Manfaatkan Waktu Mustajab ini Untuk Berdoa di Hari Jum'at



KAPAN WAKTU MUSTAJAB ITU ?


Hari Jumat merupakan waktu terbaik dan hari paling mulia di sisi Allah, akan tetapi waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat tidaklah banyak, waktunya hanya sedikit saja sehingga barang siapa yang ingin hajatnya terkabul, hendaknya memperhatikan benar waktu terbaik tersebut.

Baca juga :  Sering Kali Meminta Langsung Ketika Berdoa, Ternyata Harus Lakukan ini Terlebih Dahulu

Bagi kaum muslimin hari Jumat merupakan hari yang agung. Salah satu hadits yang menjelaskan keagungan hari Jumat ialah “Hari yang paling baik yang mana matahari terbit pada har itu adalah hari jum’at, pada hari itu Adam ‘alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke dalam Surga dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya.” (HR. Muslim)

Banyak keutamaan yang terdapat di hari Jumat, salah satunya yaitu mustajabnya doa sebagaimana yang tersirat dalam (HR. Bukhari 935), yaitu “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.”

Baca juga : Meski Sering Melakukan Amal Shaleh, Allah Tak Akan Membuka Pintu Surga Bagi Orang Penderita Penyakit ini

Namun apakah Anda tau dimanakah salah satu letak waktu Mustajab yang tepat, pada hari jumat untuk berdoa?

قَالَ لِي عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ: أَسَمِعْتَ أَبَاكَ يُحَدِّثُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَأْنِ سَاعَةِ الْجُمُعَةِ؟ قَالَ: قُلْتُ: نَعَمْ، سَمِعْتُهُ يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «هِيَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الْإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلَاةُ»

Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari. Ia berkata, “Abdullah bin Umar bertanya padaku, ‘Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?” Abu Burdah menjawab, “Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jumat.” (HR. Muslim 2012 dan Abu Daud 1051).

Hal ini mengingatkan kita agar di saat imam berkhutbah, tidak ada hal lain yang dilakukan selain mendengarkan dan berdoa.
Top