Budget Terbatas, Hanya Dengan 20 Jutaan Saja Kamu Sudah Bisa Merayakan Pernikahan yang Meriah

Komentar


GAUSAH BINGUNG KALAU BEGITU.....

Sering dipusingkan saat mau menikah, apalagi butuh badget yang sangat besar lagi saat akan merayakannya. Karena untuk merayakan pernikahan itu butuh biaya hingga ratusan juta. Jangan sedih dan bingung, ada cara lain untuk bisa mengatasinya.

Mengutip hipwee, Kalau memang niatmu sudah bulat untuk ingin merayakan pernikahanmu, hanya dengan 10-20 jutaan saja kamu sudah bisa merayakan pernikahanmu dengan mewah.

1. Tidak perlu menyewa gedung mewah atau aula pertemuan, pernikahan kalian juga tak kalah membahagiakan jika  diselenggarakan di rumah saja.



Dengan menyelenggarakan pernikahan di rumah, biaya pernikahan yang membengkak karena sewa gedung akan berkurang 50%. Gedung-gedung yang biasa digunakan untuk pernikahan tentu tak cukup hanya dengan budget puluhan juta bukan? Memilih rumah sebagai pilihan utama pun bisa sedikit melegakkan kantong kalian berdua.

Baca Juga : Saat Kamu Menikah Dengan Dokter, Ketahuilah Inilah 5 Suka Duka yang Akan Kamu Dapat

Biaya sewa gedung yang teralihkan ini bisa kalian pakai untuk kebutuhan lain, seperti sewa baju pengantin, kursi atau tratak. Hitung-hitung pengiritan, namanya juga pasangan muda~

2. Menyewa kursi, panggung atau tenda sederhana bisa jadi alternatif terbaik. Meski di rumah, pernikahanmu tak boleh berantakan dan gitu-gitu aja.



Yang namanya pernikahan, pasti butuh tempat yang layak untuk keluarga dan para tamu undangan. Mengadakan pernikahan di rumah juga bukan alasan untuk tidak meyiapkan tempat terbaik demi menjaga nama baik pula. Tanpa merepotkan diri, kalian bisa menyewa tenda pernikahan lengkap dengan atribut lainnya yang sederhana dan murah.

Sewa tenda dan atributnya tadi juga secukupnya saja sesuai dengan jumlah undangan yang sudah ditentukan, jangan sampai mubazir. Carilah informasi penyewaan terdekat supaya tidak memakan biaya ongkos kirim dan tenaga yang terlalu mahal. Kira-kira, Rp. 3.000.000-an cukup lah.

3. Biar hemat namun tetap layak sebar, pesan undangan seharga 1.500-2.000/buah saja sudah bisa kok.



Tak perlu mengedepankan gengsi kalau kamu mau menikah, tapi budget minim. Sama halnya dengan menyiapkan undangan yang akan disebar. Pilih desain undangan sederhana dan cetaklah pada kertas yang biasa saja. Jika kamu punya teman yang pandai mendesain, jangan malu juga untuk meminta bantuannya.

Undangan sederhana bukan berarti ala kadarnya, ya. Ingat ini momen spesial yang akan kalian bagikan dengan orang-orang terdekat dan tersayang. Range harga undangan sederhana ini sekitar 1.500-2.000 rupiah saja.

Baca Juga : Ingin Tahu Bagaimana Tanda Suatu Pasangan Benar-benar Berjodoh? Ternyata Sesimpel ini

4. Jangan gegabah dalam menentukan tamu undangan! Pilih keluarga, kolega dan teman-teman terdekat saja untuk ikut serta dalam prosesi sakralmu.



Bijak menentukan jumlah dan siapa saja yang akan menjadi tamu undangan, merupakan salah satu poin penting dalam rangka menekan biaya perniakahan. Tidak mengundang sembarang orang dan hanya orang-orang terdekat saja akan mempermudah langkahmu untuk berhemat. Kamu dan pasangan juga tidak boleh gegabah dalam menentukan siapa saja teman yang akan diundang, teman yang sebatas kenal dan bertegur sapa tidak perlu kalian undang. Cukup sahabat karib dan tetangga yang betul-betul dekat saja.
  • Kalau harga undanganmu 2.000/buah 
  • Sementara tamu undanganmu 100 orang 
  • Biaya yang kamu keluarkan untuk undangan cuma Rp. 200.000 
5. Tak sampai 3 juta, jasa rias pengantin lengkap dengan penyewaan bajunya sudah bisa kamu dapat.



Untuk menambah usaha berhematmu, menyewa baju pengantin dan seragamnya itu merupakan salah satu pilihan yang tepat. Carilah penyewa baju pengantin yang satu paket dengan jasa riasnya, supaya kamu tak mengeluarkan banyak tenaga dan biaya. Tidak sampai Rp. 2.000.000 saja kamu sudah bisa membiayai jasa rias pengantin dan sewa bajunya.

Baca Juga : Banyak Pemuda yang Ingin Segera Nikah Tapi Tidak Juga Terwujud, Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

6. Sebagai pengganti pesanan catering yang mahal, kamu bisa meminta bantuan tetangga terdekat untuk memasak sendiri di dapur. Kurang praktis sih, tapi dijamin lebih hemat deh ~



Seperti yang kita tahu, biaya untuk catering dalam sebuah pernikahan itu selalu membengkak setiap waktunya. Jumlah tamu yang tiba-tiba bertambah atau kejadian lain yang tak terduga seringkali membuat jatah makanan berkurang, dan mengharuskan untuk pesan lagi. Berbeda kasusnya kalau kamu memakai bantuan tetangga untuk memasak di dapur, jumlah dan rasa makanan yang akan disajikan bisa terkontrol.

  • Pesan Catering itu paling murah Rp. 20.000.000 
  • Kalau masak sendiri plus bayar tenaga, paling 5 jutaan aja

Walaupun kurang praktis dan memakan banyak tempat, kamu bisa mengakalinya dengan memakai tempat kosong berukuran besar dan tidak terjangkau oleh tamu undangan. Halaman belakang rumah, misalnya.

7. Skip langkahmu untuk memakai jasa fotografer profesional! Cukup sewa kamera seharga 300.000 dan suruh kerabat atau temanmu jadi juru foto dadakan.



Mengabadikan setiap momen di pernikahanmu itu pasti menjadi salah satu hal terpenting yang tak boleh dilupakan. Memanfaatkan kamera dan juru foto sudah tentu jadi dua hal yang dibutuhkan. Nah, dari pada membayar mahal untuk memakai jasa fotografer, kamu cukup menyewa kamera dan menyuruh kerabatmu untuk menjadi juru foto. Nggak cuma hemat, trik ini juga paling ampuh untuk menentukan sendiri jumlah jepretan foto yang diinginkan.

Kalau menyewa fotografer itu bisa 2-3 juta’an, kamu cukup mengeluarkan biaya 300.000 saja untuk menyewa kamera selama 2-3 hari. Mudah dan hemat bukan?

Menikah itu nggak harus mahal. Yang penting kalian berdua yakin dan mantap untuk menjadi pasangan halal ~
Top