Awas! Rezeki Terhalang Karena 10 Dosa Besar Ini!

Apa iya kalau kita melakukan dosa berikut, rezeki kita jadi seret

Sebagaimana telah kita bahas sebelumnya bahwa salah satu penyebab rezeki terhalang adalah terlalu seringnya kita melakukan dosa tanpa pernah benar-benar berusaha bertaubat. Permohonan ampun dan taubat hanya sekedar lip service saja.

Dosa apa saja yang dapat menghalangi masuknya rezeki?

1. Syirik. Semua dosa sebesar apapun akan diampuni oleh Allah kecuali dosa syirik. Syirik artinya menduakan Allah, percaya kepada Allah tetapi juga percaya pada dukun atau benda-benda yang dianggap bisa mendatangkan keamanan, rezeki dan keberkahan. Dosa syirik termasuk dosa besar dan penghalang utama masuknya rezeki. Jika ingin mendapatkan rezeki yang lancar bergantunglah sepenuhnya kepada Allah.






2. Meninggalkan sholat. Sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan minimal 5 kali sehari semalam. Jika meninggalkan sholat maka terputuslah rahmat Allah.



3. Durhaka pada orang tua. Kewajiban seseorang terhadap orang tuanya adalah berbuat baik, taat dan menghormati. Ridha orang tua adalah ridha Allah. Jika durhaka pada orang tua membuat Allah tidak ridha pada kita yang berimbas pada seretnya rezeki.




4. Berzina. Dalam zina terkumpul bermacam-macam dosa dan keburukan yakni berkurangnya agama pelaku zina, hilangnya sikap menjaga diri dari dosa, kepribadian buruk dan hilangnya rasa cemburu. Pezina akan merasakan kesempitan hidup karena orang yang mencari kenikmatan hidup dengan melanggar perintah Allah maka akan diberi sebaliknya oleh Allah.


















5. Makan harta haram. Dalam surah An Nisa ayat 29 Allah melarang memakan harta orang lain dengan jalan yang batil. Para ulama berpendapat yang dimaksud dengan jalan batil adalah memperoleh harta dari riba, perjudian, menipu orang, mencuri, khianat, saksi palsu, merampas harta dengan sumpah palsu. Harta yang haram tidak berberkah dan akan menjadikan pemiliknya jauh dari Allah, sehingga rezekinya pun tersumbat.



6. Minum minuman keras. Menurut Khalifah Usman ra, minuman keras adalah induk segala perbuatan keji. Jika minum sampai mabuk bisa terjerumus dalam kehinaan dan sholatnya tidak diterima selama 40 hari, serta termasuk dalam 4 golongan yang tidak dapat mencium bau surga.



7. Memutus silaturrahim. Memutus tali silaturrahim adalah sesuatu yang dibenci Allah. Allah memerintahkan kita untuk saling mengenal dan berbuat baik pada sesama. Rezeki Allah bisa datang melalui orang lain. Jika memutus silaturrahim akan memutus rezeki dan rahmat Allah.


8. Sumpah palsu. Jauhilah bersumpah palsu karena dengan bersumpah palsu akan menyengsarakan orang lain. Sebuah hadits diriwayatkan oleh Thabrani "yang paling besar dari dosa-dosa besar adalah syirik kepada Allah dan sumpah palsu".



9. Kikir. Rahmat Allah selalu berada bersama orang menyuburkan sedekah. Tidak ada gunanya menahan-nahan harta yang bukan milik kita. Jika Allah menghendaki adalah hal yang mudah bagiNya mengambil harta yang dititipkan kepada kita.



10. Bergunjing. yaitu membicarakan perihal orang lain yang mana bila orang yang dibicarakan itu mendengar pembicaraan mengenai dirinya maka ia menjadi sakit hati dan kecewa. Orang yang suka bergunjing diibaratkan sebagai pemakan bangkai yang suka memakan bangkai saudaranya sendiri.
Semoga kita adalah orang-orang yang senantiasa menjaga diri dan keluarga dari 10 dosa besar di atas, agar yang Maha Rahim senantiasa berkenan mencurahkan rezekiNya pada kita.
Top