Pernah Menyangka Kenapa Kipas Angin Ini Buat Cuma Punya 3 Baling-baling, Ternyata Untuk Ini



SERING MENGGUNAKAN KIPAS ANGIN UNTUK MENYEJUKAN UDARA NAMUN TIDAK PERNAH MENYADARI UNTUK APA 3 BALING-BALING

Meski kesannya sepele, ternyata ada penjelasan logis tentang hal ini. 


Untuk negara tropis macam Indonesia, cuaca yang panas dan gerah tentu sudah menjadi makanan sehari-hari. Untuk itu, produk penyejuk ruangan selalu laris-manis dicari orang.

Kalaupun membeli AC dirasa terlalu memakan biaya, maka kipas angin bisa menjadi solusinya. Berkat alat inilah kita pun bisa terbebas dari rasa gerah setelah seharian bergelut dengan terik matahari.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa kipas angin yang dijual di pasaran selalu menggunakan tiga buah baling-baling saja? Kenapa tidak empat atau lima? Siapa tahu angin segar yang kita peroleh bisa lebih menyejukkan jika dibandingkan dengan tiga baling-baling, kan? Meski kesannya sepele, ternyata ada penjelasan logis tentang hal ini seperti yang dikutip dari inovasee.com.

Tiga baling-baling paling ideal


Secara ilmiah, menggunakan tiga buah baling-baling pada sebuah kipas angin adalah pilihan yang paling tepat dan ideal. Andaikan sebuah kipas angin diberi empat atau bahkan lebih baling-baling, maka daya yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi.

Padahal, tingkat kesejukan dari angin yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan memakai tiga baling-baling.

BACA JUGA Begini Tipsnya Membersihkan Kamar Mandi Seperti Baru Lagi Tanpa Gunakan Sabun



Kalau menambah baling-baling juga meningkatkan dayanya, apakah berarti kalau kita kurangi baling-balingnya maka daya juga turut berkurang? Ternyata tidak, karena kipas angin dua baling-baling selain kurang hemat, juga lebih beresiko.

Jika dipaksakan memakai dua baling-baling, maka untuk bisa mendapatkan hasil semaksimal tiga baling-baling, ukuran baling-baling jadi harus diperbesar.

Bisa saja ukuran baling-balingnya tidak diperbesar, tapi kecepatan kipas berputar perlu dinaikkan hingga 22,5 persen. Efeknya, suara kipas akan jadi lebih berisik dan kipas pun akan bekerja lebih keras.

Hasil terbaik dan paling efisien memang hanya bisa didapatkan melalui tiga buah baling-baling. Selain bisa menghasilkan angin paling optimal, daya yang dikeluarkan pun lebih irit.
Top