Pernah Merasa Bak Cuci Piring Berbau Meski Sudah Di Cuci Bersih ? Ini Solusinya Praktik Dan Mudah



BAU TAK SEDAP, SISA MAKANAN DI BAK CUCI PIRING YANG MENEMPEL PASTI MENGANGGU

Sudah pernah mencoba solusi ini untuk menghilangkan bau tak sedap di bak cuci piring, atau noda bekas makanan yang berminyak suka menempel dan bikin jijik.

Simak tipsnya seperti ini untuk masalah di dapur


Aroma tak sedap menyeruak dari saluran air di bak cuci piring. Membongkar untuk membersihkannya sangat tidak praktis.

Tapi ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut sekaligus membersihkannya.

Kondisi bak cuci piring yang kotor dan lembap dalam waktu yang lama membuatnya menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman.

Anda juga harus tahu bagaimana caranya untuk menjaga bak cuci piring dari bau tidak sedap. Simak triknya!

1.Alirkan Air Di Saluran Pembuangan

Tutup dulu saringan air. Lalu penuhi bak cuci piring dengan air. Bisa air yang berasal dari kran atau air panas. Tambahkan sabun pencuci piring atau perasan jeruk lemon dalam air. Setelah bak penuh, buka penutup biarkan air mengalir deras di saluran. Biasanya bau akan langsung hilang.

2. Cuci Dengan Sabun

Bersihkan dengan sabun. Selesai mencuci piring, jangan biarkan bak cuci begitu saja tanpa dibersihkan. Pasalnya, bekas sisa makanan dan sisa busa sabun akan menempel ke dinding bak cuci. Oleh sebab itu, bersihkan dengan sabun secara merata lalu tambahkan desinfektan agar bakteri penyebab bau tidak menempel lagi.

3. Cuci dalam Keadaan Kering

Pastikan Anda mencuci bak cuci piring dalam keadaan kering, setelah digunakan. Kelembapan yang dihasilkan oleh mineral secara terus menerus, dapat menyebabkan aroma tak sedap dan berkembangnya jamur.

4. Gunakan Saringan pada Saluran Air

Saringan berfungsi untuk menampung kotoran sebelum mengalir di saluran air. Selain itu saringan juga dapat membantu mencegah saluran air tersumbat dan mengurangi pembusukan kotoran pada pipa.

5. Buang Kotoran yang Ada di Saringan

Jangan biarkan kotoran menumpuk di saringan. Selain menjadi tempat tumbuhnya kuman, juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap.

6. Bila Air Menggenang, Periksa Pipa Bagian Bawah

Periksa pipa bagian bawah yang berbentuk leher angsa jika air menggenang di kitchen sink untuk antisipasi awal penyumbatan pipa. Jika pipa tersumbat terus menerus akan mengakibatkan kerusakan yang menjalar ke bagian-bagian lain. Untuk mengatasi sumbatan, gunakan cairan pembersih sumbatan.

7. Bersihkan Keran 

Tak kalah penting, bersihkan dan keringkan juga keran di bak pencuci piring. Lantaran sering bersentuhan dengan tangan, membuat keran rentan tercemar kuman dan bakteri. Bahkan, keran di dapur adalah salah satu benda yang paling kotor di rumah.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau tidak sedap pada bak cuci piring. Semoga membantu
Top