"2019, Semua Masyarakat Wajib Terdaftar BPJS Kesehatan, Namun Ada Bebera Penyakit yang Tidak Dicover"

Komentar


Berikut ini list penyakit yang dicover dan tidak dicover BPJS

Meski ada BPJS PBI (tak usah bayar iuran), faktanya banyak rakyat jelata yang pamongnya kurang sigap, otomatis mereka buat sendiri BPJS non PBI dan merasa terbebani harus bayar tiap bulan

Semua orang selalu berharap sehat selalu dan tidak pernah meminta sakit bahkan minta bpjs mencover biaya berobat kita,namun kita tidak tahu kapan kita akan sakit oleh karena itu daftar menjadi peserta bpjs adalah solusinya,hanya bpjs yang bisa mencover hampir semua jenis operasi,tidak harus kaya untuk menjadi peserta bpjs untuk anda yang kurang mampu juga bisa mendaftar bpjs dengan sistem PBI yang iuranya dibayari oleh pemerintah.

Baca juga : Karena Terlahir Tak Sempurna Sang Ibu Tega Jual Anaknya ini Pada Pengedar Narkoba, Sungguh Pedih

Sudah banyak masyarakat yang mendapat manfaat dari bpjs kesehatan atau KIS,sebagai bayangan saja misalnya anda sakit usus buntu dan jelas butuh operasi jika anda tidak jaminan kesehatan minimal untuk operasi akan menghabiskan dana 3 juta namun jika anda ikut bpjs/kis anda akan dicover dan biaya bisa minim sekali bahkan gratis namun anda juga harus pahami prosedur aturan yang berlaku di bpjs/kis.

Kepala hukum Komunikasi publik dan kepatuhan badan penyelenggaraan jaminan sosial kantor Cabang utama Bekasi Harry Panca Darto mengatakan bahwa sejak satu januari 2019 seluruh warga wajib menjadi peserta BPJS.
 
Darto mengatakan bagi seluruh warga indonesia per tanggal satu  januari 2019 seluruh warga indonesia wajib mengikuti program pemerintah terkait program jaminan kesehatan Nasional. 
 
Namun saat ini menurutnya jumlah peserta BPJS jumlahnya selalu meningkat ,hal ini karena Kartu atau kepesertaan BPJS suatu kebutuhan . Aturan yang mewajibkan seluruh warga negara harus memiliki BPJS sesuai dengan UU no 24 tahun 2011.

Hampir semua operasi penyakit kronis atau ganas ditanggung bpjs kesehatan dan ini menjadi titik terang masyarakat yang selalu ketakutan akan mahalnya biaya berobat dirumah sakit,jika anda punya penyakit yang harus dioperasi atau dibedah silahkan gunakan bpjs/kis untuk berobat.

Langkah langkah berobat BPJS/KIS

1.Bawalah kartu kis/bpjs dan ktp ke puskesmas atau FKTP anda
2.Periksakan masalah kesehatan anda.
3.jika perlu dirujuk dan dioperasi maka anda akan mendapat surat rujukan yang bisa anda gunakan untuk kerumah sakit.

Anda bisa langsung ke rumah sakit tanpa surat rujukan dan juga pemeriksaan dipuskesmas dengan syarat Gawat darurat kriteria gawat darurat

Baca juga : Banyak yang Salah Faham, Sebenarnya ini 5 Fakta Pemilik Tulisan Tangan Tercantik Sedunia

Berikut operasi yang ditanggung bpjs kesehatan
  1. Operasi Jantung
  2. Operasi Caesar
  3. Operasi Kista
  4. Operasi Miom
  5. Operasi Tumor
  6. Operasi Odontektomi
  7. Operasi Bedah Mulut
  8. Operasi Usus Buntu
  9. Operasi Batu Empedu
  10. Operasi Mata
  11. Operasi Bedah Vaskuler
  12. Operasi Amandel
  13. Operasi Katarak
  14. Operasi Hernia
  15. Operasi Kanker
  16. Operasi Kelenjar Getah Bening
  17. Operasi Pencabutan Pen
  18. Operasi Penggantian Sendi Lutut
  19. Operasi Timektomi
  20. Operasi ginjal

HAMPIR SEMUA OPERASI DITANGGUNG BPJS KECUALI DIBAWAH INI

OPERASI YANG TIDAK DITANGGUNG BPJS KESEHATAN

  1. Operasi akibat kecelakaan lalu lintas, adalah ranahnya Jasa Raharja.
  2. Operasi yang bersifat estetika atau kosmetik, misalnya operasi keloid (bekas luka), kecuali jika keloidnya menimbulkan komplikasi berbahaya.
  3. Operasi akibat menyakiti diri sendiri, misalnya terkena petasan, atau ketagihan obat tertentu
  4. Operasi di luar negeri.
  5. Operasi yang tidak sesuai prosedur.
  6. Operasi akibat kecelakaan kerja, adalah ranahnya BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Penyakit HIV AIDS dan Penyakit akibat ketergantungan Narkoba. Mengapa keduanya tidak  ditanggung BPJS Kesehatan? Menurut : Kepala BPJS Kesehatan Kota Pematangsiantar, Rasinta Ria Ginting itu karena penyakit yang diderita datang akibat ulah penderita itu sendiri.
  8. Penyakit yang disebabkan oleh bencana dan wabah. Penyakit lain yang masih belum masuk dalam daftar penyakit yang ditanggung program BPJS Kesehatan adalah penyakit yang disebabkan oleh bencana atau wabah tertentu. Sehingga, apabila nanti di daerah tempat tinggal sedang terserang wabah atau penyakit mematikan maka kita tidak bisa mengklaim pengobatan menggunakan kartu BPJS Kesehatan
  9. Meratakan gigi (Ortodonsi)


Baca juga : Banyak yang Salah Faham, Sebenarnya ini 5 Fakta Pemilik Tulisan Tangan Tercantik Sedunia

CATATAN

1.Jika operasi akibat kecelakaan maka yang pertama mencover adalah jasa raharja besaran plafon adalah 10 juta jika habis yang cover berikutnya adalah bpjs kesehatan.

2.Tarif biaya operasi yang ditanggung bpjs kesehatan sesuai INCBGS yang sudah diatur dalam undang undang tarif dibedakan berdasarkan kualifikasi rumah sakit (rujukan nasional, kelas A-D), kelas perawatan (BPJS kelas 1-3), regional rumah sakit (regional 1 – 5), dan tingkat keparahan (berat-sedang-ringan).

3.Dalam hal klaim operasi bpjs tidak menerima klaim perorangan jadi klaim menjadi urusan rumah sakit terhadap bpjs kesehatan

4.Syarat untuk ke rumah sakit untuk operasi adalah kartu bpjs/KIS foto copy KTP dan surat rujukan,jika gawat darurat maka tidak perlu surat rujukan.

5.Tidak hanya operasi saja yang ditanggung bpjs bahkan sampai ke Obat dan juga fasilitas kesehatan seperti kaca mata dan lain sebagianya,namun ada prosedur dan aturan

6.Hanya BPJS yang hampir semua mengcover biaya operasi beda jauh dengan asuransi swasta itulah kelebihan bpjs kesehatan
Top