Jangan Biasakan Pada Anak Bangun Tidur Menggosok Gigi, Perhatikan Waktu Yang Tepat Untuk Anak Sikat Gigi



KARENA MENGGOSOK GIGI JUGA ADA ATURANNYA, UNTUK MENGHINDARI HAL-HAL YANG TIDAK DI INGINKAN DI MULUT, PERHATIKAN TIPS BERIKUT

Salah satu penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang keliru dalam membersihkan gigi dan tidak efektif dalam menyikat gigi yakni waktu yang tidak tepat saat membersihkan gigi.

Berikut cara terbaiknya.


Rina Putri Noer Fadilah, Dosen sekaligus Dokter Gigi, dari Universitas Jendral Ahmad Yani, Kota Cimahi menyebutkan 90 persen orang Indonesia, memiliki lobang diantara gigi.

Menurut Rina, salah satu penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang keliru dalam membersihkan gigi dan tidak efektif dalam menyikat gigi.

"Yang keliru itu, biasanya masyarakat menyikat gigi ketika bangun tidur pas mandi, sebelum sarapan. Justru yang efektif itu dilakukan setengah sampai satu jam setelah sarapan, karena di situ ada proses ketidak seimbangan antara ph," ujar Rina, saat ditemui dalam kegiatan penyuluhan dokter gigi anak, di Kompek SD Cempaka, Jalan Citerep, Kota Cimahi.

Seperti yang dikutip dari linetoday-indonesia.blogspot.co.id, Dikatakan Rina, jika setelah makan langsung menyikat gigi, tanpa ada jeda waktu, justru malah akan membuat gigi mudah berlubang.

Berikut ini, Rina memberikan tips menyikat gigi yang efektif bagi anda.

Pertama, sikat gigi dua kali sehari, menggunakan sikat yang lembut dan disesuaikan sikat giginya, karena untuk anak-anak dan dewasa, sikatnya berbeda.

Kedua, penempatan pasta gigi juga harus di dalam bulu sikat, jangan dipermukaan.

Ketiga, dalam menyikat gigi, tempatkan bulu sikat diantara gigidan gusi hingga miring 40 derajat, lakukan dengan gerakan memutar dari belakang. Lalu untuk bagian dalam, lakukan dengan gerakan mencongkel, agar sisa makanan yang ada diantara gusi dan gigi keluar, pun demikian dengan bagian bawah gigi.

"Agar lebih efektif, lakukan selama tiga sampai lima menit, setelah itu kumur-kumur sebanyak dua kali," katanya.

Lalu Kapan Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Sikat Gigi?


Seperti yang dikutip dari ibudanbalita.com anak yang sudah bisa duduk dan sudah bisa memasukkan benda yang dipegangnya ke mulut sebetulnya sudah bisa diajarkan menyikat giginya sendiri.

Yang pasti bentuk sikat giginya berbeda. Sikat gigi untuk anak yang belum 2 tahun seperti anak Bunda harus punya penahan di batang sikat giginya, agar anak tak bisa memasukkan sikat gigi ke dalam mulut terlalu dalam dan justru jadi tersedak.

Kalau bingung dengan model sikat gigi yang sesuai, tanya ke salesgirl di toko mana sikat gigi yang tepat, dan cek usia yang disarankan di kemasan sikat gigi tersebut.


Soal dia belum mau, beberapa anak memang tak suka di awalnya. Tapi tentu saja tetap perlu diperkenalkan dengan sabar. Ingat Bunda, intinya adalah sabar.

Boleh lho Bunda mencontohkan cara menyikat gigi, dengan cara menyikat gigi Bunda di depan anak. Anak jadi tahu bahwa bukan hanya dia yang perlu menyikat gigi, tapi juga Bunda. Ayah boleh lho diajak serta. Selamat mencoba!
Top