"Kamu itu Kalau Bangun Siang Terus, Gimana Mau Dapet Rezeki?" Antara Fakta dan Mitos

Komentar

Dulu kakek saya selalu bilang “ srengengene wis dhuwur, jam semene esih ngorok. Rezekeni dipatoki Ayam “ (Matahari sudah tinggi, jam sudah siang masih tidur, rezekinya di patok Ayam)

Benarkah hal itu? Tapi kenapa sampai sekarang belum ada ayam yang kaya?

Itu salah satu anekdot yang biasa kita dengar. Maksudnya jika kita telat bangun pasti rezeki juga telat didapat atau bahkan mungkin tidak dapat karena sudah dipatok ayam yang bangun dan berkokok duluan. Apakah ada hubungan antara bangun pagi dan kemudahan rezeki?

Ayam dijadikan saingan manusia dalam menjemput rezeki mungkin karena binatang yang satu ini membuka matanya lebih awal dari manusia.

Baca juga : Semenjak Nabi Adam, Benarkah Semua Nabi itu Muslim? Lantas Kenapa Jadi Banyak Agama

Ketika manusia masih memejamkan matanya dengan balutan selimut hangat di atas kasur yang empuk, ayam jago sudah berkokok sebelum subuh sekitar jam 3 atau jam 4 pagi sebagai pertanda lahirnya hari baru. Ayam betina pun mengajak anak-anaknya untuk mengais rezeki mencari makanan.

Ayam tidaklah mungkin mengambil alih rezeki manusia. Ayam dan manusia punya jatah rezeki masing-masing. Yang mungkin terjadi adalah rezeki manusia yang telat bangun, akan diambil orang-orang yang bangun dan beraktifitas lebih dahulu misalnya pedagang akan kehabisan pembeli karena para pembeli sudah membeli ke pedagang lain yang sudah datang duluan.

Oleh karena itu, membiasakan diri untuk bangun pagi memang seharusnya menjadi rutinitas setiap hari karena dari segi kesehatan pun, bangun pagi baik untuk kesehatan tubuh.

Rasulullah SAW bersabda : “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”
(HR. Ath-Thabrani dan Al Bazzar)

Saya dulu gak percaya kalo bangun siang itu rejekinya bisa dipatok ayam. Soalnya di sekitar saya sekarang  gak ada ayam berkeliaran( ada sih tapi gak banyak). Hehehe… Maksud rejeki dipatok ayam sebenarnya rejekinya hilang. Itu hanya makna konotasi saja.

Saya termasuk orang yang hidupnya terbalik. Kalo malam begadang & kerja, ya dapatnya kerja dari sore jam 5 sampai jam 1 dinihari, kalo pagi tidur sampe siang. Ya beberapa orang menyebutnya kalong.

Memang begadang di malam hari sambil mengerjakan sesuatu membuat pikiran lebih fresh karena suasana malam sepi & sunyi ( hening). Bagi saya, bekerja itu sesuka saya. Kapanpun, di manapun, dan bagaimana pun juga.

Baca juga : "Jangan Lama-Lama di Kamar Mandi, Bukannya Seger Nanti Malah Jadi Kelihaan Tua dari Umurmu"

#Mungkin bisa jadi benar . .

Bisa saja nasihat tersebut adalah fakta, misal saja kamu seorang pemilik warung atau toko sembako. Ketika kamu bangun kesiangan tentunya jumlah pembeli yang mampir ke toko kamu berkurang bukan? karena pada umumnya orang berbelanja sembako kebutuhan sehari – hari di pagi hari, sedangkan kamu baru buka jam 11 siang misalnya.

Contoh lain kamu adalah seorang marketing, dengan bangun pagi maka akan memungkinkan semakin banyak klien yang bisa kamu dapatkan. Hari – hari kamu juga terasa lebih panjang dan memberikan kamu kesempatan dan peluang lebih untuk mendapatkan uang.

#Tapi bisa jadi kurang tepat . .

Bisa jadi nasihat tersebut hanya mitos semata, misal kamu seorang karyawan pabrik yang mana selalu kebagian sift sore atau malam, misal berangkat jam 3 sore. Maka bangun pagi hanya akan menguras energi kamu sehingga bekerja di malam hari menjadi kurang maksimal.

Kecuali kamu memanfaatkannya untuk hal positif lainnya, tetapi tetap saja manusia butuh istirahat paling tidak tidur selama 7 hingga 9 jam perhari. Kalau kamu pulang kerja larut malam kemudian bangun di pagi buta dan tidak tidur siang, lalu bagaimana dengan kesehatan kamu?

Ternyata, bangun pagi itu lebih menyehatkan loh. Coba ikuti penjelasan berikut ini.

Bangun tidur pagi tak hanya sekedar mendukung pepatah orang jaman dahulu, “kalau bangun siang rezeki bisa dipatok ayam”. Namun, bangun pagi juga memberikan keuntungan bagi kesehatan Anda.

Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar dengan tingkat polusi rendah. Kualitas oksigen yang baik ini akan memaksimalkan fungsi kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.tahu sendirikan kualitas udara di JABODETABEK ini kan udah banyak polusi.

Jakarta adalah kota dengan tingkat polusi udara terburuk ketiga di dunia setelah Meksiko dan Thailand., nah loh…… Menurut Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Ahmad Haryadi, Senini. “Lingkungan hidup menjadi permasalahan serius di Jakarta.

Bahkan buruknya kualitas lingkungan menempatkan Jakarta sebagai kota terburuk ketiga dunia,” katanya.Makanya saya rajin berkebun dan menanam pohon, fungsi pohon kan salah satunya menyerap polusi dan menyimpan air hujan.

Baca juga : Memutuskan Menjadi Mualaf Pria ini Harus Rela Kehilangan Tahta,Harta, dan Wanita

Tak hanya itu, bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D, apalagi sambil berkebun mencangkul dan  menyiangi rumput.mengeluarkan keringat dengan aktivitas fisik juga bagus untuk tubuh karena keringat adalah proses pengeluaran toksin dan zat –zat bunag yang tidak diperlukan tubuh selain urine dan feces.Lihat aja para petani sehat-sehat jarang sakit, paling flu dan pilek.

Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber.

Baca juga : Manusia Sering Menyadari dan Akui 3 Hal ini, Tetapi Juga Selalu Dilanggarnya

Membiasakan diri bangun pagi juga memengaruhi indeks massa tubuh yang berkaitan dengan kesempatan sarapan. Orang yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol.Jika Anda tidak sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi.

Kondisi ini justru akan membuat seseorang makan dalam porsi besar pada siang dan malam hari. Jadi, bagi Anda yang ingin langsing, jangan pernah melewatkan sarapan.Tapi kalau di JABODETABEK orang gak sempet sarapan , bahkan bisa dibilang sarapanya sambil lari dalam mobil…..padahal sarapan butuh ketenangan dan tubuh yang rileks sehingga tidak terburu-buru proses mengunyah yang sempurna.

Tak hanya itu, bangun pagi juga membantu kehidupan seksual bagi pasangan. Hal ini terkait fakta ilmiah yang mengatakan bahwa hasrat bercinta pria pada pagi hari lebih tinggi daripada malam hari. Wah ini bagus buat yang sudah memiliki pasangan.
Top