Saat ini Kita Anggap Remeh, Dulu 11 Barang ini Adalah Harga Diri Saat SD



APA KALIAN MASIH MEMPUNYAINYA...!

Saat kita melihat anak SD yang berpakaian seragam merah putih itu membuat kita pasti rindu dengan momen-momen saat masih SD dulu. Karena saat SD dulu didalam pikiran hanya berantem dengan teman saja dan bermain. Itulah yang membuat kita jadi selalu teringat akan kenang-kenangan saat SD dulu.

Mengutip hipwee, banyak momen Saat SD dulu, bukan hanya dari makanan atau hiburannya saja. Tapi juga ada barang yang sering kita gunakan saat SD dulu, dan sekarang masih ada tapi nggak ada gunanya juga. Emangnya barang-barang apa saja? dan kalau sekarang masih ada buat apa ya kalau kita menemukannya?:

1. Rautan bulat yang sampai sekarang belum diketahui fungsi kacanya.



Rautan bulat dengan kaca di salah satu sisinya ini adalah benda paling penting yang harus kamu punya. Karena sampai kelas 3 SD, kamu hanya boleh pakai pensil, dan belum diperbolehkan memakai bolpoin untuk pelajaran sehari-hari. Pertimbangannya mungin karena waktu itu kamu masih dalam tahap belajar nulis. Kalau pakai bolpoin, capek dong, harus pakai tipe-x melulu.

Nah, untuk membuat pensil yang tajam nan runcing siap untuk dipakai, kamu biasanya pakai rautan. Belum boleh pakai cutter atau silet. Mungkin karena takut kamu bakal memotong tanganmu sendiri kalau pakai cutter.

Baca Juga : Kelakuan Kidz Zaman Now, Masih Kelas 6 SD Sudah Hamil, Guru Ungkapkan Fakta Mengejutkan di Sekolah

Tapi kalau dipikir-pikir, kaca di rautan itu fungsinya apa ya? Apa supaya kita bisa meraut pensil sambil ngaca? Nggak jarang dulu kaca ini malah dipakai buat mengintip celana dalam anak perempuan 🙁

2. Aneka jenis penghapus yang khas. Selain buat menghapus tulisan, bisa buat belajar juga



Karena alat tulismu hanya pensil, penghapus jadi barang wajib selanjutnya. Waktu kamu SD dulu penghapus berbagai macam rupanya. Ada yang berwarna putih dengan gambar berbagai bendera Negara di dunia. Ada juga penghapus yang lebih kecil. Berwarna-warni dan bergambar jenis hewan dan tumbuhan.

Ada lagi penghapus warna putih dengan ujung berwarna hijau, gambarnya huruf abjad dari A-Z. Di antara semua itu, ada penghapus yang paling unik. Berbentuk jajar genjang yang sedikit pipih di ujungnya.

Berwarna merah dan biru. Konon katanya yang biru bisa dipakai untuk menghapus tinta. Benar atau nggak, Hipwee belum pernah mencoba sih. Menjadi anak gaul saat SD juga begitu mudahnya. Kalau kamu sudah memakai penghapus Staedtler, tandanya kamu sudah gaul abis.

3. Berbagai macam pensil, mulai dari pensil yang ujungnya ada penghapus, sampai pensil isi buat kamu yang malas meraut



Bukan cuma penghapus, pensil pun banyak macamnya. Kalau saat ini mungkin kamu hanya tahu pensil 2B yang dulu dipakai buat ujian nasional. Masih ingat nggak dulu kamu pakai pensil yang ujungnya ada penghapusnya? Iya, waktu SD dulu hidup lebih sederhana. Nggak perlu ribet lagi nyari penghapus, karena pensilmu sudah ada penghapusnya.

Baca Juga : Masih Ingat, Inilah 15 Hal-Hal yang Kocak Dan Mungkin Pernah Kamu Lakukan Saat SD Dulu

Meski kalau dihapus pakai itu, kertasnya jadi rusak dan bahkan bolong. Dipakai untuk menulis juga pensilnya kurang bisa dibaca. Karena itu kamu beralih ke pensil isi. Memudahkan kamu yang nggak suka meraut, atau sering kehilangan rautan yang nggak pernah kembali setelah dipinjam teman. Kalau pakai pensil isi, kegaulanmu juga meningkat.

4. Bolpoin wangi. Katanya mengandung narkoba 😐



Memasuki kelas 3 atau 4, baru kamu mengenal bolpoin atau pulpen. Saat itu kamu sudah boleh memakai bolpoin untuk pelajaran sehari-hari, dan memakai tipe-x untuk menghapus kalau kamu typo. Bolpoin yang paling standar kamu gunakan adalah bolpoin pilot warna hitam.

Nggak boleh warna lainnya, karena yang boleh pakai tinta merah atau biru cuma Bapak dan Ibu guru. Zaman dulu ada bolpoin yang tintanya beraroma wangi. Kadang sampai bikin pusing kalau kamu nulis banyak. Konon katanya bolpoin ini ada narkobanya. Benar atau tidaknya, hanya Tuhan dan pabrik bolpoinnya yang tahu.

5. Masih sama-sama pulpen, tapi pulpen bertinta glitter ini khusus penggunaannya. Buat ngisi biodata di diari teman



Setelah kamu beranjak dewasa, bolpoin yang kamu kenal nggak cuma bolpoin pilot dan bolpoin wangi saja. Ada juga bolpoin warna yang tinta cair dan berkerlap-kerlip. Yang paling hits pastinya yang berwarna emas dengan glitter yang bikin tulisan jadi megah. Dipakai untuk pelajaran sehari-hari? Yang ada kamu disetrap seharian. Bolpoin ber-glitter ini hanya kamu pakai saat mengisi biodata di diari temanmu.

6. Diari! Di sinilah kekhasan masa SDmu terangkum semua. Nggak perlu ngepoin media sosial buat tahu kepribadian temanmu.



Yang paling hits, tentu saja, Diari! Zaman sekarang, kamu kalau kepo harus buka semua akun media sosialnya. Di sana kamu bisa mengetahui dia orangnya seperti apa, hobinya apa, cita-citanya apa, sampai motto hidupnya tanpa perlu menebak-nebak.

Baca Juga : Makan Permen Berbentuk Boneka, Siswa SD di Malang ini Jatuh Pingsan

Zaman dulu, lebih simpel lagi. Ada ritual saling mengisi biodata di diari teman yang sering kamu lakukan. Di sana kamu juga akan tahu hal-hal tentang temanmu, mulai dari tanggal lahirnya sampai makanan dan minuman kesukaannya. Lebih jujur dan bebas dari pencitraan.

7. Bongkar pasang alias bepe. Cewek pasti paham banget sama benda ini.



Apalah masa SD tanpa kenangan dengan abang-abang yang suka jualan di depan sekolah. Mulai dari jualan jajanan SD, sampai mainan. Kalau kamu cewek, langgananmu pastilah bongkar pasang alias bepe. Di permainan kertas ini, kamu boleh memasangkan baju apa saja pada tokoh yang kamu punya.

Selain asyik aja untuk dimainkan bersama teman, mungkin bongkar pasang juga mengajakmu menjadi desainer seperti Ivan Gunawan. Meski bajunya nggak bikin sendiri, tapi tetap aja kamu harus memikirkan baju mana yang paling cocok dengan model rambut dan warna kulit tokohmu.

8. Game bot. Dulu HP belum merambah semua kalangan. Gamebot adalah satu-satunya mainan yang kamu punya selain tamagochi.



Sekarang ponsel pintarmu bisa diisi dengan berbagai jenis game. Mulai dari yang santai-santai seperti Burger, sampai yang mengasah otak seperti Duel Otak. Seiring perkembangan zaman, kamu nggak pernah lagi merasa kesepian asal ada ponsel pintar di tangan. Zaman dulu, boro-boro ponsel pintar.

Baca Juga : Bocah SD Meninggal Akibat Berkelahi Dengan Temannya ,Orang Tua Wajib Tahu 5 Hal ini

Selain HP masih jarang, kalaupun ada biasanya cuma bisa main game Snake. Tapi dulu kamu punya game bot, yang bisa menemanimu main Tetris seharian. Meski sederhana, hanya menumpuk balok-balok, main Tetris susah juga. Karena dalam bermain dibutuhkan kecepatan dan ketepatan berpikir. Kalau bosen main tamagochi, biasanya kamu main game ini.

9. Jepitan kupu-kupu lengkap dengan sayapnya yang bisa gerak. Harga diri cewek dulu ditentukan oleh jepitan ini.



Masa SD adalah masa-masa kamu nggak pernah malu untuk pakai model kunciran apa saja. Mau dikepang banyak juga kamu oke-oke aja, nggak akan dipandang aneh oleh orang-orang. Pada masa itu ada jepitan rambut yang hits banget, sampai-sampai kalau belum pakai itu kamu belum diakui sebagai anak SD nan gaul.

Jepitan kupu-kupu. Dengan sayap kecil beraneka warna dan pir di tulangnya, membuat kupu-kupu ini bisa bergerak saat kamu juga bergerak. Seolah-olah seekor kupu-kupu hinggap di rambutmu dan menari di sana. Kalau udah pakai ini, rasa cantikmu meningkat sampai 30%. Kalau sekarang, kamu masih mau pakai nggak?

10. Masih ingat buku RPUL dan RPAL? Sebagai anak SD kamu wajib punya buku ini



Waktu itu google belum semembumi sekarang. Terutama di daerah-daerah pelosok, kami belum kenal yang namanya google. Apalagi Wikipedia. Tapi tenang, kita nggak akan kekurangan informasi karena ada buku RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap) dan RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap). Sebagai anak SD yang berkomitmen terhadap ilmu pengetahuan, pastinya kamu punya.

Baca Juga : 

Di sini kamu bisa menemukan info mulai dari ibukota negara dunia, sampai lagu-lagu wajib masing-masing Negara. Rumus-rumus bangun ruang juga bisa kamu temukan lengkap di RPAL. Kalau sekarang pertanyaan apapun dijawab dengan googling aja, mungkin dulu juga sama. Pertanyaan apapun dijawabnya dengan RPUL aja…

11. Zaman SD kita juga diwarnai sinetron super gaul Tersayang. Kalau kamu pakai topi Tersayang, kamu adalah segaul-gaulnya anak SD masa itu.



Masih ingat nggak sinetron hits yang dibintangi oleh Jihan Fahira, Anjasmara, dan Adam Jordan? Selain ceritanya yang mengguncang persinetronan Indonesia (pada masa itu), sinetron ini juga membawa tren topi dengan tulisan Tersayang. Kalau sudah pakai topi ini, kegaulanmu nggak perlu dipertanyakan lagi.

Barang-barang di atas mungkin sangat sederhana. Dulu fungsinya  sederhana, sekarang kamu mungkin malah nggak tahu fungsinya untuk apa. Tapi barang-barang sederhana di masa SDmu ini, punya makna mendalam yang bisa kamu kenang sampai sekarang. Ada lagi nggak barang-barang khas yang hanya ada di masa SDmu? Yuk share di kolom komentar!
Top