3 Cara Efektif Untuk Membatasi Anak Bermain HP Sebelum Mereka Akhirnya Kecanduan

Komentar


ANAK SUDAH MULAI TERTARIK DENGAN BERMAIN HP JANGAN DIBIARKAN BEGITU SAJA YA BUNDA

Mengapa popularitas gadget sangat tinggi di kalangan anak-anak? Karena karakteristik gadget yang memang menarik. 

Namun dibalik menariknya gadget tersellip penyakit yang akan menyerang anak jika belum umurnya mereka untuk menggunakanya.

Bayangkan saja, dalam satu perangkat handy, gadget menyajikan dimensi gerak, suara, warna, dan lagu. Tentu saja hal ini tidak didapatkan pada media lain, seperti, buku dan majalah misalnya.

Tidak heran balita pun jadi kecanduan.

Batasi dengan 3 cara ini:

1. Buat jadwal si kecil main gadget, seperti sehari hanya boleh 1 jam dan dilakukan pada sore hari saat waktu ia bermain.

2. Berikan peringatan berkala ketika waktu bermain hampir habis, misalnya 10 menit sebelum waktu habis.

3. Apabila waktu bermain sudah habis, beri anak sedikit jeda waktu untuk menyimpan game yang sedang dimainkan.

Lalu apa saja bahaya yang akan ditimbulkan dari kecanduan gadget ? Berikut adalah ulasannya.

1. Emosi Jadi Tak Stabil
Terlalu sering memakai gadget akan menyebabkan emosi menjadi tidak stabil. Seperti hasil riset dari Massachussets Institute of Technology mengungkapkan bahwa orang yang suka melakukan percakapan on-line (chatting) sampai larut malam akan mengakibatkan sulit berkonsentrasi dan menjadi cepat emosi.

2. Menyusutnya Pendengaran
Terlalu sering menggunakan gadget untuk mendengarkan musik ataupun suara-suara lain yang menggunakan akan menyebabkan terganggunya fungsi pendengaran. Hal ini akan terjadi ketika umur mereka sudah memasuki masa manula.

3. Daya Ingat yang Menurun
Tidak hanya mengganggu pendengaran, ternyata gadget juga dapat menurunkan daya ingat yang dimiliki manusia. Penggunaan yang terlalu berlebihan terhadap gadget akan membuat orang tersebut susah mengingat.

4. Mata bakal Tegang
Ternyata penggunaan gadget yang berlebihan akan menimbulkan akibat yang tidak baik pada mata. Tidak hanya itu saja, terlalu lama berada di depan monitor komputer serta gadget akan membuat mereka merasa nyeri pada leher serta nyeri punggung yang pada akhirnya membuat mata akan menjadi tegang.

5 Nyeri otot serta Sendi
Ketika seseorang sudah kecanduan menggunakan gadget, maka akan membuat mereka sering menderita sakit pada pergelangan tangan serta ibu jari nya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan membuat orang tersebut menderita nyeri otot dan nyeri pada sendi.

Itulah bahaya yang akan ditimbulkan jika sudah kecanduan menggunakan gadget. Ada baiknya untuk membatasi penggunaan gadget agar terhindar dari dari resiko yang akan menyerang. Dianjurkan untuk memakai gadget sekedarnya saja tidak ada keperluan.
Top