Hati-Hati Dengan Mitos Tentang Rezeki, Cek Faktanya di Sini!

Jangan Percaya Tentang Mitos Rezeki..

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat yang terkait dengan rezeki. Tapi apakah semua mitos itu benar atau ada fakta di baliknya? Mari kita lihat apa saja mitos tentang rezeki yang selama ini banyak dipercayai masyarakat kita.



Mitos Penghambat Rezeki.

Jangan duduk / berdiri di depan pintu nanti rezeki tidak masuk. Mitos yang sering didengar dari orang tua/nenek kita. Faktanya : kalau kita duduk di depan pintu akan menghalangi orang masuk atau bisa kesenggol orang yang lewat.Jadi tidak ada hubungannya dengan rezeki. Meskipun kita tidak duduk di depan pintu tapi tidak keluar berusaha mencari rezeki maka rezekipun akan menjauh dan tidak masuk rumah.

Jangan selalu menggigit bibir sebelah bawah nanti bernasib buruk dan rezekinya seret. Faktanya : mitos ini bersumber dari primbon atau pamali orang tua zaman dulu. Tidak ada hubungan antara menggigit bibir dan seret rezeki.Orang yang sering menggigit bibir biasanya peragu, kurang percaya diri akan kemampuannya yang akan berpengaruh pada performance kerjanya. Orang yang memiliki sifat ini sulit untuk diberi kepercayaan memanage sebuah pekerjaan.Yang membuat rezeki jadi seret juga adalah karena kurang berusaha maksimal atau banyak melakukan dosa.

Baca Juga : Pengen Hajat Cepat Terkabul? Lakukan Ini.



Mitos dan Fakta Tentang Rezeki

Jangan selalu mengusap wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki. Faktanya : hal ini berasal dari pamali orang tua dulu. Mengusap wajah dengan baju akan membuat baju cepat kotor,memindahkan kuman dari baju ke tubuh sehingga membuat tubuh rentan penyakit. Jika kita memiliki ahlak yang baik dan selalu berusaha dan berprasangka baik padaNya insya Allah kita akan disukai dan dimudahkan rezeki.

Jangan mendahului orangtua makan karena akan sulit mendapat rezeki. Faktanya : memberikan kesempatan kepada orang tua untuk makan terlebih dahulu adalah bentuk bakti seorang anak kepada orang tuanya. Barangsiapa yang memuliakan orangtuanya maka Allah akan memudahkan rezekinya.

Jangan buang puntung rokok yang masih panjang karena akan membuat anda kesulitan rezeki. Faktanya : membuang puntung rokok yang masih panjang adalah salah satu tindakan mubazir.Orang yang mubazir adalah temannya setan. Kemubaziran sama dengan kufur nikmat. Kufur nikmat akan menjauhkan kita dari rezeki Allah, karena Allah akan menambahi nikmat bagi orang yang bersyukur.

Kalau anak laki-laki mirip ibunya dan anak perempuan mirip bapaknya maka rezekinya akan mudah. Faktanya : tidak ada hubungan antara kemiripan wajah dengan rezeki. Setiap anak yang lahir telah ditentukan  dan dijamin rezekinya oleh Allah. Jika setelah besar bisa berusaha dengan baik dan halal maka rezekinya akan dimudahkan Allah SWT.

Jika mata kiri kedutan tandanya akan menangis, jika mata kanan yang kedutan tandanya ada yang merindukan atau akan dapat rezeki nomplok, Faktanya : kedutan terjadi sangat spontan yakni gerakan tiba-tiba pada kelopak mata atas atau bawah. Kalau secara medis penyebab kedutan adalah adanya gangguan ringan pada tubuh akibat stres, kelelahan atau memandang satu obyek dalm waktu lama seperti layar TV atau komputer. Kedutan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena tidak mempengaruhi penghilatan dan bukan penyakit berbahaya. Tapi jika kedutan berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama maka bisa jadi ada gangguan saraf. Segera periksakan ke dokter untuk memastikannya. Jadi kedutan tidak ada kaitannya dengan rezeki.

Jika menanam pohon besar yang rimbun di depan rumah akan menghalangi rezeki. Faktanya : sebenarnya tidak ada apapun yang bisa menghalangi rezeki seseorang yang telah ditentukan oleh Allah. Tetapi pohon besar yang ada di halaman depan faktanya bisa menghalangi cahaya matahari masuk rumah sehingga rumah menjadi lembab dan tidak sehat, mengundang datangnya penyakit.
Meletakkan tangga menurun di depan pintu akan membuat rezeki penghuninya meluncur turun. Faktanya : tangga tidak ada hubungannya dengan rezeki. Namun jika tidak berhati-hati naik dan turun tangga bisa tergelincir, jatuh menggelinding, menyebabkan cedera pada bagian tubuh.

Mitos Benda Pelancar Rezeki

Jimat. Benda yang dipercaya memiliki kekuatan magis atau kebetulan ditemukan saat mendapat rezeki dan dipercaya memiliki kekuatan untuk menarik rezeki. Faktanya : tidak ada satu bendapun yang mengalahkan kekuatan Allah SWT, termasuk jimat atau benda keramat. Mempercayai ada kekuatan lain selain Allah adalah tipu daya setan dan  akan menjerumuskan pada syirik. Allah mengampuni semua dosa jika kita berdoa dan memohon ampun padaNya kecuali dosa syirik.  Syirik adalah dosa besar yang tidak diampuni Allah SWT dan penghalang masuknya rezeki.

Tanaman pelancar rezeki. Menanam tanaman sri rezeki (Aglonema sp) konon akan dipermudah rezekinya. Menanam bambu rezeki akan banyak rezeki serta panjang umur. Bambu rezeki dalam bahasa mandarin dikenal dengan nama "wan nian qing". Wan artinya puluhan ribu, nian berarti tahun dan qing berarti hijau, kalau digabung maknanya berarti "hijau selama puluhan ribu tahun" yang bisa disamakan dengan panjang umur. Faktanya : semua itu hanya simbol harapan, meletakkannya dalam rumah tidak akan membuat anda bertambah kaya atau panjang umur tanpa melakukan usaha sama sekali. Kaya harus diperoleh lewat usaha dan panjang umur bisa diupayakan melalui usaha menjaga kesehatan dengan baik.



Patung kucing. Pernah liat patung kucing yang tangannya bergerak-gerak. Patung ini biasanya di pajang di toko-toko milik orang China. Di Jepang patung kucing ini dinamakan maneki neko. Patung yang biasanya berwarna putih atau keemasan dan memegang tulisan "mendatangkan uang memasukkan benda pusaka" ini dianggap memudahkan rezeki karena tangannya yang terus bergerak memanggil konsumen, sehingga diyakini memperbanyak jumlah pelanggan yang masuk untuk berbelanja. Faktanya : ramai tidaknya toko tidak ditentukan oleh sebuah patung, tapi dari usaha dan kerja keras pemiliknya. Jika toko memiliki pelayanan yang baik, petugasnya ramah, harga bersaing dengan kualitas barang yang bagus, serta menjalankan toko dengan jujur, pasti pengunjung akan ramai berdatangan.



Komponen air di halaman rumah. Air terjun, kolam ikan, kolam renang dan air mancur adalah komponen air. Jika salah satu atau semua komponen ini diletakkan di halaman rumah akan memperlancar rezeki dan membuat kaya. Faktanya : hal ini terkait dengan feng shui yang percaya bahwa air adalah pembangkit energi chi (energi baik) yang akan memberi pengaruh baik bagi pemilik rumah. Rezeki, kekayaan dan kemakmuran tidak ada hubungannya dengan komponen air, tapi dari usaha dan kerja keras pemilik rumah. Adanya kolam ikan, air mancur ataupun air terjun di halaman akan membuat pikiran tenang mendengar gemericik air, jauh dari stres, sehingga bisa bekerja dan beribadah secara optimal.

Jumlah anak. Banyak anak banyak rezeki. Ungkapan ini sangat terkenal di negara kita. Faktanya : rezeki tidak ditentukan dari kuantitas anak, tetapi dari kualitasnya. Percuma punya anak banyak tapi tidak dididik dengan baik, diberi makan yang haram, tidak diberi contoh yang baik akan menghasilkan banyak susah bagi orangtuanya kelak. Tapi meskipun punya 1 atau 2 orang anak saja tapi dididik dengan ilmu agama yang cukup, diberi makanan yang sehat dan halal, serta diberikan contoh yang baik sehingga menjadi anak yang saleh/ salehah tentu akan membawa rezeki bagi orangtuanya. Bukan hanya selama hidup di dunia bahkan setelah matinya tetap membawa rezeki berupa doa anak saleh untuk orang tuanya.



Memegang arca patung Budha di Borobudur. Ada mitos yang mengatakan jika ke Borobudur sebaiknya berusaha memegang arca patung Budha yang ada di dalam pagoda sambil berdoa. Karena hal ini akan mempermudah rezeki, melancarkan jodoh, mendapat berkah dan sukses dalam karir. Faktanya : sukses, rezeki  atau jodoh adalah ketentuan Allah dan tidak ditentukan oleh sebuah patung yang bisa membuat orang kita menjadi musyrik. Malah musyrik atau kegiatannya yang disebut syirik adalah salah satu dosa besar yang menjauhkan rezeki.



Kucing melahirkan. Jika ada kucing melahirkan di rumah maka penghuninya akan kebanjiran rezeki. Faktanya : rezeki tidak ditentukan oleh kucing tapi barangsiapa yang memudahkan urusan mahluk Allah, maka Allah juga akan memudahkan urusannya. Memberi tempat bagi kucing untuk melahirkan di rumah adalah bentuk kasih sayang kepada mahluk Allah. Hal ini adalah kebaikan yang akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah.



Suara tokek. Ada yang percaya jika mendengar suara tokek dalam rumah pertanda akan kebanjiran rezeki. Faktanya : tokek bersuara ataupun kambing mengembek itu memang sudah tabiatnya dan tidak ada hubungannya dengan rezeki. Rezeki sudah ditentukan Allah entah tokek bersuara atau tidak.

Baca Juga : Jangan Biasakan,Telat Bangun Pagi Rezeki Bisa Di Patok Ayam.

Itulah beberapa mitos dan fakta yang ada dibaliknya. Urusan rezeki sudah diatur Allah, tugas kita hanyalah menjemputnya. Adapun yang namanya mahluk tidak akan memberi manfaat ataupun mudharat (bahaya). Hendaknya kita senantiasa berusaha dan berdoa sambil menyerahkan semua pada Allah yang Maha Pemberi (Ar Razak).

 Wallahu alam.

Top