Mata Kamu Jadi Rusak Karena Sering Main Ponsel, Lakukan 4 Tips Ampuh ini Untuk Mengatasinya

Komentar


A :"Nak jangan sering main ponsel, ingat kesehatanmu itu"

B :"Iya bun, bentar lagi selesai kok."

A :"Yaudah kalau begitu, ibu cuma ngingetin saja."

Memang ponsel itu sendiri sekarang tak terlepas dari genggaman orang-orang jaman now.  Terutama para remaja. Karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan ponsel. Terutama ponsel pintar. Tapi sayang, masih banyak orang yang tak tau dari bahaya bagi kesehatan karena akibat penggunaan ponsel. Kesehatan yang terancam biasanya adalah "MATA". 

Mengutip winnetnews, Jika anda tidak ingin sampai mengalami gangguan penglihatan hanya gara-gara terlalu sering memakai ponsel, ada baiknya anda menerapkan tips sehat berikut ini.

Mengatur pencahayaan layar ponsel

Dengan mengatur pencahayaan yang baik pada layar ponsel, maka kita bisa menjaga kesehatan mata. Jangan mengatur tingkat kecerahan layar dengan berlebihan karena bisa memicu tekanan berlebihan pada mata saat menatap ponsel.

Baca Juga : Benarkah Smartphone Merusak Otak Anak? Ini Penjelasanya!

Posisikan layar ponsel agar tidak memantulkan cahaya sehingga kita bisa tetap melihatnya meskipun tingkat kecerahannya rendah. Selain itu, pastikan untuk memakai penerangan yang cukup di dalam ruangan saat menggunakan ponsel di malam hari dan tidak menggunakannya di ruangan yang gelap.

Mengatur waktu istirahat

Pakar kesehatan menyarankan metode 20-20-20 saat menggunakan ponsel, yakni mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau gadget lainnya selama 20 detik setelah memakainya selama 20 menit. Kita bisa mengalihkan pandangan dari layar ponsel dan menatap benda yang berjarak 20 kaki atau lebih dari 6 meter dari posisi kita.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengistirahatkan mata adalah dengan kerap berkedip agar mata tetap lembab dan tidak mudah kering.

Memperbesar ukuran teks

Baca Juga : Karena Seharian Main Hp, Gadis ini Harus Rela Kehilangan Penglihatannya. Jangan Sampai Ditiru

Tak usah malu dianggap seperti orang tua karena memperbesar ukuran teks layar ponsel. Kita melakukannya agar lebih mudah membaca berbagai pesan dan membuat beban mata dalam membaca tulisan pada layar ponsel berkurang. Hal ini bisa mencegah masalah penurunan penglihatan.

Menyesuaikan sudut layar

Posisikan layar sejauh 4-6 inchi dari mata kita agar paparan layar ponsel ini tidak terlalu menyilaukan bagi mata kita.

Dengan menerapkan tips penggunaan ponsel tersebut, mata kita pun akan terjaga kesehatannya. Hanya saja, akan jauh lebih baik jika kita tidak menggunakannya dengan berlebihan.
Top