Sering Disepelekan, Ternyata Kalau Terlalu Sering Cabut Bulu Hidung Bisa Berakibat Fatal Lho



JANGAN LAKUKAN KALAU TAK INGIN KESEHATANMU RUSAK....

Kita sering dibuat tak nyaman saat di hidung kita terdapat bulu hidung yang panjang. Dan banyak cara dilakukan untuk mencabutnya. Tapi jangan salah kalau ada dambak buruk saat mencabut bulu hidung. Niatnya mau merapikan hidung supaya bebas dari bulu hidung, malah berakibat fatal.  Meskipun itu adalah suatu yang sering banyak disepelekan orang.

Masak mencabut bulu hidung itu bisa berakibat fatal?

Mengutip detikhealth,dikatakan dokter spesialis Tenggorokan Hidung Telinga (THT), dr. Rini Febrianti, Sp.THT-KL, dampak terburuk dari mencabut bulu hidung adalah infeksi sampai menjadi abses.

"Tindakan mencabut bulu hidung, khususnya yang sampai membuat akar terbuka, itu bisa memicu infeksi. Paling berat itu sampai abses dengan keluhan hidung sudah bernanah. Kalau sudah sampai demikian, bisa perlu tindakan operasi," tuturnya.

Baca Juga : Terkesan Nyeleneh Tren Kecantikan Ekstensi Bulu Hidung, Berani Coba?

Dokter yang berpraktik di Kota Banjar ini, kepada DetikHealth baru-baru ini memang tidak banyak menemukan pasien dengan kasus paling parah tersebut. Tapi, ia mengingatkan agar hati-hati dalam merapikan bulu hidung.

"Kalau bulu hidung terlalu panjang sampai keluar, lebih baik digunting sebatas muara lubang hidung. Kalau waxing sampai mulus enggak dianjurkan ya, karena bulu hidung punya fungsi yang penting," pesannya.

Adapun fungsi bulu hidung yang dimaksud adalah untuk menyaring kotoran dari udara yang dihirup. Selain itu juga melembabkan rongga hidung agar tidak teriritasi.


Top