Sering-Seringlah Lakukan 4 Hal Terbuka ini Pada Keluarga. Insya Allah Perceraian Akan Menjauh

Komentar


Saat sudah menikah kehidupan tidak berjalan mulus, harmonis dan tidak terjalin hubungan menurut islam yaitu "SAMAWA". Hal ini dikarenakan kurangnya keterbukaan antara suami istri. Apa maksud "Keterbukaan" itu? Keterbukaan itu maksudnya selalu terbuka kepada suami istri ketika ada masalah atau hal lainnya. Sehingga kehidupan keluarga bisa nyaman dan bisa terwujud kehidupan yang "SAMAWA" (Sakinah, Mawadah, dan Warahmah).

Dan bisa terjauh dari yang namanya "perceraian". Untuk itu selalulah terbuka dengan suami istri. 

JANGAN BINGUNG, TENTANG APA SAJA YANG HARUS TERBUKA...

Mengutip islamidia, ada 4 hal yang harus terbuka dalam sebuah rumah tangga:

1. Terbuka latar belakang keluarga kita

2. Terbuka hal-hal yang kita sukai dan yang kita benci

3. Terbuka tentang Keuangan

4. Terbuka semua permasalahan yang sedang dihadapi

untuk lebih lanjutnya lagi simak pembahasan yang lebih mendalamnya ini:

Baca Juga : Istri Kurang Bersyukur Atau Suami Yang Kurang Sadar Kewajiban ? Gara-gara Uang Rumah Tangga Berakhir Perceraian

1. Tebuka Latar Belakang Keluarga Kita

Tidak sedikit suasana tentram keluarga terganggu akibat pasangan kita merasa dibohongi tentang kondisi keluarga kita. Keluarga disini adalah keluarga besar yang mencakup ayah,ibu, adik atau kakak kita.

Ada banyak pertanyaan yang terkadang menjadi awal sebuah pertengkaran ketika pasangan kita merasa kaget mengetahui kondisi keluarga pasanganya setelah menikah dan itu berasal dari orang lain. Terbukalah, jangan ditutup-tutupi kondisi keluarga kita.

Misal: jika ayah dan ibu kita bercerai, ceritakan saja kondisi sebenarnya, tanpa harus berbohong.

2. Terbuka Hal-hal yang Kita Sukai dan yang Kita Benci

Sesuatu yang sangat berpotensi menimbulkan keributan dalam sebuah rumah tangga adalah soal hoby maunpun sesuatu yang dibenci.

Bisa jadi hal yang kita sukai merupakan hal yang dibenci oleh pasangan kita atau sebaliknya. Alangkah baiknya mengkomunikasikan sejak awal penikahan. Atau bisa disampaikan ketika proses Ta’aruf. Setelah menyampaikanya, barulah kemudian mencari solusinya.

Baca Juga : Suami Kucampakkan Demi Pria Lain, Tak Kusangka, Pria Itu Malah Melakukan Hal Ini

Misal: seorang suami kalau tidur biasa lampu terang, sedangkan istri kalau tidur biasa lampu mati. Hal yang sangat sepele ini bila tidak dibahas solusi kongkritnya akan berbuntut panjang menjadi potensi konflik dalam rumah tangga.

3. Terbuka Tentang Keuangan

Untuk masalah Keuangan, saya selalu menegaskan bahwa sejak akad nikah diucapkan maka sudah tidak ada lagi yang namanya rahasia tentang keuangan diantara pasangan. Pastikan kita mengetahui harta atau uang yang dimiliki pasangan kita dan mengetahui pos-pos pengeluaran apa saja yang dikeluarkan.

Hal yang saya lakukan sejak menikah adalah saling mengetahui nomor PIN rekening pasangan, baik itu ATM ataupun internet banking. Dari sini pasangan bisa mengecek kondisi keuangan pasanganya dengan melihat saldo rekening pasangan kita.

Bila ada pengeluaran yang dirasa janggal, komunikasikanlah dengan pasangan kita dan tanpa ragu untuk menjelaskanya.

Baca Juga : Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasannya

Salah satu sumber konflik rumah tangga biasanya sang suami mengirimkan uang kepada orang tuanya tanpa sepengetahuan istri atau sebaliknya.

4. Terbuka Semua Permasalahan yang Sedang Dihadapi

Menikah itu indah dan penuh bunga, itulah yang dirasakan oleh pasangan yang baru saja menikah. Namun lambat laun pasti akan dijumpai beragam permasalahan, permasalah dalam sebuah rumah tangga adalah sebuah keniscayaan.

Permsalahan akan menjadi masalah besar apabila dirahasiakan, maka terbukalah dengan pasangan kita sekecil apapun permasalahan yang dihadapi.

Komunikasikanlah dan pastikan bahwa pasangan kita adalah orang pertama yang menjadi tempat curahan hati kita dan mintalah solusinya. Jangan sampai ada masalah, pasangan kita tidak tau dan ketika pasangan tau berasal dari orang lain.

Semoga info ini bisa bermanfaat buat anda. Dan jagalah keluarga anda dan jangan sampai terjadi perceraian. untuk itu terapkan hal-hal ini..
Top