Hati-Hati, Sujud yang Tidak Sempurna Seperti ini Dapat Membatalkan Shalat

Komentar


JANGAN ASAL

DARIPADA SHALAT KITA NGGAK DITERIMA...

Di dalam shalat terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan supaya shalat yang dilakukan bisa sah. Tapi ada satu gerakan shalat yang malah bisa membatalkan shalatmu. Gerakan apa itu?

Mengutip islampos, yaitu sujud. Meskipun sujud itu juga salah satu rukun dalam shalat yang harus dikerjakan, tapi ada satu sujud yang tak boleh dilakukan.

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan untuk melakukan sujud dengan bertumpu pada 7 anggota badan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Berikut Semua Hal yang Membatalkan Shalat dan yang Menyempurnakan Syarat Rukunnya

Dalam riwayat lain, juga dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku diperintahkan untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: dahi –dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau–, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadis, tujuh anggota sujud dapat kita rinci:

• Dahi dan mencakup hidung.

• Dua telapak tangan.

• Dua lutut.

• Dua ujung-ujung kaki.

Baca Juga : Hal ini Sepele, Tapi Kalau Dilakukan Maka Lenyaplah Pahala Sholat Jum'at Anda

Praktek beliau ketika sujud, hidung dipastikan menempel di lantai. Sahabat Abu Humaid Radhiyallahu ‘anhu menceritakan cara shalat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menempelkan dahi dan hidungnya ke lantai…” (HR. Abu Daud dan dishahihkan al-Albani).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menekankan agar dahi dan hidung benar-benar menempel di lantai. Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Top