Jangan Dianggap Sepele, Ternyata Garis Hitam Dikukumu Itu Pertanda Adanya Penyakit Kronis

Komentar


APAKAH KAMU MENGALAMI HAL INI..? WASPADA YA

Memang sebagian besar wanita kuku adalah atribut atau juga sebagai pelengkap untuk mempercantik tubuh. Sampai-sampai ada yang menggunakan kuku palsu dengan motif yang beragam. Dan berbagai cara dilakukan untuk merawat kukunya. Tapi kalau ada garis hitam dikukumu jangan disepelekan. Mengapa? karena itu mungkin saja ada penyakit kronis yang menyerang anda.

Mengutip islamdia, kuku yang lemah dan mudah patah meskipun nggak terbentur atau terkena apa pun, merupakan tanda kurangnya kalsium dalam tubuh. Nah, kamu tahu, kan, bagian kuku bawah pasti ada sedikit warna putih? Ini juga menandakan kualitas kesehatanmu.

Baca Juga : Waspada! Inilah Gejala-gejala Kanker yang Sering Diabaikan dan Tidak Disadari oleh Kebanyakan Orang

Semakin kecil, bahkan nggak ada warna pputih di bagian bawah kuku, menandakan kalau ada organ tubuhmu yang nggak berfungsi secara maksimal. Ini mungkin sepele, girls. Tapi, tanda-tanda pada kuku yang muncul itu nggak bisa diremehkan.

Termasuk warna hitam pada kuku. Kamu mungkin suka melihat kalau ada orang yang memiliki kuku bergaris hitam. Garis hitam itu terlihat sepeerti darah beku di dalam akibat jari terjepit sesuatu dengan keras.

Tapi, sebenarnya ini bukan penyebabnya, girls. Garis hitam juga menandai adanya penyakit serius dalam tubuhmu.

Sebab Kuku Bergaris Hitam

Ada banyak penyebab dari garis hitam pada kuku. Pada orang-orang kulit gelap di Afrika, memiliki kuku bergaris hitam itu normal.

Baca Juga : Tanpa Disadari, Kolesterol Sudah Mengintaimu Sejak Muda. Waspadai 8 Tanda Ini!

Hal ini disebut dengan Melanonychia. Tapi, sebenarnya juga ada sedikit orang-orang dengan ras Kaukasia dan Asia yang memiliki garis ini juga.

Tapi, jumlah mereka sangat sedikit, kira-kira hanya 10 persen. Selain itu, garis hitam pada kuku juga bisa menjadi tanda adanya kanker kulit ganas yang disebut dengan Subungual Melanoma. Tapi, ini cuma kalau strip hitam itu ada pada satu jari. Biasanya jempol tangan atau kaki.

Tanda lain adalah adanya warna hitam pada jaringan sekitar kuku atau nailfold. Tapi, kamu nggak usah panik dulu, girls.

Soalnya, ini juga bisa menjadi tanda kalau kamu habis teerjepit jarinya, atau cuma karena adanya jamur pada kuku. Tapi, sebaiknya memang kamu periksakan ke dokter sebelum semuanya terlambat.
Top