Selain Mengobati Hipertensi, ini 5 Manfaat Tersembunyi dari Buah Mengkudu

Komentar
Buah yang memiliki bau busuk ini ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Buah yang sering kita abaikan bahkan kita jauhi karena aromanya yang menyengat ini ternyata memilki segudang manfaat lhoo.



mengkudu.. hampir semua tau buah ini namun tidak semuanya tau manfaat dari buah ini yang dikatahui hanyalah bau yang menyengat namun dibalik bau yang di miliki buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan

Baca juga :  20 Rahasia Bunga Kenanga yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Sejak Zaman Dahulu

Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) adalah buah khas daerah tropis, nama daerah dari buah mengkudu begitu beragam, orang sunda meyebutnya buah cangkudu, jawa kemudu, aceh keumeude dan orang makassar menyebutnya buah baya/baja.

Ciri dari tanaman mengkudu : tinggi bisa mencapai 3-7 meter, batangnya yang bengkok, kaku dan kasar, berakar tunggang. Daun berwarna hijau tebal dan mengkilap, Buahnya berbentuk lonjong dan berbintik-bintik, saat masih muda buahnya berwarna hijau, pada saat masak akan berubah warna putih pucat.

Daging buah berwarna putih serta mengeluarkan bau yang menyengat/bau busuk akan tetapi tahukah Anda dibalik aroma buah mengkudu yang begitu menyengat tersimpan sejuta manfaat baik bagi kesehatan.

– Mengkudu mengandung zat nutrisi yang secara keseluruhan mengkudu adalah salah satu buah dengan makanan bergizi lengkap dan menyehatkan walaupun sebagian orang masih enggan mengkonsumsinya karena rasa dan bau yang kurang sedap dari buah pace ini. Zat nutrisi yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam buah mengkudu seperti : protein, vitamin, dan mineral penting lainnya, paling mudah didapat adalah dari buah mengkudu ini.

– Selenium merupakan salah satu mineral tinggi yang dimiliki mengkudu dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

– Unsur kimia alami lainnya yang terdapat dalam mengkudu adalah : xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

– Terpenoid yaitu zat yang membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh

– Scolopetin merupakan senyawa yang sangat efektif untuk anti peradangan dan anti alergi

– Xeronine dan Proxeronine merupakan salah satu alkaloid penting yang banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) yaitu proxeronine dalam jumlah besar. proxeronine adalah sejenis asam nukleat sperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk menangkal protein-protein yang tidak aktif, mengatur strukur dan membentuk sel yang aktif.

– Zat anti kanker sangat efektif untuk melawan sel-sel tidak normal dan dapat mengendalikan bakteri pathogen ( mematikan ) seperti : Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli.

Tapi taukah Anda, sebuah penelitian membuktikan bahwa buah yang memiliki aroma yang tidak sedap ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. berikut adalah 5 Manfaat Buah Mengkudu :

1. Mengobati Darah Tinggi



Buah yang memiliki nama lain buah noni ini memliki khasiat untuk mengobati penyakit hipertensi atau darah tinggi. Cukup mudah untuk buah ini dijadikan obat yaitu dengan cara menyediakan beberapa buah mengkudu yang sudah tua, kemudian diparut dan diambil airnya. Setelah itu, campurkan satu sendok the madu untuk menambahkan rasa manis. Bila Anda mengonsumsinya secara rutin, maka tekanan darah Anda dapat kembali normal.

Baca juga : 7 Buah-Buahan ini Dilarang Keras Untuk Mencampurnya Karena Berakibat Fatal Untuk Anak

2. Mengatasi Batuk



Banyak diantara kita ternyata mengkudu dapat meredakan batuk. Caranya dengan membuat ramuan yang terdiri dari satu buah mengkudu yang dicampur dengan satu genggam daun poo (bujanggut). Kemudian rebus kedua bahan tersebut kedalam air mendidih sebanyak dua gelas air. Tunggu hingga air tersebut tersisa sebagian. Dan Anda dapat mengonsumsinya setiap hari.

3. Mengatasi Diare



Dengan cara menumbuk 2 hingga 3 lembar daun mengkudu yang ditambahkan garam kemudian ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan air panas lalu diminum dapat mengatasi diare yang dialami seseorang.

4. Mengatasi Penyakit Kuning



Ternyata buah satu ini dapat mengatasi penyakit berbahaya seperti penyakit kuning. Caranya adalah dengan parut dua buah mengkudu dan diperas airnya. Lalu mencampurkannya dengan madu. Lalu anda dapat menyaring ramuan tersebut dan Anda dapat mengonsumsinya dua kali dalam sehari.


5. Mengatasi Diabetes



Terakhir adalah dapat mengatasi penyakit diabetes. Penyakit gula ini bisa diatasi dengan menggunakan jus mengkudu. Buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat seperti hormon insulin. Sehingga mengkudu mampu menguraikan glukosa yang ada dalam tubuh.

6. Dapat menghilangkan jerawat



Manfaat buah mengkudu yang lain yaitu dapat menghilangkan jerawat, karena dalam mengkudu terdapat zat-zat yang  dapat melawan penyebab timbulnya jerawat, serta juga dapata menghilangkan bekas-bekas jerawat. Caranya yaitu kita ambil dulu mengkudu yang sudah matang dan besih, lalu blender hingga halus lalu saring. Kemudian bersihkan wajah dan aplikasikan air mengkudu tadi kewajah dan biarkan kurang lebih 20 menit hingga kering, kemudian basuh wajah menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

dibalik bau yang tidak sedap itulah manfaat ari buah mengkudu bagi kesehatan. mulailah mencari tahu tentang bahan alami karena dapat menyembuhkan tanpa memberi efek samping
Top