Kalau Anak Bandel Terapkan 8 Hal ini, Hasilnya Akan Membuat Anda Kagum

Komentar
A :"Nak jangan jadi anak yang mbandel ya"

B :"Ibu itu jangan ngatur-ngatur. terserah mauku."



Anak selalu ngelawan saat dinasehati orangtua dan malah ngelunjak. Jangan gunakan emosi atau kekerasan pada anak. Sebab anak akan semakin ngelawan orangtua. Kamu cukup gunakan cara ini agar anakmu jadi nurut dan manut padamu saat dinasehati.

Mengutip wepsitependidikan, berikut tips jitu menasehati anak agar nurut sama orangtua.

Baca Juga : Nasehat Sering Diabaikan Anak?? Jangan Cemas, Lakukan Cara Ini

1. Memanggil Nama

Mempunyai buah hati dengan karakter yang bandel mungkin akan membuat orangtua mudah terpancing emosi. Namun, hal tersebut tidaklah tepat jika Anda lakukan.

Ketika hendak memerintah sesuatu pada anak, sebaiknya Anda awali dengan memanggil namanya. Sikap tersebut akan membuat anak-anak merasa lebih dihargai. Utamakan melakukan hal tersebut ketika mereka sedang asik bermain.

Jika mereka merespon, baru Anda bisa mengatakan apa maksud tujuan memanggil mereka. Tidak perlu berteriak-teriak untuk memerintahnya karena anak justru tidak akan mau memperhatikan Anda.

2. Berbicara dengan Sopan

Membentuk pribadi yang baik pada seorang anak tentu juga harus diawali oleh sikap baik dari para orangtua. Apabila Anda hendak menasehati anak, sebaiknya menggunakan kalimat yang sopan.

Kata-kata paling mudah adalah menggunakan “Minta tolong…” setiap kali Anda meminta bantuan sesuatu pada anak-anak. Kebiasan positif ini sebaiknya Anda mulai sedini mungkin, untuk membuat anak-anak menjadi lebih mudah mendengarkan nasehat orangtua.

Baca Juga : Cara Ampuh Menasehati Anak agar Menuruti OrangTuanya

Selain itu, sikap orangtua yang kurang baik, akan mudah ditiru oleh anak-anak karena daya ingatnya yang masih tajam.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Menghadapi sikap anak yang tidak mau menurut sebaiknya tidak dengan menceramahinya terus menerus. Jadilah seorang pendengar yang baik untuk memahami apa yang mereka mau.

Jika emosi dibalas dengan emosi, maka permasalahan tidak akan cepat selesai dan Anda semakin susah untuk mengajak anak-anak menjadi pribadi yang penurut. Setelah mendengarkan, barulah Anda bisa menanggapi apa yang mereka katakan.

4. Ulangi Arahan yang Baik

Membuat anak menjadi lebih penurut tentu tidak dapat Anda dapatkan dengan cara yang instan. Semua membuuhkan proses terutama jika anak-anak sudah terbiasa memiliki sikap yang membagkang sejak kecil.

Oleh sebab itu, cara terbaik untuk menasehatinya adalah dengan mengulangi segala perintah dan arahan yang baik padanya. Jika mereka lupa dengan perjanjian yang telah dibuat, ingatkanlah hingga mereka bisa menjadi lebih menurut.

5. Hindari Kata “Jangan”

Baca Juga : Sudah Lelah Karena Anak Tidak Patuh Lagi? Coba Ubah 3 Hal Ini Anak Akan Patuh Pada Anda Dengan Kesadarannya

Menggunakan kata tersebut justru membuat anak-anak menjadi susah menuruti kata-kata dari orangtuanya. Anda bisa mengubahnya menggunakan kalimat perintah yang halus seperti, “bangun yang pagi ya supaya tidak telat ke sekolah”.

6. Gunakan Kalimat Sederhana

Anak-anak yang tidak mau menurut cenderung susah untuk diajak mendengarkan nasehat yang Anda ucapkan. Oleh sebab itu, untuk membuatnya lebih memahami apa yang Anda mau, sebaiknya gunakan kalimat yang sederhana.

Memberikan nasihat yang panjang dan bertele-tela hanya akan dianggap angin lalu oleh mereka dan tidak menutup kemungkinan mereka akan mengulangi kesalahannya kembali.

7. Bersikap Tegas

Jika sikap anak Anda dirasa sudah melewati batas-batas yang sulit untuk ditoleransi, sebaiknya Anda mulai bersikap tegas. Sikap tersebut bukan berarti dilakukan dengan kekerasan atau memarahinya terus menerus.

Baca Juga : Anak Adalah Cerminan Orang Tuanya, 14 Hal Ini Akan Menyadarkan Anda Sebagai Orang Tua

Anda bisa memberikannya nasihat yang bersifat motivasi sebagai salah satu cara untuk membuatnya lebih memahami antara sikap yang baik dan buruk.

8. Tatapan Mata dan Sentuhan

Adanya kontak fisik dan tatapan mata terbukti menjadi salah satu siasat untuk menjalin ikatan batin. Jika tidak mau menurut, dekatilah mereka dan sentuh pundaknya. Usahakan posisi mata Anda sejajar dengan mereka. Posisi tersebut akan membuat anak-anak merasa lebih dihargai dan diperhatikan.

Demikian cara mudah menasehati anak agar nurut yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi solusi yang bermanfaat bagi Anda.
Top