Uang Bulananmu Cepat Habis? 10 Cara ini Dapat Membantumu Untuk Mengatasinya



SUDAH DIKASI UANG BULANAN KOK MASIH SAJA BOROS...!

Memang sulit jika harus hidup sendirian tanpa ada orangtua yang mendampingi. Apalagi kalau masalah materi masih dijatah dari orangtua. Harus bisa berhemat supaya tidak cepat habis. Tapi masih banyak yang gagal dalam menghemat uang bulanan dari orangtua. 

Mengutip hipwee, nah jika kamu bingung dan khawatir kalau uang bulananmu dari orangtua cepat habis, Lakukan 10 cara ini saja agar uang bulanan dari orangtuamu tak cepat habis:

1. Belanja Sesuai Kebutuhan



Seringnya saat sudah mendapat kiriman uang  dari orang tua, kita langsung pergi ke pasar swalayan langganan untuk belanja bulanan. Tapi, tahu nggak kalau kebiasaan itu justru akan membuatmu boros?

Saat belanja bulanan, kita seakan menganggap seluruh barang yang kita butuhkan habis dan kita perlu membeli persediaan baru. Padahal, sebenarnya persediaan kita masih cukup hingga pertengahan atau bahkan akhir bulan.

Baca Juga : Gaji Bulanan Selalu Habis Sebelum Tanggal Tua, Terapkan 7 Trik Hemat ini

Belum lagi, belanja di awal bulan juga memperbesar kemungkinan kita akan tergoda untuk beli
barang-barang yang sebenarnya nggak kita perlukan, seperti camilan berbungkus-bungkus, minuman ringan berkaleng-kaleng, dan mie instan segala rasa.

Nah, mulai sekarang lebih baik berbelanjalah saat memang kita perlu membeli barang-barang tersebut. Alokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan bulananmu dan perhatikan juga kuantitas kebutuhan tersebut supaya cukup untuk 1 bulan ke depan.

2. Jangan Malas Survei Harga di Tempat Makan



Kata siapa kalau hemat nggak boleh makan enak? Kamu tetap bisa, kok, makan enak dan mencoba kafe atau restoran terbaru di kotamu. Tapi dengan satu syarat: jangan malas untuk survei harga.

Kamu bisa survei dengan baca-baca blog orang atau tanya temanmu yang pernah ke sana. Selain bisa atur budget makanmu, kamu juga bisa tahu review orang-orang tentang tempat makan tersebut. Jadi nggak nyesel deh makan di sana. Makan enak, hemat, dan tetap update, dong.

3. Tentukan Hari untuk Ambil Uang Bulanan



Kalau kamu mengambil uang bulanan di ATM setiap kali diperlukan, yuk pelan-pelan ubah kebiasaan ini. Kenapa? Karena setiap harinya pasti kamu perlu untuk menggunakan uang bulanan tersebut — makan atau beli bensin pakai uang bulanan, ‘kan?.

Mengambil uang bulanan setiap akan makan atau beli bensin akan membuatmu boros karena penarikan uang yang tidak terkontrol. Nah, sebisa mungkin tentukan pada hari apa-apa saja kamu akan mengambil uang bulananmu. Pergunakan dengan baik uang tersebut sampai hari pengambilan berikutnya. Percaya, deh, ini akan buat kamu lebih hemat.

4. Cuci Baju Sendiri



Kedengarannya memang menghabiskan banyak waktu. Tapi, cuci baju sendiri adalah salah satu cara efektif untuk berhemat. Jika untuk laundry kamu menyediakan uang 100 ribu rupiah setiap bulannya, coba pikirkan jika uang itu kamu konversi jadi uang makan? Lumayan ‘kan untuk tambah-tambah budget makan di restoran terbaru?

Baca Juga : Putuskan Berhenti Kerja Jangan Khawatir Bunda Pintu Rezeki Ibu Rumah Tangga Ada di Tangan Anak

Selain itu, anggap saja mencuci baju sebagai olahraga untuk tanganmu.

5. Jalan Kaki ke Kampus



Tahu sendiri ‘kan harga bensin sekarang mahal? Belum lagi subsidinya yang (katanya) mau dikurangi. Kebayang harganya akan makin selangit.

Nah, jalan kaki ke kampus bisa jadi solusi untuk menghemat budget bensinmu. Nggak ada ruginya sama sekali, kok. Selain hemat dan sehat, kamu bisa sekalian ‘cuci mata’ deh sepanjang perjalanan.

6. Jangan Tergoda Diskon



Yang satu ini pasti susah. Diskon 10% saja rasanya nggak bisa untuk dilewatkan. Biarpun susah, kamu harus bisa tahan diri dari godaan diskon ini. Diskon akan membuatmu membeli barang yang sebagian besar mungkin nggak kamu butuhkan. Selain itu, kebanyakan barang yang dijual adalah model lama dan harganya sudah dinaikkan terlebih dulu sebelum dijual. Rugi ‘kan?

Daripada membeli barang diskon, lebih baik tabung saja uangmu dulu. Siapa tahu nantinya ada barang serupa dengan kualitas lebih baik dan harga lebih murah.

7. Manfaatkan WiFi Gratis atau Modem. Jangan ke Warnet!



Bersyukurlah kalau di kotamu ada tempat dengan fasilitas wi-fi gratis — selain kafe dan restoran pastinya. Tapi kalau nggak ada, biasanya warnet lah yang jadi tujuan akhirmu. Internetan di warnet itu mahal, lho. Setiap jamnya saja kita harus menyediakan paling sedikit 4 ribu rupiah. Padahal, seringnya kita menghabiskan waktu lebih dari 1 jam di warnet.

Baca Juga : Kesulitan Mengatur Gaji? 4 Tips Cermat Ini Akan Memudahkan Anda

Bandingkan jika kita menggunakan modem. Sekarang sudah banyak sekali paket kuota internet yang dijual dengan harga murah dan kuota yang nggak main-main banyaknya. Dengan 48 ribu rupiah, kita bisa mendapat kuota 8 GB, yang dalam kondisi wajar, akan habis dalam waktu 1 bulan.

Kita juga bisa membeli modem yang tidak dikhususkan untuk satu kartu tertentu, dan berganti kartu perdana alih-alih mengisi ulang pulsa. Kartu perdana akan lebih murah dan lebih banyak bonusnya dibandingkan kartu isi ulang biasa.

8. Nggak Perlu Malu Beli Barang Bekas



Malu kalau ketahuan beli barang bekas? Sudah bukan zamannya! Sekarang sudah banyak toko yang menjual barang bekas dengan kualitas dan perawatan yang sangat baik. Barang yang dijual pun macam-macam. Ada baju, sepatu, aksesoris, buku, tas, hingga perlengkapan kost seperti rak dan lemari. Pokoknya ini tempat yang tepat deh buat kamu cari barang kebutuhan dengan harga murah dan kualitas oke.

Nggak perlu malu lagi kalau beli barang bekas. Selama kualitasnya masih oke, seharusnya kamu bangga karena bisa menemukan barang dengan harga super murah.

9. Puasa



Baca Juga : Gaji Habis Dalam Satu Minggu? Berikut Ini Cara Cerdas Yang Dapat Digunakan Untuk Memaksimalkan Gaji

Berpuasa sudah jelas akan membantumu dalam berhemat karena mengurangi 1 jatah makanmu setiap harinya. Sudah hemat, dapat pahala pula. Tapi ingat: niatnya jangan hanya untuk
menghemat, ya. Tetapkan niat utama untuk berpuasa sunah atau mengganti puasamu di bulan Ramadhan. Soal menjadi hemat, itu keuntungan tambahan.

Rutinlah berpuasa setiap hari Senin dan Kamis. Itu sudah cukup membantu, kok.

10. Jadilah Lebih Produktif



Pernah sadar nggak kalau semakin banyak waktu luang yang kamu punya, kamu jadi semakin boros?  Ini karena biasanya kegiatan yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang tersebut membutuhkan banyak uang, seperti nonton di bioskop, makan, ke warnet, atau main game.

Coba deh memperbanyak kegiatan di luar kuliah. Kamu bisa ikut organisasi di kampus, ikut kepanitiaan acara, atau kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang ada di kotamu. Selain menghemat uangmu dari kegiatan yang boros, kamu juga bisa memperluas pengalaman dan lingkaran pertemananmu.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa kamu terapkan untuk jadi lebih hemat.
Top