Pabrik Petasan di Tangerang Terbakar, Puluhan Karyawan Tewas Mengenaskan

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 26 Oct 2017
Pabrik Petasan di Tangerang Terbakar, Puluhan Karyawan Tewas Mengenaskan

Kronologi Kebakaran Pabrik Kembang Api Tangerang
Desa Belimbing, RT20/10, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (26/10) pagi dihebohkan oleh peristiwa kebakaran di sebuah pabrik kembang api Jalan Raya SMPN 1. 

Sebanyak 23 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam kebakaran tersebut.

Korban luka sudah dibawa petugas ke RSIA BUN Tangerang. Tercatat ada sekitar 45 pasien yang menjalani perawatan.

Tujuh di antaranya dirujuk ke rumah sakit lain karena mengalami luka bakar lebih dari 50 persen.

Seorang petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kabupaten Tangerang, Muhammad Suhermanto menuturkan kebakaran di pabrik kembang api itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kebakaran diduga dipicu oleh hubungan arus pendek listrik dalam pabrik tersebut.

40 Korban Kebakaran Pabrik Kembang Api Dibawa ke RS BUN

BACA JUGA : Video: Tak Mampu Selamatkan Diri, Puluhan Karyawati Pabrik Petasan di Tangerang Terlahap Api Hingga Seperti in

"Ada ledakan besar dalam peristiwa itu. Dugaan kami ledakan dipicu oleh api yang mengenai bahan-bahan kimia di dalam pabrik. Ledakan besar itu disusul oleh ledakan kecil lainnya," kata Suhermanto dikutip dari CNNIndonesia.

Kabar kebakaran itu diterima petugas Damkar PB Kabupaten Tangerang tak lama setelah kejadian. Suhermanto mengatakan pihaknya mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan si jago merah.

Meski cukup besar, namun kebakaran di pabrik kembang api itu bisa dipadamkan dalam waktu relatif cepat. Suherman mengatakan, faktor lokasi yang mudah dijangkau membuat proses pemadaman tidak mengalami hambatan berarti.

Menjelang tengah hari petugas telah berhasil memadamkan api. "Setelah itu kami lakukan evakuasi dan dari data sementara, kami mendapatkan 26 korban tewas dan 30 orang luka-luka," ujar Suherman.

SHARE ARTIKEL