Pada Trimester Akhir Kehamilan, Inilah yang Akan Terjadi Pada Janin


SAAT-SAAT AKHIR KEHAMILAN, janin akan mengalami beberapa perkembangan ini

Pada trimester akhir kehamilan, perut ibu semakin membuncit. Punggung pun terasa lebih nyeri dan berat. Kontraksi juga mulai bermunculan, terutama ketika memasuki usia kandungan 36 minggu.

Baca juga : Gadis Cilik ini Terkena Usus Buntu, Tak Disangka Gara-Gara Gemar Konsumsi Jajanan yang Lagi Hits ini

Rasa tidak nyaman di akhir kehamilan ini rasanya ingin segera diakhiri. Menunggu hingga kontraksi muncul dan bukaan terjadi memang pilihan tepat. Bukan dengan memaksa bayi keluar. Hal itu karena di masa akhir kehamilan bayi mengalami banyak perkembangan.

PERKEMBANGAN YANG DIALAMI BAYI SAAT AKHIR KEHAMILAN

Otaknya semakin membesar

Otak bayi akan membesar sebanyak dua kali lipat ketika kehamilan berusia 35 hingga 39 minggu. Di masa akhir kehamilan, formasi otak akan terhubung melalui sistem saraf dan ini sangat menentukan perkembangan kognitifnya kelak.

Paru-paru berkembang jadi lebih baik 

Perkembangan paru-paru biasanya sudah sempurna ketika usia janin 37 minggu. Bahkan beberapa penelitian menunjukan paru-paru masih terus berkembang selama persalinan terjadi dan setelahnya.

Kondisi liver/hati semakin matang

Seperti paru-paru dan otak, hati berkembang hingga usia janin 39 minggu. Fungsi utama hati adalah menyaring bilirubin (pigmen dari sel darah merah) dari aliran darah bayi. Bayi yang lahir
sebelum 38 minggu lebih berisiko mengalami jaundice/ kuning karena kerja ginjalnya belum maksimal dalam memproses bilirubin.

Baca juga :Wajah Gadis 11 Tahun ini Sangat Menyedihkan Setelah Neneknya Tega Celupkan Wajahnya ke Minyak Panas

Perubahan pada Ibu

Selain perubahan yang terjadi pada janin, ternyata banyak juga perubahan yang akan terjadi pada Moms sendiri di usia kehamilan 34 minggu ini. Sudah dipastikan hampir semua ibu hamil akan merasa adanya peningkatan frekuensi buang air kecil dan juga akan merasa sangat tidak nyaman di bagian ulu hati.

Moms juga biasanya akan merasakan tekanan di bagian panggul Moms dan juga bagian pinggang. Dalam hal ini Moms jangan khawatir karena ini merupakan perubahan yang normal. Selain itu juga jangan kaget karena banyak calon ibu yang akan merasakan adanya bengkak di bagian tungkai dan juga mata kaki, hal tersebut karena meningkatnya tekanan darah dan beratnya beban yang diterima panggul Moms.

Moms harus lebih sering berkonsultasi ke dokter atau bidan, jika selama ini dilakukan sebulan sekali, maka pada usia kehamilan ini sebaiknya Moms melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan setidaknya 1 sampai 2 Minggu sekali
Top