Inilah 8 Trik Buat Kamu yang Sakit Saat di Perantauan Dan Berada Dikos Sendirian. Bisa Contek

Komentar


NGGAK USAH TAKUT DAN KHAWATIR LAGI...

Saat kita merantau, hidup akan jauh dari keluarga sekitar. Dan harus sipa menghadapi kehidupan sendiri. Selain jauh dari keluarga, tentunya saat merantau hanya kos-kosan yang mau menerima kita untuk dijadikan tempat tinggal. Dengan ukuran yang tak lebar seluas rumah, tinggal di kos-kosan sering membuat jatuh sakit. Karena adaptasi dengan tempat dan tidak terbiasa hidup sendiri.

Karena saat ada keluarga, kalau sedang sakit pastia da yang ngurusin atau yang ngobatin, Tapi kalau jauh dari keluarga siapa yang mau menolong kalau tidak berusaha sendiri. Jangan khawatir dan bingung-bingung gunakan saja beberapa trik ini untuk mengatasi sakit saat di kos-kos an bagi kamu yang sedang merantau.

Mengutip hipwee, inilah 8 trik untuk anda yang sedang jatuh sakit saat berada di kos-kos an:

1. Istirahat adalah penyembuh yang paling manjur. Tapi pastikan perutmu berisi dan obat sudah kamu konsumsi



Saat sakit menerpa, kamu akan memilih berusaha tidur saja. Namun jangan coba untuk langsung tidur saja tanpa makan atau minum obat sebelumnya, karena ini malah bikin rasa sakit tetap ada. Bahkan kalau gak diatasi segera, sakitmu bisa makin berlarut-larut.

Baca Juga :  Tahukah Anda Manfaat dan Efek Samping Ketika Meminum Air Hangat Bagi Kesehatan?

Jika kamu ingin cepat merasa sehat, alangkah baiknya kamu makan makanan yang bernutrisi tinggi. Atau mungkin jika sakitmu sudah tak tertahankan, konsumsi obat yang sesuai. Setelah itu, barulah kamu tidur. Dengan begitu agenda “istirahat yang bisa bikin sembuh” bisa manjur.

2. Gengsi dan malu takkan bisa menyembuhkan sakitmu. Saat sakit sudah tak tertahankan, jangan ragu  minta tolong pada tetangga kamar.



Mungkin kamu merasa sakit tak tertahankan dan butuh pertolongan. Alih-alih minta pertolongan agar sakitmu segera hilang, gengsi dan sungkan malah bersarang dan bikin kamu memilih diam saja. Seringkali hal ini malah bikin sakitmu makin parah.

Jika memang sakitmu sudah tak tertahankan dan butuh pertolongan, cobalah singkirkan egomu. Gengsi dan malu tidak pernah bisa mengurangi rasa sakitmu, jadi gak ada salahnya kamu minta tolong pada teman, tetangga atau orang-orang terdekatmu.

Ketuk pintu atau hubungi mereka segera. Dengan begitu, rasa sakitmu bisa diatasi segera. Minum obat, beli makan, atau mengantarmu ke rumah sakit.

3. Kalau memang gak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk beli makanan, delivery adalah cara paling pas agar kamu lebih bertenaga.



Pacarmu jauh? Teman-temanmu sedang sibuk? Tetangga kosamu sedang tak ada? Tenang, jika memang gak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk beliin makanan, delivery saja. Pastikan kamu pilih makanan yang sehat ya, misalnya daging, sayur atau buah. Hanya memanfaatkan gadget yang kamu punya, makanan bisa diantar langsung ke kost.

4. Saat demam menyerang dan kamu belum juga mendapatkan obat, kompres saja kepalamu dengan air hangat.



Hidup di perantauan membutuhkan daya survive yang tinggi, terutama saat kamu sedang sakit. Jika kamu sedang demam tapi gak ada orang yang bisa membantumu untuk membeli obat. Tenang, kompres saja kepalamu dengan air hangat. Celupkan handuk atau kain lembut pada air hangat, peras, dan tempelkan pada dahi.

Baca Juga : Tak Disangka, Ternyata ini Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur Bagi Kesehatan

Kompres air hangat ini bisa mengurangi demam panas di badan. Selain itu, kompresan ini juga bikin aliran darah lebih lancar dan gak jarang rasa relaks bisa kamu rasakan.

5. Bukan anak rantau namanya kalau gak punya sejuta cara untuk bertahan. Gak ada kompor atau dispenser untuk bikin air panas, rice cooker pun bisa jadi gantinya.



Tinggal jauh dari orangtua seringkali malah melatihmu jadi anak muda yang punya sejuta cara untuk bertahan. Tak punya kompor atau dispenser untuk bikin air hangat tak lagi jadi masalah. Tenang, karena kamu juga bisa gunakan rice cooker untuk bikin air hangat. Tinggal klik tombol dan tunggu air mendidih, sekarang kamu bisa gunakan sebagai senjata menghilangkan demam.

6. Kamu lemas dan masih memaksakan diri buat keluar beli makan tapi gak kuat? Konsumsi saja minuman yang manis-manis sebagai sumber tenaga untuk bergerak.



Jika kamu masih memaksakan diri untuk keluar beli makan atau obat tapi gak kuat berjalan? Cobalah kamu konsumsi minuman manis. Misalnya larutan madu, teh manis hangat, atau susu. Gula yang terkandung ampuh bikin tenagamu bertambah. Nah, dengan begitu kamu bisa keluar beli obat ata makan tanpa harus pingsan tiba-tiba.

Baca Juga :  Wow, Ternyata ini Manfaat Tidur Menggunakan Guling yang Bisa Dilakukan Sehari-Hari!

7. Sakit itu layaknya kenangan mantan yang sering datang tanpa aba-aba, antisipasi dengan P3K bikin kamu tak tersiksa.



Jatuh sakit memang kadang datang tanpa aba-aba layaknya mantan yang menyebar kenangan. Demam, pusing, atau flu bikin kamu hadir begitu saja di kamar kosan. Nah, agar hal ini tak menyiksa lagi, antisipasi dengan kotak obat yang kira-kira memang kamu butuhkan kala sakit. Selain obat khusus, jangan lupa masukan obat-obatan umum, misalnya paracetamol, aspirin, dan obat luka ya. Masukkan pada kotak plastik khusus. Dengan begitu, kamu tak lagi panik mencari pertolongan.

8. Menyimpan nomor taksi, ojek dan rumah sakit adalah senjata saat kamu terkapar sendirian karena sakit di kosan.



Jatuh sakit seringkali datang tiba-tiba. Nah, agar sakitmu tak makin parah, pastikan kamu melakukan aksi secepatnya ya. Misalnya makan bernutrisi, minum obat, atau periksa ke rumah sakit. Namun jika kamu tak bisa melakukannya sendirian dan tak ada orang yang bisa merawat, maka kamu harus pandai bersiasat.

Salah satunya menyimpan nomor kontak taksi, tukang ojek, atau rumah sakit terdekat. Jadi kamu bisa pergi dan mendapatkan perawatan segera. Selain itu, sakit yang kamu derita bisa segera mendapatkan tindakan.

Jatuh sakit seringkali bikin kamu yang jomblo merantau merasa melankolis. Karena alih-alih bisa manja-manja mendapatkan pertolongan orang tua, sakit saat sendirian di kosan bikin kamu harus banyak bikin siasat agar tubuhmu kembali sehat. Dan 8 tips ini bisa menjadi tindakan tepat saat kamu sakit sendirian di kosan.

Semoga trik-trik itu bisa kamu coba saat merantau dan ngekos sendirian. Dan cepat sembuh.
Top