Sebelum Kamu Menikah, Wajib Lakukan 5 Rangkaian Tes Kesehatan Ini

Komentar
Kesehatan Apa  Saja Yang Harus Diperiksa ..




Pemeriksaan kesehatan merupakan hal yang seharusnya dilakukan secara rutin. Meski begitu, saat ini kebanyakan orang melakukannya hanya ketika dibutuhkan seperti tes kesehatan sebelum masuk kerja atau tes yang dilakukan saat pranikah. Ya, tes kesehatan ternyata juga wajib dilakukan sebelum menikah (Pramital Check-up). Tes kesehatan ini wajib dijalani oleh setiap pasangan sebelum mengadakan pesta pernikahan maupun yang berencana untuk menikah. Mengapa begitu? Karena, dengan dilakukannya pemeriksaan ini sebelum pernikahan, maka Anda pun dapat mengenali seperti apakah kondisi kesehatan Anda dan pasangan. Sehingga, apabila ada riwayat kesehatan yang bermasalah bisa dilakukan pencehan sedini mungkin.

Baca Juga : Tips Hindari Ngemil di Tengah Malam dengan Cara Ini

Berikut beberapa tes kesehatan yang wajib diperiksa oleh para pasangan yang akan melangsungkan pernikahannya:

Kadar gula darah. Tes kesehatan yang sangat wajib untuk Anda periksa sebelum pernikahan adalah seberapa besar kandungan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini wajib dilakukan supaya mencegah tidak terjadi komplikasi kesehatan yang diakibatkan oleh diabetes pada masa kehamilan.

Darah. Selain kadar gula darah, pemeriksaan darah saat akan mengadakan pesta pernikahan sangat disarankan untuk Anda lakukan. Kenapa? Ya, ini bertujuan supaya Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan sebenarnya. Tidak hanya kesehatan, diperiksanya darah ini saat tes dapat dijadikan sarana untuk mengetahui apakah ada resiko melahirkan bayi yang mengidap thalassemia maupun hemophilia.

Urin. Pemeriksaan urin ini wajib pula dilakukan sebelum pernikahan, karena untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit sistematik atau metabolik sekaligus mendeteksi adakah gangguan ginjal.

Rhesus. Tes Rhesus perlu dilakukan agar menghindari supaya sel darah maupun organ pada bayi tidak rusak pada masa kehamilan. Sebab, pasangan yang memiliki rhesus yang berbeda, akan menghasilkan bayi dengan rhesus yang berbeda, sehingga hal ini cukup membahayakan kesehatan bayi yang masih dalam kandungan.

Hepatitis B. Dilakukannya pemeriksaan hepatitis B untuk mendeteksi bilamana Anda terkena infeksi penyakit hepatitis B. Apabila Anda dan pasangan terserang penyakit berbahaya ini, maka tidak menutup kematian akan sangat membahayakan kesehatan. Dan tidak terkecuali nantinya Anda akan melahirkan bayi yang mengalami kelainan seperti cacat dan beresiko kematian lantaran disebabkan oleh adanya penularan kongenital pada saat hamil.

Itulah beberapa tes kesehatan yang sangat diharuskan untuk Anda periksa sebelum berencana menikah dengan pasangan tercinta. Semoga informasi ini bermanfaat!
Top