Talenan Kayu Sering Ditumbuhi Jamur 5 Cara Ini Pasti Belum Pernah Di Lakukan



KALAU SUDAH DI TUMBUHI JAMUR MALAH MENJADI BIBIT PENYAKIT LOH BUNDA

Banyak penyakit yang akan ditimbulkan dari papan talenan yang kotor dari bekas memotong bahan masakan, seperti daging, ikan atau sayur manyur.

Jika hal ini terus di sepelekan akan menjadi penyebab tumbuhnya bakteri dan jamur di papan talenan.

lalu bagaimana cara yang ampuh membersihkannya?

Pori-pori talenan kayu bisa menjadi tempat persembunyian kuman. Talenan kayu harus benar-benar kering sebelum disimpan, karena jika lembab dan disimpan di ruangan yang tidak terlalu terang berpotensi ditumbuhi jamur.

Lebih aman memiliki setidaknya 2 talenan, satu untuk memotong daging, satu lagi untuk memotong sayuran.

Begini cara selengkapnya membersihkan talenan agar bebas bakteri, seperti yang dikutip dari ummi-online:

1. Cuka

Bau ikan dan daging akan tertinggal pada papan, menyebabkan bau amis. Tuangkan sedikit cuka di atas papan dan gosok menggunakan kain bersih, lalu bilas dengan air, letakkan di tempat kering dan berventilasi.

2. Air matang

Sebenarnya air keran yang kita gunakan untuk mencuci papan masih mengandung bakteri. Setelah dicuci, bilas dengan air yang sudah dimasak mendidih, lalu dikeringkan di tempat yang kering.

3. Garam

Taburkan sedikit garam di atas papan, letakkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air. Garam selain membunuh sebagian besar bakteri juga menjaga kebersihan talenan.

4. Jahe

Potong sepotong kecil jahe, bilas papan setelah digunakan, lalu gosok papan dengan potongan jahe tadi, bilas dengan air lalu gosok lagi. Ulangi beberapa kali sampai bersih dan bebas bau.

5. Sinar matahari

Letakkan talenan di bawah paparan sinar matahari. Sinar UV matahari tidak hanya bisa membunuh sebagian besar bakteri, tapi juga bisa menyingkirkan sebagian besar air yang terserap di talenan, jadi papan akan bersih dan kering.

Semoga bermanfaat.
Top