Viral, Perdebatan Soal Perbedaan Uang Belanja dan Uang Nafkah Istri yang Diposting Ali Munadi

Penulis Unknown | Ditayangkan 12 Sep 2017

Banyak orang menganggap bahwa nafkah yang wajib diberikan suami kepada istri adalah uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tapi sebuah tulisan dari pengguna Facebook ini menjadi viral karena menjelaskan bahwa selain memberikan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, seorang suami juga wajib memberikan uang khusus untuk jajan istri atau shopping.

Pria yang bernama Ali Munidi ini mengunggah sebuah tulisan panjang dengan judul 'uang nafkah dan uang belanja itu beda'. Dalam postingan yang telah dibagikan lebih dari 58 ribu pengguna Facebook lainnya itu, Ali menuliskan bahwa masih banyak para istri dan bahkan suami yang belum tahu kalau ternyata uang nafkah itu berbeda dengan uang belanja.

Viral, Perdebatan Soal Perbedaan Uang Belanja dan Uang Nafkah Istri yang Diposting Ali Munadi

UANG NAFKAH DAN UANG BELANJA ITU BEDA.

Hampir semua yang memegang dan mengatur keuangan keluarga adalah istri sehingga bisa dikatakan istri adalah manager keuangan, tapi justru masih banyak para istri bahkan termasuk suami juga yang belum tau kalau ternyata uang nafkah (shopping) itu beda dengan uang belanja, saya kira ini harus diluruskan dan disampaikan bukan untuk memanas-manasin atau memprovokasi tapi sampaikanlah kebenaran walaupun pahit (berat) karena akan berdosa jika mengetahui suatu kebenaran tapi diam tidak memberitaukan, menginformasikan dan mengingatkan. 

Jadi, nafkah istri adalah uang yang khusus diberikan oleh suami kepada istrinya untuk digunakan bagi kepentingan pribadi istri atau uang jajan istri (keperluan pribadi). Artinya, uang nafkah merupakan kewajiban suami untuk membahagiakan istrinya. Sedangkan uang belanja merupakan kewajiban suami sebagai kepala rumah tangga sebagaimana fungsinya untuk mencukupi kebutuhan istri dan anak-anaknya agar kehidupan anggota keluargannya menjadi sejahtera dan layak. 

Jadi gampangnya nafkah adalah uang jajan (shopping) istri untuk kebutuhan pribadi sang istri seperti membeli pakaian, ke salon, kosmetik dll. Sedangkan uang belanja adalah uang yang di pakai sehari hari untuk makan, memberi jajan anak, bayar listrik, membeli kebutuhan rumah tangga lainya. Nah jika sekarang suami-istri sudah sama sama tau lantas apa yang harus dilakukan?

Untuk para suami, mulai sekarang sisihkan uang untuk memberi nafkah (shopping) istri juga selain untuk memberi uang belanja. Untuk para istri, boleh mengingatkan suaminya untuk memenuhi kewajiban nafkah istri, namun lakukan dengan cara yang baik, wajar dan bersyukurlah atas setiap rizki yang diberikan suami. Insha Allah akan membawa berkah dalam kehidupan keluarga.

Untuk para suami sudah mulai terbukalah pikiran dalam mengatur mana yang disebut nafkah istri dan mana yang disebut uang belanja. Jika para istri mengetahui dan menanyakan hal ini, bersabarlah dan terus bekerja keras.
Untuk para istri bersyukurlah atas pemberian suami sesuai kemampuanya karena dengan sikap tersebut akan membuat istri yang berbakti dan pandai bersyukur yang akan menambah keberkahan dan nikmat Tuhan kepadamu. Aamiin...
Jakarta, 03 September 2017
Salam AM

Baca juga : 4 Hal yang Selalu Jadi Penghambat Pernikahan, Ini Saran Buat Kalian yang Masih Ragu Buat Nikah!

Banyak netizen yang setuju atas tulisan Ali tersebut. Tak sedikit dari mereka yang berkomentar untuk meminta izin membagikan tulisan tersebut di laman Facebook mereka. Pria asal Brebes, Jawa Tengah ini juga menambahkan agar para suami bisa menyisihkan uang untuk memberi nafkah dan juga uang belanja untuk istri.


Di kolom komentar postingan Isya, ada cukup banyak perdebatan.

Adhi van Danoediwirdjo : Setau gw yang masih oon ini.. Cm 3 kewajiban suami kepada istri soal nafkah.. 1. Makanan 2. Pakaian 3. Tempat tinggal.. sedikit share artikel yang berkaitan nafkah.. maaf ga maksd menggurui.. hanya sekedar berbagi informasi bermanfaat..

SHARE ARTIKEL