Benarkah Jin Lebih Takut Sama Manusia? Berikut Dalil yang Menjelaskannya



Shalatnya rutin tapi "MASIH TAKUT SAMA YANG NAMNYA JIN"

Saat shalat sering diganggu jin atau sejenisnya jangan takut, sebab jika kamu takut itu tandanya imanmu masih kurang. 

Memang disaat kita sedang beribadah kepada Allah seperti shalat dimasjid, sering kita rasakan kalau ada sesuatu yang mengganggu. Dan itu pasti jin yang sedang mengganggu ibadah kita. Kalau sampai begitu biarkan saja dan jangan takut. Sebab sebenarnya jin lebih takut sama kita (manusia).

Percaya nggak percaya sih, tapi ada dalil yang menjelaskan bahwa jin itu lebih takut sama manusia. Seperti dalam postingan Fauzie Bin Abdullatif dalam akun Fecebooknya ini. Berikut dalilnya:

Imam Mujahid – ulama besar, ahli tafsir tabiin, muridnya Ibnu Abbas – (w. 104 H), beliau menceritakan,

Baca Juga : Anda Sama Sekali Tak Sadar, Anak Anda Sebenarnya Sering Dirasuki Jin Akibat Ulah Anda Sendiri

بينا انا ذات ليلة أصلي إذ قام مثل الغلام بين يدي قال فشددت عليه
لآخذه فقام فوثب فوقع خلف الحائط حتى سمعت وقعته فما عاد إلي بعد ذلك

“Suatu malam ketika saya sedang melaksanakan shalat, tiba-tiba muncul makhluk sebesar anak laki-laki di hadapan saya. Lalu saya desak dia untuk menangkapnya. Tiba-tiba dia bangun dan lompat ke belakang dinding sehingga saya mendengar jatuhnya. Setelah itu, dia tidak penah datang lagi.” (Riwayat Ibnu Abi Dunya).

Dalam riwayat lain, Imam Mujahid menegaskan,

الشيطان أشد فرقا من أحدكم منه فإن تعرض لكم فلا تفرقوا منه فيركبكم ولكن شدوا عليه فإنه يذهب


“Setan itu sebenarnya sangat takut terhadap kalian (manusia), melebihi ketakutan kalian kepadanya. Oleh karena itu, setan menampakkan diri kepada kalian, janganlah kalian lari ketakutan. Karena jika kalian takut, ia akan menunggangi kalian (mengganggu), akan tetapi bersikaplah keras kepadanya, pasti dia akan pergi”. (Riwayat Ibn Abi Dunya)

Jadi sudah jelas bukan bahwa jin itu memang sebenarnya takut sama manusia. Sayangnya manusianya saja yang nggak peka dan hanya terbawa perasaan takut.

Semoga Allah melindungi kita dari tipuan setan. Dan dijauhkan dengan godaan-godaan setan dan jin yang sering mengganggu kita saat beribadah kepada Allah.
Top