Rutin Pakai Krim Malam Tapi Nggak Ngefek? Mungkin Belum Lakukan 5 Cara Ini

Komentar
Percuma anda rutin memakai krim malam tapi masih melewatkan aturan-aturan di bawah ini 



Perawatan kulit di malam hari penting untuk dilakukan, terutama saat kita tidur. Sepanjang malam, tubuh nggak mendapatkan asupan air yang cukup lama. Hal ini membuat sel kulit menjadi kering dan mengerut. Belum lagi jika kamu menggunakan AC ataupun kipas angin sepanjang tidurmu. Selain itu, malam hari adalah waktu di mana tubuh melakukan regenerasi, termasuk kulit wajah. Jika kulit terlalu kering, maka proses regenerasi kulit bisa terhambat.

Di sinilah peran krim malam dibutuhkan untuk menutrisi dan menjaga kulit wajah tetap lembap. Krim malam mengandung nutrisi dan antioksidan yang lebih tinggi ketimbang krim siang hari. Penggunaan krim malam saat kulit sedang beristirahat di malam hari akan memudahkan krim meresap ke dalam kulit. Namun, kamu nggak bisa asal memakai krim malamnya saja, kamu juga perlu memerhatikan hal-hal di bawah ini agar kerja krim malam lebih maksimal.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Beli, Demi Keamanan Pahami dulu Maksud Kode Angka Pada Kemasan Susu ini

1. Pilihlah krim malam sesuai dengan jenis kulit dan mengandung bahan bahan alami agar terhindar dari risiko efek samping yang berbahaya



Sebelum melakukan perawatan wajah, alangkah baiknya kamu pintar memilih produk krim malam yang sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya, buatmu yang memiliki jenis kulit kering, gunakan krim malam yang mampu memberikan kelembaban ekstra dan mengandung antioksidan seperti susu, alpukat, dan minyak almond. Krim bebas minyak atau oil free cocok buatmu yang kulitnya cenderung berminyak. Gunakan produk krim malam yang berbahan dasar air agar nggak memicu timbulnya jerawat. Sedangkan buatmu yang kulitnya sensitif, pilih krim malam yang mengandung formula ringan dan menghindari krim beraroma berat atau beralkohol yang bisa menyebabkan gatal atau kemerahan. Pilih yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti timun, dauh teh, atau lidah buaya. Untuk mencobanya, gunakan krim malam pada punggung tangan dan lihatlah reaksinya.

2. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah yang tepat juga



Satu hal yang wajib harus kamu lakukan sebelum menggunakan krim malam dan pergi tidur adalah membersihkan sisa-sisa make-up maupun kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Lakukan juga eksfoliasi alias pengelupasan kulit setiap seminggu sekali untuk mengangkat semua sisa kotoran dan sel-sel mati yang membandel. Kemudian cuci wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Setelahnya, basuh dengan air hangat agar kulit wajah lebih relaks dan memudahkan krim malam terserap lebih optimal.

Baca Juga : Tak Perlu Repot Beli Obat Mahal, Karena Bekas Lukamu Akan Hilang Seketika dengan Bahan Alami ini

3. Oleskan krim malam secara merata pada wajah dan leher terutama pada area yang bermasalah seperti jerawat, warna kulit nggak merata, garis-garis halus, keriput atau kantung mata



Oleskan krim malam tipis-tipis secara merata ke seluruh wajah dan leher (kecuali kelopak mata, sudut hidung dan sudut bibir. Agar lebih steril dan untuk menjaga kualitasnya, ambil krim malam dari pot menggunakan cotton bud, letakkan pada kening, hidung, dagu, pipi kanan dan kiri, kemudian oleskan merata dengan satu jari tangan pada masing-masing area wajah, pelan-pelan dan sedikit di tekan-tekan. Fokuskan untuk memijat di bagian-bagian wajah yang bermasalah, ya. Setelahnya, tunggu hingga 15-30 menit sebelum tidur untuk memastikan krim malam benar-benar meresap pada kulit dan nggak menempel pada bantal.

4. Mematikan lampu apapun saat tidur untuk memaksimalkan pelepasan hormon melatonin yang meregenerasi kulit wajah



Tidur pada malam hari dalam kamar yang gelap sangat bermanfaat untuk kulit. Tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin saat nggak ada cahaya. Hormon melatonin merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh yang juga bertanggung jawab untuk proses perbaikan sel-sel yang rusak. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti dan merangsang otak untuk bekerja. Efeknya, kamu akan terbangun dalam keadaan lelah.

Matikan semua lampu kamar pada saat tidur, bahkan lampu dari televisi ataupun gadget yang bisa mengganggu kerja hormon melatonin.

5. Pastikan kamu mendapatkan cukup tidur agar regenerasi kulit bisa bekerja lebih optimal dalam memelihara kesehatannya



Tidur yang cukup sangat memengaruhi kesehatan kulit. Percuma saja jika kamu rutin menggunakan krim malam setiap hari sementara tidurmu baru dimulai selepas pukul satu dini hari. Tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk beregenerasi, melepaskan racun, membuang sisa-sisa zat yang nggak dibutuhkan, termasuk juga mengelupas sel-sel kulit mati.

Baca Juga : 5 Cara Paling Mudah, Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Secara Alami

Usahakan tidur cukup setiap malam setidaknya 7 hingga 8 jam dalam keadaan tidur lelap. Memulai tidur pukul 10 sangat dianjurkan karena proses regenerasi dimulai pada jam tersebut.

Jika kamu sudah rutin memakai krim malam tapi masih melewatkan aturan-aturan di atas, maka usaha yang selama ini kamu lakukan akan jadi sia-sia semata. Yuk, mulai sekarang terapkan pola hidup (termasuk perawatan wajah) yang tepat demi mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat!
Top