Percuma Saja Anda Diet Jika Tidak Tahu Kalau Ini Ciri Wanita Yang Mudah Gemuk



Beberapa orang terlahir secara genetis dengan metabolisme yang cepat, sehingga mereka cenderung langsing meski banyak makan. Beberapa lainnya terlahir dengan metabolisme lambat yang membuat mereka mudah gemuk meski makan tak seberapa.

Yang menjadi pembahasan adalah bagi Anda yang masuk dalam kategori kedua.

Syukurnya, kenaikan berat badan tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada kebiasaan dan faktor tertentu yang bertambah seiring waktu, sehingga menghasilkan tambahan lingkar pinggang dan lebar badan.

Berikut adalah faktor yang menunjukkan Anda rentan gemuk, dilansir dari inspirasidata
.
1. Malas gerak atau mager

Apakah Anda termasuk salah satu dari kelompok yang malas gerak atau mager? Selamat, Anda berarti masuk ke dalam kategori orang yang mudah gemuk. Jika Anda seorang mahasiswa atau pekerja, usahakan bergerak minimal sekali dalam satu jam. Jangan melulu berada di belakang laptop atau meja kerja sepanjang waktu tanpa melakukan apapun.

2. Gaya hidup

Makanan dengan jumlah kalori berlebihan berkontribusi pada penambahan berat badan.

Apakah Anda bisa mengalami kenaikan berat badan 1,1 kilogram (kg) dalam tiga bulan pertama? Ditambah lagi Anda suka tidur, makan makanan cepat saji, minum cola, dan suka berpesta. Anda juga masuk dalam kategori orang yang mudah gemuk.

3. Mudah dehidrasi

Air adalah teman utama orang-orang sehat, termasuk orang-orang yang rentan gemuk. Mereka yang mempunyai risiko ini selalu merasa kehausan. Mereka mudah dehidrasi. Sayangnya, orang yang rentan gemuk menghilangkan dehidrasinya dengan minum es teh manis, es kopi, jus instan, soda, dan minuman bergula tinggi lainnya. Ini justru meningkatkan level kalori yang pada akhirnya membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan signifikan.

4. “Peminum”

Alkohol, seperti bir, koktail, dan minuman pesta lain ternyata membuat seseorang mudah gemuk. Ini membuat tubuh mengumpulkan lebih banyak lemak. Lima ons anggur merah atau wine misalnya mengandung 125 kalori.

5. Jarang makan

Ahli diet sering mengingatkan pasiennya bahwa jarang makan justru tidak baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan. Mereka seharusnya menjaga pola makan dengan menu seimbang untuk mengendalikan kenaikan berat badan. Mengapa? Orang yang sering menahan diri untuk tidak makan pada waktunya akan makan berlebihan suatu waktu. Ini justru memberi masalah pada pemeliharaan berat badan di waktu berikutnya.

Makan teratur membuat gula darah stabil. Ini adalah kunci menjaga berat badan sehat. Karena itu, usahakan makan teratur setiap hari supaya metabolisme tubuh Anda normal dan efisien.

6. Keturunan

Terkadang bukan gaya hidup yang menyebabkan seseorang mudah gemuk, melainkan faktor genetis alias keturunan. Jika keluarga Anda cenderung gemuk, Anda tak bisa mengabaikan fakta bahwa Anda mungkin juga akan mewarisi kebiasaan makan orang tua Anda.
Top