Dengan Alasan Apapun, Ini Dampak yang Akan Anda Dapatkan Jika Suami Tak Menemani Istri Melahirkan

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 23 Oct 2017

Dengan Alasan Apapun, Ini Dampak yang Akan Anda Dapatkan Jika Suami Tak Menemani Istri Melahirkan


Ternyata Ini Dampaknya Jika Suami Tak Menemani Istri Melahirkan ! Kasih Tau Bapaknya Bun..

Proses persalinan yaitu peristiwa yang sangat penting, bahkan ada sebagian orang yang mengartikan sebagai proses hidup dan mati. Namun apa jadinya jika ketika momen tersebut tidak dihadiri suami di samping istrinya? Baca ini!

Calon Ibu seringkali dibuat tegang waktu akan melahirkan. Karena itulah, Ibu membutuhkan keberadaan Bapak disampingnya selama persalinan. Tetapi, bagaimana bila Bapak ternyata tidak dapat menemani Ibu?

Proses persalinan bila dipandang dari pojok medis merupakan proses yang wajar serta bahkan sekitar 8o % wanita bisa melahirkan secara normal. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri kalau saat proses persalinan berlangsung dapat terjadi komplikasi, mulai dari hal yang ringan sampai berat. Hal itu disibakkan oleh Dr. Achmad Mediana, SpOGdari Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care yang juga sekaligus sebagai Ketua Yayasan Rumah Hati serta Pendiri Jakarta Breastfeeding Center (JBFC).

Lebih lanjut Dr. Achmad juga mengatakan, seorang suami sangat diperlukan untuk mendampingi proses persalinan untuk memberikan rasa nyaman serta aman pada Ibu. Selain itu, bila ada kondisi darurat dapat segera diambil keputusan.

Ada banyak alasan suami tidak bisa menemani istri melahirkan, entah aktivitas, ada urusan, sedang diluar kota, bahkan karena hal tertentu seperti takut lihat darah.

Dr. Achmad lalu menyarankan agar keluarga bisa merundingkan hal tersebut dengan cara baik-baik serta dicarikan jalan keluarnya. Mungkin dapat diganti dengan orang-tua atau saudara, sesaat suami dapat tunggu di luar, hingga semua dapat jalan lancar.

Kenapa hadirnya suami begitu, penting? Efeknya bila suami tidak temani istri persalinan di bawah ini dapat jadi menjawabnya :

BACA JUGA : Dari Pada Kipas Angin AC Memang Lebih Seger, Tapi Tahukah Anda si Kecil Bisa Jadi Korbannya?

1. Tidak Ada yang Menghibur Waktu Istri rasakan sakit luar biasa
Keberadaan Bapak disisi Ibu sangat mempunyai fungsi besar, salah nya ialah bisa mengurangi rasa sakit waktu persalinan. Bahkan juga menurut riset dari The Fatherhood Institute di Inggris mengungkap kalau Ibu akan melahirkan kurun waktu yang lebih singkat serta kurangi rasa sakit lantaran ada Bapak selain Ibu.

2. Tak semangat
Tak ada kehadiran bapak selain Ibu bakal bikin Ibu jadi tak semangat. Lantaran Ibu terasa tak ada yang mengerti keadaan terburuk Ibu waktu tengah bersalin serta tetaplah menyampaikan cantik. Oleh karena itu tidak ada yang lebih dikehendaki istri terkecuali hadirnya Bapak pemberi semangat serta support untuk berjuang melahirkan si kecil.

3. Bisa bikin Ibu cemas
Ibu bakal jadi kuatir serta cemas waktu tak ada sosok Bapak temani ia diruang bersalin. Sikap lelaki yang kurang sensitif serta logis rupanya begitu bermanfaat untuk bikin Ibu tak kuatir. Pikirkan bila Ibu serta adik wanita Ibu yang temani, mungkin saja ia jadi turut cemas waktu lihat Ibu kesakitan di dalam kontraksi.

4. Tak Ada Sosok yang Menenangkan
Kehadiran Bapak disisi Ibu waktu ia bakal melahirkan bisa bikin Ibu lebih tenang serta nyaman, ditambah lagi bila Bapak membisikan kalimat positiif yang bikin Ibu lebih bahagia. Diluar itu, Bapak juga dapat menentramkan Ibu waktu ia mulai kuatir bakal berlangsung suatu hal yang tidak terduga waktu persalinan.

5. Kandungan Bahagia Ibu Sedikit Berkurang
Menurut riset, hormon oksitosin yang Bapak punyai bakal bertambah pada pasca kelahiran bayi. Seperti yang telah di ketahui kalau hormon oksitosin yaitu hormon yang bisa menyebabkan perasaan bahagia. Pikirkan bila tak Bapak waktu Ibu melahirkan, apa yang bakal Ibu rasakan.
SHARE ARTIKEL