Buah ini Sering Diabaikan, Padahal Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Komentar


Pernah memakan buah ini? mungkin paling sering mengabaikannya

Jarang anda ketahui ini sejuta manfaatnya

Sering meremehkan buah ini, ternyata punya manfaat yang banyak terutama bagi kesehatan, salah satunya bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh, bisa juga menurunkan resiko stroke dan masih banyak lagi

Baca juga : Hanya dalam 5 Menit Putihkan Gigi, Tak Perlu Dental Bleaching Cukup Bahan Alami ini

Tahukah anda jika buah kersen yang termasuk dalam beri-berian ini adalah salah satu makanan super yang kaya akan kandungan antioksidan sehingga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh?

Mengutip dari healthyinside, tak hanya dikonsumsi secara langsung, kita bisa mengolahnya menjadi jus yang lezat dan menyegarkan. Dengan mengkonsumsinya setiap hari, maka kita pun bisa mendapatkan manfaat sehat seperti sebagai berikut.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Buah kersen kaya akan kandungan flavonoid, salah satu zat antioksidan yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga tubuh pun akan lebih baik dalam melawan berbagai macam infeksi.

2. Menyehatkan jantung, Tak hanya flavonoid, buah kersen juga kaya akan kandungan antioksidan bernama quercetin. Kandungan ini bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas, menurunkan resiko stroke, dan menyehatkan organ jantung.

3. Menurunkan kandungan lemak, Mengkonsumsi jus kersen dengan rutin akan membuat kita mendapatkan nutrisi bernama anthocyanin. Kandungan ini bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga membuat kita mencegah datangnya obesitas.

4. Menurunkan kadar gula darah, Kandungan anthocyanin ternyata juga menjaga kadar gula darah dan menjaga produksi hormon insulin dalam tubuh. Hal ini bisa membantu mencegah datangnya diabetes. Mereka yang sudah menderita diabetes juga sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi jus ini.

5. Memulihkan otot setelah berolahraga atau cedera, Otot yang cedera atau pegal-pegal setelah berolahraga bisa segera pulih jika kita mengkonsumsi jus kersen. Hal ini disebabkan oleh kandungan lipid dalam jus kersen yang bisa menurunkan peradangan dan memulihkan otot dengan cepat.

6. Mengobati asam urat, Rutin mengkonsumsi jus kersen bisa membuat kadar asam urat dalam tubuh semakin menurun.

Baca juga : Ingin Tau Rahasia Cara Cepat dan Alami Membuat Kulit Wajah Putih dan Cantik? Begini Caranya

Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu untuk merasakan manfaatnya, namun anda juga bisa mengolah buah ini terlebih dahulu sebagai sirup.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti:

  1. Buah kersen yang matang
  2. Kayu manis
  3. Gula pasir
  4. Garam
  5. Vanilla

Jangan lupa siapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sirup buah kersen (botol untuk mengemas sirup):

  1. saringan
  2. panci
  3. penumbuk
  4. dan ember


Kemudian cara pembuatannya seperti berikut ini :

  1. Cuci bersih buah kersen matang dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
  2. Pisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara mudah untuk memisahkan kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu rebus. 
  3. Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila.
  4. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen adalah 2:1.
  5. Setelah mendidih, saring dengan menggunakan saringan agar air dan ampas terpisah. 
  6. Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol lalu tutup rapat. 
  7. Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibuat sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.
Top