Banyak Pemuda yang Ingin Segera Nikah Tapi Tidak Juga Terwujud, Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 24 Oct 2017

Banyak Pemuda yang Ingin Segera Nikah Tapi Tidak Juga Terwujud, Bisa Jadi Inilah Penyebabnya


Kamu Ingin Nikah Muda Tapi Sampai Sekarang Cuma Jadi Impian? Kemungkinan ini Sebabnya

Banyak saudara kita pemuda-pemudi yang sebenarnya ingin segera nikah, namun banyak pula dari mereka yang impiannya tersebut cuma jadi angan-angan saja, pengen tahu apa penyebabnya? baca ini..

Salah satu faktor penghambat nikah muda adalah mahar yang mahal. Sehingga banyak lelaki memilih bekerja dahulu untuk mencicil membeli maharnya.

Apa mahar nikah yang paling bagus?

Ada hadits berikut yang bisa diambil pelajaran.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah.”

Dalam riwayat Abu Daud dengan lafazh, “Sebaik-baik nikah adalah yang paling mudah.”

(HR. Abu Daud, no. 2117; Al-Hakim, 2: 181-182. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim juga shahih sebagaiman dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, 6: 344)

Hadits di atas menunjukkan bahwa mahar yang paling bagus dan menjadi mahar terbaik adalah mahar yang paling mudah untuk dipenuhi. Inilah yang dipersiapkan oleh calon suami, hendaklah pihak wanita dan perempuan mudah menerima hal ini. .

Kalau maharnya itu serba sulit dan memberatkan, itu menyelisihi yang dituntunkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA : Hidupmu Berantakan Bukan Karena Takdirmu Buruk, Tapi Karena Kamu Sembrono dengan Hal ini!

Padahal kalau kita lihat yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mahar yang beliau berikan pada istrinya hanyalah 12,5 uqiyah, itu sekitar 500 dirham, setara dengan 15 juta rupiah. Ini mahar di masa silam yang tidak terlalu mahal.

Ada hadits pula dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Termasuk berkahnya seorang wanita, yang mudah khitbahnya (melamarnya), yang mudah maharnya, dan yang mudah memiliki keturunan.” (HR. Ahmad, 6: 77. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Mudahnya mahar memiliki manfaat yang begitu besar:

  1. Mengikuti sunnah (ajaran) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  2. Memudahkan para pemuda untuk menikah.
  3. Mudahnya mahar akan menyebabkan cinta dan langgengnya kasih sayang.

Semoga bermanfaat. Bagi yang belum menikah, Kami doakan, semoga mendapatkan pasangan yang maharnya mudah.

Wallahu a’lam
SHARE ARTIKEL