Ini Alasannya Mengapa Kita Harus Berdoa.

 Apa itu doa?

Doa artinya meminta, memohon, memanggil dan lain-lain. Arti doa secara istilah adalah memohon kepada Allah dengan cara-cara tertentu.
Lalu apa bedanya dengan zikir? Zikir artinya ingat kepada Allah dengan membaca kalimat-kalimat thayibah secara khusyu, paham artinya, serta berharap ridha Allah atas apa yang dikerjakannya.

Perhatikan hadits di bawah ini betapa Allah sangat perhatian kepada hambaNya sehingga apapun masalah yang dialami hamba agar diadukan padaNya, termasuk masalah kekurangan rezeki dan miskin.

Allah yang menyuruh kita berdoa.




Mengapa harus capek-capek berdoa, biarkan saja hidup mengalir apa adanya. Hidup mengalir itu tidak ada, semuanya sejalan dengan qadha dan qadar Allah. Diantaranya kita tetap diberi pilihan untuk menentukan yang terbaik buat kita. Masalahnya yang paling tahu apa yang terbaik buat kita bukanlah diri yang lemah ini, tapi Allah. Itulah sebabnya kita perlu berdoa, memohon agar diberi petunjuk, diberi bimbingan, dikasi perlindungan.

Dari ayat di atas jelaslah betapa Allah menyuruh kita berdoa kepadaNya, dengan jaminan pasti dikabulkan tentu saja sesuai dengan kehendak Allah, bukan sesuai dengan kehendak kita.

Baca Juga : Pengen Hajat Cepat Terkabul? Lakukan Ini..

Allah ingin kita selalu mengingatNya

Kita diciptakan ada tujuannya, yaitu untuk mengabdi kepada Allah. Apakah selama ini kita sudah mengabdi kepadaNya atau malah menjadi budak dunia? Allah ingin kita selalu mengingatNya.

Allah tak pernah meninggalkan kita sendiri, karena Allah selalu bersama kita dimanapun dan kapanpun kita mengingatNya. Karena itu jangan pernah putus zikir padaNya. Jika kita rindukan kekasih, rindu Allah jauh lebih baik.

Mengapa Kita Harus Berdoa?

1. HATI MENJADI TENANG
Berdoa adalah kebutuhan rohaniah yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Manusia lah yang butuh Allah, bukan sebaliknya. Dengan berdoa dan mengingat Allah maka hati kita kan tenteram, terhindar dari penyakit-penyakit rohani seperti cemas, takut, was-was, ragu-ragu dan sebagainya. Sebagaimana firmanNya dalam Surah Ar Rad ayat 28 berikut ini :
Hati yang tenang dan tenteram akan membuat kita lebih mudah menerima masukan, lebih mudah menjalani hidup, lebih gampang mencari rezeki Ilahi.

2. LEBIH DEKAT PADA ALLAH
Hanya orang-orang yang berdoa yang merasakan kedekatan dengan Rabbnya, merasa dicintai, merasa diperhatikan dan merasa lengkap karena Allah selalu bersamanya.
Allah menjamin pengabulan doa kita jika kita bermohon padaNya. Allah ingin kita tetap mengikuti apa yang diperintahkanNya dan menjauhi apa yang dilarangNya. Dia ingin kita terus menjadi orang beriman kecintaanNya, bukan untuk kepentingan Allah tapi untuk kebaikan kita. Kita beriman atau tidak, sama sekali tidak akan mengurangi kekuasaan Allah.

3. BISA MELEBUR DOSA
Hanya lewat doa-doa yang berisikan pengakuan dosa, permohonan ampun, dan ikrar taubat yang bisa melebur dosa yang terlanjur dilakukan.

4. MEMPERLANCAR REZEKI
Sebagaimana yang terlihat pada hadits Abu Dawud di atas, Allah ingin agar kita mengadukan masalah kemiskinan kepadaNya karena Dia lah solusi dari semua masalah rezeki kita. Aduan kita padaNya bagaikan hotline 24 jam yang selalu sedia, tak pernah sibuk dan segera ditanggapi cepat atau lambat.
Allah mempertegas bahwa kita tak punya apa-apa kecuali apa yang diberiNya. Karena itu jika ingin sesuatu MINTA lah pada Allah, jangan pada yang lain apalagi pada sesama manusia yang lemah.


5. MERUBAH TAKDIR
Tidak ada yang tak mungkin bagi Allah, bisa saja kita ditakdirkan miskin tapi karena doa-doa tulus yang kita panjatkan di malam-malam sunyi dan amalan saleh, ibadah dan kebajikan yang tak pernah putus kita lakukan, bisa saja itu merubah takdir kita.

6. PERMOHONAN KITA KECIL BAGI ALLAH
Kita yang butuh rezeki, kita yang butuh pertolongan Allah, kita yang butuh perlindunganNya, kita perlu Allah untuk mengabulkan hajat kita. Karena kita tahu bahwa permintaan sebesar apapun adalah kecil bagiNya, hanya laksana jarum yang dicelup ke permukaan laut. Subhanallah !

Kekuasaan dan kekayaanNya begitu besar dan permintaan umat manusia bahkan jin mulai dari awal zaman sampai sekarang digabung jadi satu takkan mengurangi kekuasaanNya.

Wallahu alam.
Top