Supaya Dimakan Menjadi Berkah, Begini Adab dan Doa Mencuci Beras, Para Ibu Wajib Tahu!

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 17 Oct 2017

Supaya Dimakan Menjadi Berkah, Begini Adab dan Doa Mencuci Beras, Para Ibu Wajib Tahu!


Ternyata Mencuci Beras pun ada Adab dan Doanya, ini Penting!

Salah satu makanan pokok warga Indonesia adalah nasi. Sebagai makanan pokok, nasi dapat dengan mudah ditemui di berbagai warung makan lesehan hingga restoran ternama. Namun tahukah anda bahwa sebelum jadi nasi, mencuci beras ini ada adab dan doa khusus, simak penjelaasan ini..

Di Indonesia terdapat beberapa jenis nasi, mulai dari nasi putih, nasi merah hingga nasi hitam. Namun demikian, nasi putihlah yang paling banyak dikonsumsi. Hal ini tidak luput dari harga yang ditawarkan oleh pasar yang memang dibanderol lebih murah dibandingkan dua jenis nasi lainnya.

Selain harga yang dapat dijangkau masyarakat luas, sebagai makanan pokok tentunya nasi menawarkan kandungan gizi yang mencukupi, mulai dari sumber karbohidrat yang dikenal sebagai sumber energi hingga protein dan mineral. Selain itu nasi juga memiliki kandungan gizi vitamin B1 atau yang dikenal dengan nama thiamin.

Vitamin B berperan meningkatkan fungsi kognitif. Baik dimasak secara tradisional menggunakan tungku ataupun dimasak secara lebih modern dengan memanfaatkan teknologi rice cooker, ada sebuah “ritual” yang sama-sama dilakukan yaitu mencuci nasi. Proses pencucuian nasi ini tentu saja bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang terdapat di dalam beras.

BACA JUGA : Tubuhku di Aliri Darah Hasil Donor Orang Non Muslim, Bagaimana Hukumnya?

Namun tahukan Anda bahwa mencuci berulang kali dengan cara menggosok beras bahkan hingga air dapat mengurangi kadar gizi, utamanya pada kandungan vitamin B1-nya? Satu fakta yang perlu diketahui, ternyata vitamin B1 merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Pada butiran beras, kandungan vitamin B1 ternyata utamanya ada pada permukaan beras. Sehingga menggosok-gosok butiran beras merupakan tatacara yang kurang benar saat mencuci beras.

Jadi mencucui beras hendaknya hanya dilakukan untuk membuang kotoran ataupun debu yang ada ataupun menempel pada beras saja, sehingga tidak ikut dimasak. Meski terkesan sepele, namun hal ini merupakan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh semua orang bukan? Apalagi yang memegang teguh kalau belum makan nasi rasanya belum kenyang. Semoga bermanfaat!

Berikut doa adab mencuci beras dalam kehidupan sehari-hari sebelum kita memasak agar apa yang kita makan mendapatkan berkah.

1. Menggunakan tangan kanan untuk membasuh beras.
2. Aduk dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam (sama seperti arah tawaf)
3. Membaca :
ليس لها من دون الله كاشفة
 “Laisa lahaa min duunillahi kaasyifah (Tidak ada penyembuh selain dari Alloh)
4. Boleh juga baca “Yaa Lathiif ” (3x)
5. Ulang basuhan sebanyak 3x sehingga bersih.
6. Sholawat.
7. Niatkan dalam hati supaya dilembutkan hati diri sendiri, pasangan dan anak-anak.

*Masaklah makanan anda dengan berzikir, insyaa Alloh akan membawa berkah bagi yg makan.*

Wallahu a’lam
SHARE ARTIKEL