5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

Penulis Unknown | Ditayangkan 24 Oct 2017
5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

JADI TETAP JAGA KESEHATAN...DAN WASPADAI

Memang kalau bicara mengenai tentang kesehatan itu tidak ada habisnya. Karena kesehatan itu penting sekali buat kita. Kalau kita tidak sehat maka akan sulit ketika akan melakukan sesuatu. Untuk itu jaga kesehatanmu terlebih dari kebiasaanmu yang seperti ini. 

Kalian pasti bertanya-tanya, seperti apa itu?

Mengutip hipwee, berikut 5 kebiasaan yang sering kamu anggap sepele namun justru bisa sebabkan kamu rentan terkena penyakit berbahaya:

1. Gorengan jenis apapun; pisang, tempe, tahu atau kentang goreng itu nggak baik jika dikonsumsi tiap hari. Bukan soal lemak jahatnya saja, tapi akibat ini juga nih…

5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

Baca Juga : Baca ini, Karena Tiap Hari Kamu Melakukannya Padahal itu Sangat Berbahaya!

Bisa dibilang, bukan orang Indonesia kalau nggak suka makan makanan yang digoreng. Entah itu berupa camilan yang dijual di pinggir jalan atau makanan berat yang lauknya digoreng, kecintaanmu terhadap goreng-gorengan ini nggak akan hilang.

Dan kira-kira, inilah penyakit yang bakal kamu idap kalau gorengan ada dalam menu makanmu setiap harinya:
  • radang tenggorokan
  • ancaman obesitas
  • jerawatmu makin parah
  • memicu keringat berlebih (bau badan)
  • rambut menjadi lebih lepek dari biasanya
  • ancaman penyakit jantung, kolesterol dan obesitas terbuka lebar

2. Bukan cuma bikin perut gampang buncit, ini nih bahaya lain kalau menu masakanmu terlalu kelebihan garam

5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

Salah satu hal yang sulit kamu hindari adalah makanan yang rasanya asin, karena gurihnya memang bikin nagih. Garam memang jadi penyedap rasa yang paling oke karena rasa asinnya yang bisa akrab di lidah siapapun, termasuk orang-orang mancanegara.

Tapi, jika makananmu terlalu banyak mengandung garam, risiko darah tinggi akan mengancam, lho.

Menurut penelitian, Garam mengandung ion natrium yang akan langsung diserap oleh tubuh ke dalam pembuluh darah sehingga konsentrasi ion natrium di dalam darah akan meningkat. Ion natrium memiliki sifat menahan air yang dapat meningkatkan volume di dalam pembuluh darah dan secara otomatis akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Dan inilah rekomendasi jumlah konsumsi garam dalam sehari menurut anjuran Badan Kesehatan Dunia, WHO: Maksimal berkisar antara 5-6 g/hari atau 2000-2400 mg natrium (lebih kurang sekitar satu sendok teh). Sedangkan kamu dapat mengonsumsinya hingga 5 sendok makan atau lebih setiap harinya.

3. Jika soda dan alkohol jadi pelampiasanmu saat sedang stres atau patah hati, kamu salah besar dalam hal ini!

5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi minuman beralkohol saat sedang stres atau putus cinta? Kalau iya, kamu salah besar.

Baca Juga : Waspada! Inilah 5 Bahaya Dari Kebiasaan Tidur Setelah Makan


Di mana-mana, nggak ada sejarahnya minuman beralkohol bisa membuatmu tubuhmu sehat atau fresh lagi. Kandungan alkoholnya malah membuatmu makin sres dan depresi. Kamu jadi sulit berpikir jernih dalam menyelesaikan suatu masalah, ditambah lagi tingkah laku dan kata-kata kamu yang keluar saat lagi mabuk buat kamu jadi banjir celaan.

Menurut halosehat.com, alkohol justru membuatmu mengalami anemia, susah tidur, stres, depresi hingga terkena stroke mendadak meski usiamu belum menginjak lanjut usia.

4. Olahraga buat diet sih sah-sah saja. Tapi, haram kalau kamu sampai berlebihan melakukannya

5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

Karena kamu terlalu bernafsu untuk diet, kamu rela jogging setiap hari selama berjam-jam dan dilanjutkan dengan nggak makan apapuns seharian.

Hellawwww… situ sehat?

Olahraga memang dianjurkan, tapi bukan untuk berlebihan. Cobalah untuk me-manage dirimu sendiri dalam hal ini. Kamu cukup membuat daftar waktumu untuk berolahraga, baik itu jogging atau nge-gym. Misalnya; jogging 3 kali seminggu, atau ke gym 2-3 kali seminggu.

Otot dan sendi-sendimu tak bisa dipaksakan untuk ‘bekerja keras’ terus menerus. Inilah mengapa kamu tak boleh olahraga berlebihan.

Baca Juga : Jangan Anggap Sepele, Inilah Tidur yang Dilarang dalam Islam! Sudahkah Dirimu Tahu?

5. Karena buru-buru, kamu selalu melewatkan sarapan. Padahal, kesehatan tubuh dan lambungmu sama sekali nggak bisa disepelekan 🙁

5 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Buat Kamu Rentan Terkena Penyakit Kronis

Ya, namanya juga buru-buru.

Alasan semacam buru-buru dan nggak sempat biasanya membuatmu menomorduakan sarapan. Apalagi kalau kamu sedang dipusingkan dengan banyak tugas yang belum selesai, yang akan merapel sarapan dengan makan siang. Padahal sarapan itu penting lho buat kesehatan dan sangat bermanfaat untukmu yang mau beraktivitas.

Kamu yang terbiasa menunda sarapan nggak sarapan bakal punya energi yang rendah dan sering depresi. Dengan otak dan fisikmu yang bekerja secara terus-menerus, kamu pun bakal sering sakit kepala dan nggak bergairah. Duh, segitunya…

Kamu memang punya alasan nggak sarapan karena belum lapar. Tapi hal itu terjadi lantaran tubuhmu yang sudah dibiasakan begitu. Cobalah makan walau porsinya sedikit, asalkan bergizi.

Jadi kalau bisa jangan biasakan kamu melakukan kebiasaan ini ya..boleh sih boleh tapi jangan sampai berlebihan. Semoga bermanfaat.
SHARE ARTIKEL