagi populasi bakteri baik. Selain sebagai tempat untuk bersembunyi dari serangan penyakit tersebut, juga untuk berkembang biak.

Hingga kini, berbagai penelitian untuk mengungkap fungsi lain dari usus buntu masih terus dilakukan. Sebab jika memang punya fungsi, pencegahan radang usus buntu harus lebih diprioritaskan daripada operasi pengangkatan.
Top