Manusia Sering Menyadari dan Akui 3 Hal ini, Tetapi Juga Selalu Dilanggarnya

Komentar
 

Hal yang selalu disadari tapi juga dilanggar
 Memang hal ini manusia sangat menyadarinya, sudah taukah kamu apa hal itu? ini sangat tidak asing lagi maka dari itu sudah dikatakan bahwa manusia sering menyadarinya, tapi entah kenapa selalu dilanggar.

 Baca juga : Kisah Nyata, Pria Kaya ini Bangkrut Perlahan Karena Riba, Sampai Melarat

Sebagaimana dikutip dari islamidia, Ma’ruf Al-Karhi pernah berkata bahwa manusia itu seringkali mengakui tiga hal, tetapi sesering itu pula mereka menyalahinya. Pertama, Mereka mengaku sebagai hamba Allah, tetapi kelakukannya sangat tercela.

Ini merupakan hal pertama yang sering diakui oleh manusia, betapa mudahnya kita sebagai manusia mengakui bahwa diri kita adalah hamba Allah yang shaleh, namun perilaku kita sama sekali tidak mencerminkan hamba Allah yang shaleh.

Rupanya begitu mudah kita mengakui bahwa diri kita seorang ksatria (orang shaleh), dan begitu sulit mengakui bahwa sebenarnya diri kita adalah seorang penjahat (pendosa)

Kedua, Mereka mengakui secara sadar bahwa Allah lah yang mencukupi kehidupannya, tetapi perhatian dan hati mereka terborgol dengan keduniawian.

Pengakuan kedua ini adalah pengakuan dari seorang yang dilihat dari luarnya seakan-akan ia tawakkal, namun dihatinya dihampiri kecemasan sehingga ia berambisi untuk memperbanyak harta.

Baca juga : Niat Kita Beramal Baik, Namun Hal itu Tidak Pernah Dicontohkan Rasulullah, Bagaimana ?

Golongan semacam inilah yang diingatkan oleh Allah dalam surat At-Takatsuur: “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu” (QS. at-Takatsuur : 1)

Ketiga, mereka mengakui  (sadar) dirinya suatu saat akan mati, tetapi mereka bekerja seolah-olah akan hidup selamanya. Pengakuan ketiga ini rupanya pengakuan yang sering kita temui dikalangan kita.

Betapa banyak ayat-ayat yang menjelaskan perihal kematian yang mengingatkan manusia, bahkan bukan hanya peringatan dari  ayat Al-Qur’an saja.

Melainkan manusia sendiri sudah menyaksikan kematian itu datang kepada selainnya, entah itu orang tua, saudara atau kerabat. Namun sayangnya itu tidak banyak berpengaruh kepada orang-orang yang betul-betul sadar bahwa dirinya akan mati.

Baca juga : "Kamu itu Hidup Sendirian Saja Masih Kekurangan, Apalagi Harus Hidup Bersama Orang Lain"

Itulah tiga hal yang begitu mudah diucapkan oleh kita sebagai manusia, namun banyak yang bertolak belakang dengan apa yang seharusnya. Hanya usaha dan hidayah Allah lah yang akan menyelamatkan kita dari ucapan yang tidak sejalan dengan realitanya.

Semoga setelah membaca ini kita semua tidak pernah melanggarnya lagi.
Top